cara menghitung luas tanah

Pentingnya Menghitung Luas Tanah Secara Tepat

Tanah adalah salah satu aset properti yang paling diminati. Sebab, penggunaannya bisa untuk bermacam – macam. Bahkan bisa disewakan secara ‘kosongan’ saja. Selain itu, biaya perawatannya pun rendah jika dibandingkan dengan properti lain. Itulah mengapa banyak orang berminat untuk menjadikannya sebagai aset investasi, ditambah harganya pun terus mengalami kenaikan setiap waktu. Sebab itu juga, banyak kasus yang bermunculan akibat pemilikan tanah. Seringnya adalah perebutan tanah serta pencaplokan tanah. Oleh karenanya, penting untuk Anda ketahui bagaimana cara menghitung luas tanah secara tepat agar bisa terhindar dari kejadian atau kasus demikian. Dan berikut akan dibahas mengenai beberapa cara menghitung luas tanah yang akurat:

Cara Menghitung Luas Tanah Online

Hitung Luas Tanah dengan Google Maps

Berikut adalah langkah – langkahnya:

  1. Menghitung luas tanah melalui Google Maps hanya bisa dilakukan menggunakan laptop atau PC saja, tidak bisa menggunakan ponsel. Sehingga, sebelum mengukur tentunya Anda harus menyiapkan perangkat terlebih dahulu.
  2. Buka Google Maps di browser.
  3. Setelah terbuka, Google Maps akan menampilkan peta berbentuk 2D. Anda harus mengubahnya menjadi citra satelit dengan cara klik bagian kiri bawah di kotak bertuliskan ‘satellite’.
  4. Masukkan alamat tanah yang ingin dihitung.
  5. Setelah tanah yang ingin dihitung sudah ditemukan, klik kanan pada peta hingga muncul opsi ‘measure distance’. Lalu klik pada area yang Anda ingin hitung.
  6. Selesai. Hasil pengukuran luas tanah tersebut bisa langsung terlihat di layar komputer atau laptop Anda.

Cara Menghitung Luas Tanah dengan Aplikasi dan Software

Ada beberapa cara menghitung luas tanah dengan aplikasi dan software, misalnya:

AutoCAD

Berbeda dengan Maps yang hanya bisa digunakan pada versi desktop, maka aplikasi AutoCAD bisa digunakan untuk menghitung luas tanah di versi mobile maupun desktop. Caranya pun mudah:

  1. Buat gambar denah dengan garis polyline agar semua garis menyatu.
  2. Klik garis yang telah digambar agar semuanya ter-blok dan garis yang awalnya terlihat lurus akan berubah menjadi putus-putus.
  3. Ketik ‘li’ pada command section, lalu tekan enter pada keyboard.
  4. Halaman baru yang menginformasikan area dari tanah yang Anda gambar akan muncul.

Geo Area Calculator

Dengan aplikasi ini, mengukur luas tanah menjadi sangat mudah. Fitur yang ada di dalam Geo Area Calculator pun terlihat sangat menarik dan memudahkan misalnya fitur peta yang bermacam – macam, seperti peta normal, peta satellite hingga hybrid. Satuan pengukurannya pun beragam, mulai dari meter hingga mile.

Area Calculator

Tidak jauh berbeda dengan Geo Area Calculator, aplikasi Area Calculator pun memudahkan Anda untuk mengukur luas tanah. Fiturnya pun mudah, sehingga bisa digunakan oleh orang awam.

GPS Field Area Measure

Ketiga, ada aplikasi GPS Area Field Measure yang bisa digunakan untuk menghitung luas tanah. Aplikasi ini berbasis iOS dan Android.

Cara Mengukur Luas Tanah Manual

Jika di atas sudah dibahas mengenai cara mengukur luas tanah secara online dan melalui aplikasi, maka kini akan dipaparkan mengenai cara mengukur luas tanah secara manual yakni menggunakan rumus. 

Jika tanah tersebut berbentuk persegi panjang, maka rumus yang digunakan adalah: 

  • Panjang x lebar (p x l).

Apabila tanah yang akan diukur berbentuk segitiga, maka rumus yang dipakai ialah: 

  • Rumus menghitung keliling segitiga

S = (A+B+C) : 2 

  • Rumus menghitung luas segitiga

L = ✓[S x (S-A) x (S-B) x (S-C)]

Dengan A, B, C merupakan panjang setiap sisi segitiga

Manfaat Mengukur Luas Tanah

Tidak hanya untuk sekedar menghindari kasus pencaplokan tanah, mengukur luas tanah dengan benar pun memiliki beberapa manfaat, yakni:

  • Mengetahui Beda Tinggi Tanah

Saat mengukur tanah secara manual, Anda bisa melihat langsung beda tinggi tanah yang ada di sebuah lahan. Hal ini tentu akan mempengaruhi rencana pembangunan dan desain.

  • Mengetahui Volume Pekerjaan Tanah seperti Urug dan Galian

Jika Anda sudah tahu berapa luas tanah yang dimiliki, maka Anda bisa memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk urugan atau galian.

  • Membuat Peta

Tanah yang sudah dihitung luasnya tentu akan mudah untuk dibuat peta. 

  • Merencanakan Bangunan

Terakhir, jika Anda berencana untuk segera membuat bangunan di atas tanah tersebut maka dengan mengukur luas tanah Anda bisa memperkirakan berapa luas bangunan yang bisa dibuat dan bagaimana desain paling pas yang dapat dibangun.

Sumber Dilansir Dari Laman 

https:// www. lamudi. co. id /journal/cara-menghitung-luas-tanah/