logo Bank BSI Bank Syariah Indonesia

Pasca melakukan merger, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) melakukan integrasi layanan operasional BNI Syariah, dan BRI Syariah ke sistem Mandiri Syariah. Guna menghindari kerumunan saat pemberlakuan PPKM, BSI memilih melakukan auto migrasi rekening nasabah ex-BNI Syariah dan ex-BRI syariah.

Dalam skema ini nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang BSI untuk melakukan proses migrasi rekening. Head of Digital Banking Product BSI Riko Wardhana bilang karena ATM yang dikeluarkan oleh BNI Syariah dan BRI Syariah dulunya masih bisa digunakan di seluruh jaringan ATM BSI maupun semua jaringan ATM domestik.

Tanggapan BSI

 Direktur Utama BSI, Hery Gunardi menyampaikan proses auto migrasi bertujuan untuk mengintegrasikan sistem tiga bank setelah merger sehingga nasabah bisa menikmati produk dan layanan Bank Syariah Indonesia dengan optimal.

“Setelah auto migrasi dilakukan maka seluruh cabang BSI akan melakukan konsolidasi dan persiapan di tanggal 1 November 2021 dimana seluruh sistem, standar layanan, produk, dan bisnis proses sudah menjadi satu di Bank Syariah Indonesia,” kata Hery. 

Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Hery Gunardi mengatakan, BSI memang melakukan proses roll-out atau auto-migrasi rekening terhadap lebih dari 1 juta rekening nasabah ex-BNI Syariah pada 9-10 Agustus 2021.

“Bagi nasabah BNI Syariah yang belum melakukan migrasi rekening, maka melalui auto-migrasi, rekening akan termigrasi secara otomatis,” kata Hery dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (10/8/2021).

Baca Juga Ini Dia Cara Transfer menggunakan BSI Mobile Sesama Bank BSI dan Bank Lain Beserta Bedanya Transfer Online dan SKN BSI

Menurut dia, skema tersebut merupakan kebijakan BSI yang dibuat seiring dengan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Indonesia.

Dalam skema ini, nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang BSI untuk melakukan proses migrasi rekening dan cukup melakukan aktivasi BSI Mobile.

Kartu ATM ex-BNIS dan ex-BRIS pun masih bisa digunakan. 

Agar bisa bertransaksi melalui mobile banking, nasabah ex-BNIS dan ex-BRIS harus memindahkan mobile banking ke BSI Mobile. “Karena mobile banking yang sebelumnya sudah tidak dapat digunakan,” kata Hery

Baca Juga Sejarah dan Profile Bank Syariah Indonesia BSI

Bagaimana nomor rekening nasabah yang termigrasi otomatis? 

Nomor rekening nasabah legacy BNI Syariah dan BRI Syariah tidak mengalami perubahan saat termigrasi otomatis. Untuk rekening ex-BRIS dan ex-BNIS yang terdiri dari 9 digit, hanya ditambahkan angka 0 di belakang nomor rekening.

Menurut Hery, hal ini sudah diinformasikan kepada nasabah.

“Nomor rekening yang baru dapat dikonfirmasi ke call center BSI 14041,” ujar Hery. Ia menekankan, proses auto-migrasi juga tidak akan berdampak pada saldo rekening nasabah. Sebab, seluruh saldo akan dipindahkan sesuai dengan kondisi sebelumnya, sehingga tidak akan terjadi perubahan.

Tak perlu datang ke kantor BSI, aktifkan BSI Mobile

 Dalam skema auto-migrasi ini, Hery menjelaskan, nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang BSI untuk melakukan proses migrasi rekening dan cukup melakukan aktivasi BSI Mobile.

Selain itu, kartu ATM ex-BNIS dan ex-BRIS masih bisa digunakan. “Nasabah ex-BNIS dan ex-BRIS diharuskan memindahkan mobile banking ke BSI Mobile untuk dapat bertransaksi melalui mobile banking,” ujar Hery. “Karena mobile banking yang sebelumnya sudah tidak dapat digunakan,” lanjut dia. 

Baca Juga Ini Dia Macam-Macam Produk unggulan Bank Syariah Indonesia BSI

Dalam proses integrasi layanan, BSI juga menghadirkan skema aktivasi mobile banking yang didesain untuk meningkatkan kenyamanan nasabah. Dengan skema itu, nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang dan bisa langsung bertransaksi dari rumah melalui BSI Mobile. 

aplikasi bsi mobile
Aplikasi BSI Mobile

Untuk mengaktifkan BSI Mobile, nasabah dapat melakukan request kode aktivasi BSI Mobile melalui Live Chat Aisyah pada Website BSI yaitu www.bankbsi.co.id atau via Whatsapp Business BSI di nomor 0815 8411 4040. Selanjutnya, nasabah hanya perlu melakukan langkah berikut:

Selanjutnya, nasabah hanya perlu melakukan langkah berikut:

  1. Download aplikasi BSI Mobile di App Store dan Google Play Store
  2. Pilih ‘Sudah Memiliki Rekening
  3.  Klik ‘Aktivasi’ 
  4. Masukkan nomor HP dan kode aktivasi yang telah diterima nasabah melalui SMS
  5. Kirim SMS verifikasi ke 3339 kemudian kembali ke aplikasi BSI Mobile 
  6. Buat PIN Transaksi dan Kata Sandi

Sebagai Nasabah BSI ex-BRI Syariah dan ex-BNI Syariah yang cabang tempat Pembukaan rekeningnya telah integrasi sistem BSI, Anda dapat melakukan migrasi rekening secara online. Hal yang perlu Anda lakukan adalah mengaktifkan BSI Mobile sebagai tanda Anda ingin mengaktifkan Rekening Anda di sistem BSI. Rekening akan dimigrasikan selambatnya H+3 sejak BSI Mobile Anda Aktif.

Cukup dengan 2 langkah saja:

1) Lakukan registrasi BSI Mobile melalui channel berikut:

2) Jika registrasi berhasil, Anda akan menerima Kode Aktivasi dan dapat melanjutkan proses dengan download BSI Mobile di playstore atau appstore dan aktifkan BSI Mobile Anda.

Sumber Dilansir Dari Laman

https://www.kompas.com/tren/read/2021/08/10/192900265/nasabah-kaget-rekening-termigrasi-otomatis-ke-rekening-bank-syariah?page=all

https://bsimobile.co.id/cara-migrasi-rekening-nasabah-ex-bri-syariah-dan-bni-syariah-melalui-online/

https://keuangan.kontan.co.id/news/meski-automigrasi-ke-bsi-kartu-atm-bni-syariah-dan-bri-syariah-masih-bisa-digunakan