dekorasi interior

Walaupun saat ini sedang kuliah daring karena pandemi yang tidak kunjung usai, sehingga banyak para mahasiswa memilih untuk pulang ke kota asal alih-alih tinggal di kosan, namun memikirkan ide dekorasi untuk kamar kosan kamu ketika kembali ke perantauan menyenangkan banget lho. Pada umumnya ruangan kamar kos memiliki lahan yang terbatas atau bisa dibilang sempit. Dan biasanya dalam satu buah kamar kos cuma terdiri dari area tidur, area penyimpanan barang dan juga area kamar mandi.

Meskipun cenderung tidak luas, tidak berarti kamu tidak bisa memiliki desain interior kamar kos dengan dekorasi yang keren dan kekinian seperti di pinterest atau we heart it. Dengan bermodalkan beberapa barang yang akan dihias di kamar, kamar kos milik kamu bisa terasa kekinian dan juga estetik, dan tambah seru kalau bisa dijadikan tempat untuk photoshoot pribadi lho.

Menghias kamar kos tidak selalu harus menguras habis kantong kamu. Bisa juga lho kamu memanfaatkan barang-barang di sekitar, dan sedikit juga sentuhan dari kreativitas kamu. Kamar kos bisa disulap dengan biaya yang hemat kok, khususnya bagi kalangan mahasiswa yang merantau.

Memang sih terdapat tantangan tersendiri buat mendekorasi kamar kos, ditambah dilema kalau memilih barang dan menaruhnya dimana. Kebanyakan juga orang yang tinggal di kamar kos belum tahu seberapa pentingnya dekorasi untuk kenyamanan sebuah ruangan. Padahal, dekorasi kamar kos yang sesuai dengan kamar bisa membuat ruangan tersebut terasa tetap nyaman meskipun kecil.

Baca Juga Low Budget Tetap Bisa Kekinian, Ini 7 Tips Dekorasi Kamar Kos Yang Bikin Nyaman!

Banyak orang yang sering pindah-pindah kamar kos karena mempunyai alasan kurang nyaman. Selain membutuhkan banyak energi, berpindah-pindah kamar kos juga bisa merugikan materi karena biaya pindah yang lumayan pricey. Karena kamar kos merupakan tempat yang seharusnya paling nyaman untuk melepas lelah setelah seharian beraktivitas di luar. Sekarang, sudah semakin banyak desain interior yang bisa kamu terapkan pada kamar kos sesuai dengan seleramu. Mungkin dengan membuat kamarmu nyaman dan instagramable, jadi bisa bikin kamu makin betah di kamar kos.

Nah, berikut ini adalah beberapa referensi dekorasi interior kamar kos yang bikin nyaman ini ini bisa disulap menjadi kamar yang seperti di hotel-hotel bintang 3 keatas. Seperti apa ya? simak terus yuk artikel yang dilansir dari beberapa sumber ini!

7 Ide Dekorasi Interior Kamar Kos Yang Bikin Nyaman

  1. Hiasan Tumblr Lamp di Sekeliling Dinding Kamar Kos

tumblr lamp

Biasanya barang-barang inilah yang memberikan dampak supaya kamar kos kamu instagramable banget dan juga pastinya bikin! Perpaduan wall tapestry, lampu tumblr, pajangan gantungan foto, mini karpet, dan juga bean bag bisa kamu coba lakukan nih. Bean bag bisa diletakkan di sebelah kasur sebagai tempat bersantai sambil mendengarkan lagu, membaca buku, hingga nonton film.

Baca Juga 5 Tips dan Referensi Untuk Desain Interior Agar Terlihat Bersih dan Sehat

  1. Tambahkan Pernak-pernik DIY untuk Ramaikan Kamar Kos
Tambahkan Pernak-pernik DIY untuk Ramaikan Kamar Kos
Tambahkan Pernak-pernik DIY untuk Ramaikan Kamar Kos

Untuk memiliki kamar yang dirancang sesuai dengan keinginan sendiri merupakan suatu impian yang bisa diwujudkan di kamar kosan kamu. Terdapat banyak cara untuk mendekorasi nya salah satunya adalah dengan membuat prakarya DIY, seperti hiasan lampu kecil, koleksi hiasan bisa diletakkan di kamar dan memberi kepuasan tersendiri saat sudah jadi nantinya.

  1. Ubah Bagian Bawah Bunk Bed Sebagai Ruang Penyimpanan Baru
Ubah Bagian Bawah Bunk Bed Sebagai Ruang Penyimpanan Baru
Ubah Bagian Bawah Bunk Bed Sebagai Ruang Penyimpanan Baru

Bersamaan dengan kebebasan kamu bereksplorasi merancang desain kamar kosan, kamu bisa memaksimalkan tempat penyimpanan, salah satunya adalah pengalihan fungsi bawah bunk bed dengan penggunaan baru. Kamu bisa meletakkan kotak penyimpanan untuk menyimpan barang-barang supaya tetap terlihat rapi tetapi mudah dicari.

  1. Tambahkan Kamar Kos Kamu dengan Tanaman Hijau
Tambahkan Kamar Kos Kamu dengan Tanaman Hijau
Tambahkan Kamar Kos Kamu dengan Tanaman Hijau

Terdapat tanaman hias bisa memberikan kamar kos kamu sentuhan personal untuk menambah dekorasi interior di kamar kosan. Namun, di balik alasan tersebut juga tanaman hias memiliki banyak manfaat yang bisa menyegarkan ruangan hunian, dan membantu juga untuk mengurangi debu yang terdapat di kamar dan juga bisa menghilangkan stres yang bisa memberikan relaksasi terhadap mata yang lelah.

Baca Juga 7 Rekomendasi Hiasan Dinding yang Bisa Dijadikan Referensi

  1. Kombinasikan Warna Untuk Kamar Kos Agar Lebih Cozy
 Kombinasikan Warna Untuk Kamar Kos Agar Lebih Cozy
Kombinasikan Warna Untuk Kamar Kos Agar Lebih Cozy

Untuk mengaplikasikan warna-warna yang cerah di kamar kosan kamu bisa memberikan kesan yang lebih hidup lho. Warna cerah yang dipakai untuk dinding ataupun furniture ternyata juga bisa menambah didimensi ruang agar terlihat luas. Dan hal ini bisa menjadi salah satu referensi yang digunakan untuk kamau kos kamu nantinya.

  1. Posisikan Tempat Tidur di Pinggir Jendela
Posisikan Tempat Tidur di Pinggir Jendela
Posisikan Tempat Tidur di Pinggir Jendela

Untuk memberikan kesan yang tidak sempit, model kamar kosan kamu peletakkan kasur samping jendela bisa menjadi pilihannya katanya. Selain memberikan efek luas, pada siang hari. Kamu bisa menghemat penggunaan listrik dengan membuka jendela dan secara tidak sadar, kamar kosan pun akan terasa lebih segar.

  1. Gunakan Sofa Bed Untuk Memberikan Kesan Lebih Luas
Gunakan Sofa Bed Untuk Memberikan Kesan Lebih Luas
Gunakan Sofa Bed Untuk Memberikan Kesan Lebih Luas

Untuk memiliki keterbatasan ruangan bukan berarti kamu tidak bisa bereksplorasi untuk mendekorasi interior kamar kos kamu. Untuk pemakaian sofa bed bisa menjadi salah satu alternatif untuk kamar kosan kamu yang cukup terbatas ukurannya, hal tersebut karena dengan pemakaian sofa bed dan dimensi kamar akan terasa lebih luas dan orang-orang pun bisa beraktifitas di dalam kamar.

Dari referensi di atas, mana yang paling kamu suka, dan bisa bikin kamar kamu semakin nyaman? Semoga bermanfaat!