wisata bandung barat TAMAN LEMBAH DEWATA (GANESHA EQUESTRIAN)

Bicara tentang destinasi wisata di Bandung Barat tak pernah selesai, apalagi membicarakan wisata alam Bandung Barat yang memang tidak ada habisnya. Ratusan destinasi wisata tersaji dengan apik dan menawan, baik yang sudah dikelola ataupun yang masih dalam tahap pengembangan.

Beberapa destinasi wisata di Bandung Barat dijadikan tempat favorit oleh pengunjung, baik karena keindahan alamnya atau karena fasilitas yang disediakan oleh pengelola, atau bisa jadi karena destinasi wisatanya memiliki spot foto yang keren. berikut ini adalah destinasi wisata di Bandung Barat yang sedang hits dan difavoritkan oleh pengunjung.

1. SUNGAI CIKAHURIPAN

wisata bandung barat sungai cikahuripan
photo by @ucup.uliners on instagram

Keindahan yang disuguhkan di Sungai Cikahuripan ini, bukan berasal dari air sungai nya. Meskipun memang air di Sungai Cikahuripan masih sangat bersih, dan tidak memiliki bau ataupun rasa. Adapun yang menjadi daya tarik dari Sungai Cikahuripan adalah bebatuan yang tersebar di sekitar sungai, serta dua buah tebing yang menjulang tinggi mengapit aliran sungai, mirip seperti di Green Canyon. 

Akses menuju sungai cikahuripan ini sama seperti jika anda akan menuju Waduk Saguling di Rajamandala, jalan yang ditempuh untuk mencapai Sungai Cikahuripan masih berbatu, sehingga anda harus berhati – hati saat berjalan.

Download Brosur Perumahan subsidi Pesona Prima 7 Rajamandala
Download Brosur Perumahan subsidi Pesona Prima 7 Rajamandala

Brosur Pesona Prima 7 Rajamandala

Brosur Pesona Prima 7 Rajamandala Cipatat

2. TAMAN LEMBAH DEWATA (GANESHA EQUESTRIAN)

wisata bandung barat TAMAN LEMBAH DEWATA (GANESHA EQUESTRIAN)
photo by @why_ajie on instagram

Nama Taman Lembah Dewata sendiri belum diketahui asal usul nya. Namun tak ada salahnya jika diartikan dengan sebuah taman surga yang berada di pelataran perbukitan (lembah). Betapa tidak, tempat ini tentu menjadi surga nya para penikmat alam dan pecinta fotografi. Hijaunya perbukitan yang terhampar di Taman Lembah Dewata ini dipercantik dengan adanya sebuah danau tadah hujan di bagian tengah. Selain itu terdapat sebuah dermaga kecil yang terbuat dari bambu dan letaknya menjorok ke tengah danau.

Untuk dapat menikmati keindahan alam danau tadah hujan di Taman Lembah Dewata ini, anda hanya perlu berangkat kea rah utara dari pusat kota Lembang, tepatnya ke arah Tangkuban Parahu. Tepatnya sebelum kawasan Cikole, di sebelah kanan anda akan menemukan kawasan Wisata berkuda Ganesha Equestrian.

3. BUKIT GANTOLE

wisata bandung barat bukit gantole
photo by @sinta.l on instagram

Dari Bukit Gantole ini, anda bukan hanya dapat menyaksikan para atlet atau pecinta paralayang berlatih. Anda pun dapat menikmati pemandangan indah yang terhampar. Sejauh mata memandang, anda dapat menyaksikan keindahan hutan pinus milik perhutani, saguling, dan pemandangan Cimahi dan Kota Bandung dari atas sini.

Ada beberapa alternatif jalur yang dapat anda gunakan untuk menuju Bukit Gantole. Bagi anda yang berasal dari Kota Bandung atau Jakarta, patokan yang harus anda ingat adalah CImareme atau arah Batujajar. Selepas jembatan Sasak Bubur Cihampelas, ambil lah jalur kiri kea rah Nyalindung. Dari sana anda hanya perlu mengikuti jalan saja sampai menemukan Bukit Gantole.

4. HUTAN PINUS PAL 16

wisata bandung barat HUTAN PINUS PAL 16
photo by @rachmanharyanto on instagram

Ada sebuah tempat beristirahat atau rest area yang berbeda dari rest area biasanya. Terletak di jalan raya Cikole, Lembang, anda yang mengemudi menuju Subang, bisa berhenti sebentar di Pal 16. Pal 16 merupakan sebuah lahan seluas 2 Ha yang ditumbuhi pohon – pohon pinus, atau lebih tepatnya Pal 16 adalah kawasan hutan pinus.

Letaknya yang tidak jauh dari Wana Wisata Gunung Tangkuban Parahu, membuat Pal 16 memiliki udara yang dingin dan sejuk. Pal 16, dulunya hanya sebuah hutan pinus kosong. Namun seringkali digunakan berhenti sejenak oleh para pengendara motor ataupun mobil untuk beristirahat sejenak.

5. GUNUNG BATU LEMBANG

wisata bandung barat GUNUNG BATU LEMBANG
photo by @tyuniar93 on instagram

Tidak jauh dari pusat Kota Lembang, terdapat sebuah destinasi wisata alam yang tidak masih jarang disambangi. Gunung Batu namanya. Gunung Batu, merupakan salah satu patahan Lembang dengan lebar sekitar 300 meter dan panjang 22 kilometer. Gunung Batu merupakan tempat yang cocok untuk anda jika ingin berburu matahari terbit ataupun menikmati indahnya senja dari ketinggian. Dari puncak Gunung Batu, jika anda melihat ke sebelah utara, anda akan secara langsung melihat Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Burangrang dan Gunung Putri. Jika anda melihat ke sebelah timur, anda akan melihat penampakan dari Gunung Bukittunggul dan agak jauh dari situ anda akan melihat gambaran Gunung Manglayang. Sedangkan jika melihat ke arah selatan, anda akan melihat jajaran Gunung Malabar, Gunung Haruman dan Gunung Patuha dari kejauhan.

Akses menuju Gunung Batu Lembang ini tidak lah sulit. Anda dapat mengunjungi tempat ini dengan menggunakan angkot, ojeg, ataupun kendaraan pribadi. Dari pusat Kota Lembang, ambilah arah menuju jalan Maribaya. Di Jl. Raya Maribaya, lurus terus dan belok kanan sampai Jl. Buka Nagara. Dari sini anda sudah dapat melihat Gunung Batu dari kejauhan. Setelah melewati Jl. Buka Nagara, belok kiri melewati Jl. Buniwangi dan anda sudah berada di jalur pendakian Gunung Batu.

6. ORCHID FOREST

wisata bandung barat ORCHID FOREST
photo by @nizaramrullah on instagram

Orchid Forest terletak di ketinggian sekitar 1.500 Mdpl. Cuaca dingin dan hawa sejuk yang dihasilkan dari pohon – pohon pinus yang menjulang tinggi mempercantik suasana di sekitar penangkaran bunga anggrek ini. Tidak hanya satu atau dua macam bunga anggrek yang akan anda temukan di Orchid Forest, tapi berbagai macam jenis anggrek ada disini.

Orchid Forest berada di Jalan Tangkuban Parahu Raya, Km 8. Sehingga bagi anda yang ingin menikmati wisata edukasi di Orchid Forest, anda hanya perlu mengarahkan kendaraan anda ke arah Tangkuban Parahu, dan anda akan menemukan gerbang masuk Orchid Forest yang siap menyambut anda

7. Taman Lembah Dewata

wisata bandung barat taman lembah dewata

Jika Anda ingin melihat keindahan danau, Anda bisa memilih Taman Lembah Dewata, salah satu tempat wisata di Bandung Barat yang juga menawarkan keindahan alam. Taman Lembah Dewata merupakan sebuah perbukitan yang terletak di Wisata berkuda Ganesha Equestrian. Tepatnya di Jl. Raya Tangkuban Parahu Km 3,7, Cibogo, Lembang.

Di Taman Lembah Dewata, Anda bisa menikmati hamparan hijau perbukitan yang dipermanis dengan sebuah danau tadah hujan di bagian tengahnya. Selain itu, terdapat sebuah dermaga kecil yang terbuat dari bambu dan letaknya menjorok ke tengah danau.

Sumber Dilansir Dari Laman

explorebandungbarat. com /daftar-destinasi-wisata-hits-di-bandung-barat/

www. orami. co. id /magazine/rekomendasi-wisata-di-bandung-barat/