Hadiana Kreasi Prima Land Asosiasi Properti Syariah Indonesia (APSI) Perumahan Pesona Prima Cikahuripan 6

 

Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Asosiasi Properti Syariah Indonesia (APSI) Jabodetabek melakukan studi banding perumahan subsidi di Pesona Prima Cikahuripan 6 pada hari kamis 10 juni 2021.

 

Acara ini di inisiasi oleh  DPW APSI Jabodetabek yang dihadiri oleh ustadz Musa Mulyadi LC, Ketua Bidang Properti Syariah : Ir. Hadiana. Direktur PT. Kreasi Prima Nusantara, dan 25 orang peserta dari perwakilan pengembang properti,  serta jajaran staf Kreasi Prima Land.

Asosiasi Properti Syariah Indonesia (APSI)

Foto Bersama Asosiasi Properti Syariah Indonesia (APSI) di Pesona Prima Cikahuripan 6

Sebelum memulai acara peserta diajak berkeliling di perumahan Pesona Prima Cikahuripan 6 untuk melihat lihat perumahan yang dibangun oleh Kreasi Prima Land.

Kreasi Prima Land Asosiasi Properti Syariah Indonesia

kadiv Rnd memaparkan materi digital marketing

Kemudian setelah berkeliling di Pesona Prima Cikahuripan 6, Acara di mulai dengan pemaparan digital marketing oleh Kepala divisi R&D Kreasi Prima Land.

kadiv Rnd

kadiv Rnd Bakti dwi Ikhsan

Kadiv R&D Bakti dwi Ikhsan memaparkan seiring perkembangan zaman teknologi semakin up to date pemasaran yang tadinya menyebarkan brosur-brosur kepada orang di jalan kini berubah menjadi Digital maka dari itu betapa pentingnya Digital Marketing untuk penjualan khususnya Properti. 

Pada tahun sebelumnya di Awal pandemic covid-19, disitulah kita secara perlahan dipaksa untuk berjulan dengan secara digital karena orang-orang takut bertemu satu sama lain apa lagi keluar rumah dan pastinya konsumen tidak bisa datang ke lokasi karena terdampak Lockdown dan PSBB banyak perusahaan konsumen terdampak covid-19, dan pada saat itu konsumen yang ingin mengambil rumah melakukan pembatalan dan yang ingin melakukan booking sangat rendah sekali.

Asosiasi Properti Syariah Indonesia (APSI) Jabodetabek

Asosiasi Properti Syariah Indonesia (APSI) Jabodetabek

Maka dari itu Digital Marketing Sangat Penting Sekali karena disitu dapat mengiklankan secara gratis maupun berbayar. Platform yang digunakan yaitu Youtube, Facebook, Instagram, Google Maps, dan TikTok.

Kami melakukan analisa penjualan secara digital berdasarkan berdasarkan yang diinginkan oleh konsumen berdasarkan keyoword yang dia sukai. Alhamdulillah Kreasi Prima Land rata – rata booking konsumen  di awal pandemic covid – 19 sampai dengan sekarang dengan trafik tertinggi.

 

Hadiana Kreasi Prima Land dengan Ustadz Musa Mulyadi

Hadiana Direktur Kreasi Prima Land (kiri), Ustadz Musa Mulyadi (kanan)

Kemudian Acara berikutnya yaitu pemaparan dari ustadz Musa Mulyadi, LC. memaparkan bagaimana konsep penjualan secara syariah, penjualan secara syariah yaitu barangnya jelas ada maka akad yang dilakukan sah secara jual beli.

Hadiana Kreasi Prima Land Asosiasi Properti Syariah Indonesia (APSI)

Ir. Hadiana

Kemudian Ketua Bidang Properti Syariah : Ir. Hadiana. Direktur PT. Kreasi Prima Nusantara memaparkan prinsip penjualan ada Tiga prinsip dalam sistem jual beli yaitu yang pertama jangan pakai riba, jangan gharar, jangan zalim. Maka sebenarnya dengan bersyariah itu kita diwajibkan membuat produk yang real. 

Kreasi Prima Land Asosiasi Properti Syariah Indonesia (APSI)

Karena syariah itu bukan tentang bahasa arab asal di arab – arab’ in syariah abu jahal juga dari bayi sampai meninggal bahasa arab preman di arab bahasa nya arab. Saya kan pernah kerja di arab saudi premannya itu bahasa nya arab. Jadi kalo properti hanya di arab-arab kan bedanya dengan abu jahal tipis sepertinya. 

Ternyata syariah itu tentang nilai, yang mana nilai tersebut bisa terpenuhi kalo syaratnya terpenuhi dari unsur propertinya . kan yang namanya properti syariah sebenernya mu’amalah syariah propertinya mah gitu-gitu aja, rumahnya ya begitu, memangnya ada bisnis syariah, batu bata syariah, genteng syariah, tapi kenapa jadi rumah kenapa dinamakan properti syariah ini saya sudah pernah nanya ke Dr Arifin Badri dia nanya balik antum tau gitu dari mana ouh saya juga gak ngerti ustadz baca baca aja di medsos kok ada properti syariah, yang ada kan jualan rumah akadnya syariah ngga ada properti syariah, tapi ya saya juga ikut ikutan aja yang nemuin pertama itu siapa nanti diakhirat ditanya pasti, pasti tidak ada sebuah perbuatan dunia yang lolos dari pengadilan allah.

Hadiana Kreasi Prima Land Asosiasi Properti Syariah Indonesia (APSI) Pesona Prima Cikahuripan 6

Dalam rangka pembangunan rumah atau perumahan belum lama ini bapak Menteri perumahan rakyat Basuki Hadimulyo mencanangkan gerakan bangun rumah subsidi berkualitas jadi sekarang sudah ada suatu ketentuan tentang wajibnya membangun rumah(subsidi) berarti rumah semua sebenernya artinya kalo rumah subsidi harus berkualitas maka rumah selain subsidi lebih berkualitas. Yang dikualitaskan itu apa rumah nya saja, kadang saya pernah sering melihat rumah nya berkualitas gini gini tapi ngga ada salurannya ini salah paham, yang terjadi orang memahami bangun rumah yang nama nya rumah, padahal perumahan ada “pe” dan “an”   kalo rumah saja ya , ya rumah, tapi nomenklatur yang ada dalam negara kita adalah perumahan bukan rumah maka ketika mengajukan izin ada kelasnya dan pengembang adalah pelaku usaha perumahan bukan pelaku usaha rumah  

 

Jadi yang namanya manusia itu atasnya rambut kepala sampai kaki itu manusia.  Di suatu tempat saya udah perumahan syariah lagi coba lihat saluran airnya dibuang kemana ternyata dia gak beli lahan buat buang air aneh karena didalam sistem hidup itu ada input dan output coba perhatikan tebak secara ilmiah seluah objek itu ada input ada output maka perumahan itu ada jalan masuk ada jalan keluar. Rumah juga sama harus ada jendela harus ada pintu harus ada pembuangan air kotor persis seperti manusia, manusia itu ada input ada output. Kita gak boleh buang air sembarangan, maka orang bangun perumahan gak memperhatikan air pembuangan mirip orang buang air di pinggir jalan.