peuyeum bandung

Jika Anda jalan-jalan ke Kota Bandung, belum lengkap rasanya jika belum berburu oleh-oleh khas Bandung yang menggugah selera dan cocok dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah dan teman-teman. Bandung banyak menawarkan makanan khas dengan cita rasa beragam yang sayang untuk dilewatkan. Apa saja sih makanan khas Bandung yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh? Berikut ulasannya, dilansir dari berbagai sumber:

1. Tahu Susu Lembang

Tahu Susu Lembang

Image credit: @virnasari

 

Kalau Anda berkunjung ke Bandung, jangan lupa untuk mendatangi daerah Lembang. Ada satu makanan khas Bandung yang banyak ditemui di sana, yaitu tahu susu. Tahu susu Lembang ini sangat terkenal dengan teksturnya yang lembut dan kenyal. Oleh karena itu, tidak heran jika makanan khas Bandung yang satu ini sering cepat habis karena banyak yang membelinya.

Sesuai dengan namanya, makanan khas Bandung ini dibuat menggunakan kedelai kemudian ditambah dengan susu murni yang menciptakan rasa gurih dan lembut saat masuk ke mulut. Tidak hanya itu, tahu ini pada bagian dalamnya lebih padat sehingga lebih mengenyangkan saat dimakan, berbeda dengan tahu Sumedang yang di dalamnya tak ada isiannya. Untuk dapat menikmatinya, tahu ini bisa langsung dinikmati atau digoreng terlebih dahulu, dan lebih enak jika dicocol sambal.

Lokasi: Jl. Raya Lembang No.177, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Harga: 25,000 IDR per bungkus

2.Kue Sus

Kue Sus Bandung

 

Sumber: pergikuliner.com 2020 Merdeka.com

Kue sus sudah lama menjadi oleh-oleh makanan khas Bandung. Toko kue legendaris yang terkenal dengan kue susnya adalah Soes Merdeka Badranaya. Awalnya, toko kue ini dikelola oleh orang Belanda bernama Meneer Van Grafhorst pada 1918. Kemudian pada 1969, nama toko kue ini berubah dan diteruskan oleh para karyawan toko lama.

Bagi Anda yang ingin mencicipi kue sus, jangan khawatir karena toko ini masih buka hingga sekarang. Toko ini terletak di Jalan Merdeka No 27, Bandung. Salah satu kue susnya yang paling terkenal adalah kue sus dengan isian berwarna putih susu dengan rum yang harum. Tersedia juga kue sus tanpa rum, aneka pastry, sosis, serta aneka daging olahan.

Untuk Harga mulai 37.000 per kotak

 

3.Batagor

Batagor Bandung

Sumber: pinterest.com 2020 Merdeka.com 

Batagor merupakan kependekan dari bakso tahu goreng yang dimakan dengan saus sambal kacang yang terbuat dari kacang tanah, cabai, dan bawang putih. Makanan ini juga merupakan salah satu makanan khas Bandung yang paling populer. Rasanya yang enak dan harganya yang murah membuat banyak orang sangat menyukai makanan khas Bandung ini.

Batagor dibuat dengan tepung tapioka kemudian digoreng membentuk bulat seperti bakso, namun biasanya ditambah dengan tahu pada satu paket batagor yang dipotong seperti dadu kecil. Bagi Anda yang ingin membawa pulang batagor sebagai oleh-oleh, Anda dapat memilih batagor beku yang telah disediakan oleh para penjual batagor di Bandung. Biasanya, batagor beku akan dilengkapi dengan bumbu terpisah sehingga lebih awet dibawa bepergian.

Gerai batagor terkenal di Bandung ada Batagor Kinsgley, Batagor Riri, Batagor Haji Yunus, Batagor Burangrang, Batagor H Darto, dan masih banyak lagi.

Untuk Harga mulai dari  20.000 per porsi 

4. Surabi

Surabi Bandung

Sumber: infobdg.com 2020 Merdeka.com

Jika Anda jalan-jalan ke Bandung, belum lengkap rasanya kalau tidak mencicipi surabi. Makanan khas Bandung yang satu ini juga merupakan jajanan paling terkenal di Bandung. Surabi terbuat dari bahan dasar tepung terigu yang dicampur dengan santan sehingga rasanya gurih.

Namun, kini surabi tidak hanya disajikan dalam rasa gurih melainkan ada berbagai varian rasa. Di Bandung, surabi yang paling terkenal adalah Surabi Enhaii Bandung. Rasa Surabi yang enak akan membuat Anda ketagihan dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh makanan khas Bandung.

Salah satu pioner surabi di Bandung adalah Surabi Cihapit, yang berdiri sejak 1991. Menu yang paling terkenal adalah surabi oncom, namun varian lain juga layak dicoba. Dijamin ketagihan, lho!

Lokasi: Jl. Cihapit, Cihapit, Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat

Harga: Mulai dari 2,000 IDR per biji

 

5. Peuyeum 

Peuyeum Bandung

Image credit: @omamuda

Peuyeum adalah makanan khas Bandung yang sangat terkenal. Makanan yang satu ini hampir mirip dengan tape yang banyak ditemui di daerah lain, tetapi peuyeum lebih berair dan agak encer. Peuyeum mendapat julukan jajanan sejuta umat lantaran harganya yang murah meriah, enak dan juga tahan lama. Makanan khas Bandung yang satu ini merupakan oleh-oleh yang paling banyak dicari karena mudah ditemui dan harganya murah.

Selain dibuat dengan ketela pohon, ada juga peuyeum yang terbuat dari beras ketan hasil fermentasi seperti kebanyakan peuyeum yang ditemui. Di pusat oleh-oleh makanan khas Bandung, Anda bisa mendapati banyak sekali penjual peuyeum. Biasanya peuyeum dijajakan dengan cara digantung dengan tali dalam jumlah banyak.

Lokasi: Jalan Bandung-Cianjur, Kampung Cimerang, Desa Citatah, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Harga: 15,000 IDR per kilogram

 

6. Pisang Bollen

Pisang Bollen Kartika Sari Bandung

 

Sumber: agenkuliner.com 2020 Merdeka.com

Pisang bollen adalah salah satu makanan khas Bandung yang menjadi primadona dan sering dijadikan oleh-oleh favorit. Salah satu yang paling terkenal adalah Pisang Bollen Kartika Sari. Makanan khas Bandung ini populer sejak tahun 1970 dan sampai saat ini masih menggunakan resep turun temurun.

Bercita rasa sangat lezat, gurih dan manis dengan banyak pilihan rasa seperti keju, cokelat hingga durian membuat makanan ini banyak digemari.

Lokasi: Jalan Haji Akbar No.4, Pasir Kaliki, Cicendo, Pasir Kaliki, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat

Harga: Mulai dari 47,000 IDR per kotak

 

7. Bolu Bakar

Bolu Bakar Bandung

Sumber: pergikuliner.com 2020 Merdeka.com

Selain pisang bollen, makanan khas Bandung lain yang menjadi favorit untuk dijadikan oleh-oleh adalah bolu bakar. Salah satu bolu bakar yang paling terkenal di Bandung adalah Bolu Bakar Tunggal. Seperti namanya, makanan ini berbeda dari roti bakar, karena jenis roti yang digunakan adalah jenis bolu.

Ada beberapa pilihan bolu bakar manis di antaranya adalah, cokelat, keju, kopi, wijen, kacang, nanas, roombutter, kopi wijen, strawberry, dan kelapa susu. Sedangkan untuk yang asin pengunjung dapat memilih rasa tuna, tuna pedas, dan keju spesial tuna pedas.

Meskipun makanan ini akan lebih nikmat jika dimakan saat hangat, tapi tidak ada salahnya untuk membawa pulang sebagai oleh-oleh makanan khas Bandung.

Harga: Mulai dari 85,000 IDR per kotak

Alamat: Jl. Jend. Sudirman No.570-574, Dungus Cariang, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40183

8. Cireng

Cireng Bandung

Sumber: pinterest.com 2020 Merdeka.com

Cireng adalah makanan khas Bandung yang dibuat menggunakan tepung kanji yang digoreng dan biasanya disajikan dengan saus. Makanan khas Bandung ini sangat digemari banyak orang karena rasanya yang gurih, kenyal dan lezat. Makanan khas Bandung ini akan sangat mudah Anda temukan di jalan-jalan umum di sepanjang jalur tempat wisata di Kota Bandung. Cireng sangat cocok untuk dijadikan salah satu oleh-oleh dari Bandung karena mudah didapat dan tahan lama.

Ada beberapa varian cireng yakni rasa original dan ada juga varian lain yaitu cireng salju dan kerupuk cireng yang sama-sama dipadukan dengan bumbu atau sambal rujak. Cireng biasanya dijual dengan harga yang beragam, mulai dari 7 ribu sampai ada yang 21 ribu dalam satu kemasan.

9. Seblak

Seblak Bandung

Image credit: @duniakulinerbdg

 

Belum ke Bandung jika kamu belum mencoba makan seblak. Makanan khas Bandung yang terbuat dari kerupuk basah ini memiliki rasa yang khas karena dibuat dari bumbu rempah dan memiliki isian yang mengenyangkan seperti sayur, daging dan telur.

 

Ada beberapa tempat asyik untuk merasakan seblak, namun salah satu yang layak direkomendasikan adalah Seblak Jebred yang memiliki tambahan ceker di isiannya, plus tahu krispi, sosis dan kikil. Supaya semakin nyam-nyam, naikkan versi pedasnya, ya! Harganya juga cukup ramah di kantong, lho!

 

Lokasi: Jl. Buah Batu No.163, Turangga, Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat

Harga: Mulai dari 12,000 IDR per porsi, sementara toppingnya dihargai mulai dari 3,000 IDR hingga 4,000 IDR

 

10. Mie Kocok 

Mie Kocok Bandung

Image credit: @eatineraryid

 

Bagi kamu yang tertarik menikmati sajian yang memanjakan lidah, Mie Kocong Mang Dadeng bisa menjadi alternatif yang pas. Rasanya nendang, pun demikian dengan isian di setiap porsi mie kocok yang disajikan.

Bukan hal yang mengejutkan karena kabarnya ada bumbu spesial, yang terdiri dari 27 macam bumbu rempah yang menjadikan rasa mie kocok Mang Dadeng begitu ngehits di kalangan pecinta kuliner tradisional. Kaldunya juga cukup berasa, sementara isiannya, seperti mie kuning gepeng, potongan kikil dan sum sum, serta daun seledri dan bawang goreng untuk menambah rasa, membuat kamu ingin terus nambah dan nambah.

Lokasi: Jl. Kyai Haji Ahmad Dahlan No. 67, Turangga, Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat

Harga: Mulai dari 23,000 IDR per porsi

11. Bandros

Bandros Bandung

Image credit: @lets.go.eat

 

Salah satu camilan tradisional kota Bandung yang paling diminati adalah bandros. Kue dari campuran tepung beras dan santan ini berbentuk seperti pukis dengan rasa gurih. Ada taburan gula pasir untuk menambah cita rasa.

Kini variannya sudah beragam. Salah satu yang menyajikan dengan cara unik adalah bandros Cowboy Cisangkuy. Ada beragam rasa ditawarkan, mulai dari green tea, keju, coklat hingga beberapa merek coklat kenamaan. Di sini, kamu tetap bisa mendapatkan bandros versi original, kok!

Lokasi: Jl. Cisangkuy No.56, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat

Harga: Mulai dari 8,000 IDR hingga 45,000 IDR per porsi, tergantung pilihan rasa

12. Colenak

Colenak Bandung

Image credit: @lets.go.eat

Tidak sedikit yang mengenalnya sebagai tape bakar, namun apa pun itu kualitas rasanya sudah mendunia. Bayangkan tape singkong yang dibakar dan dicocol pada gula merah yang dipanaskan bersama parutan kelapa, bikin ngiler, kan?

Salah satu tempat mendapatkan makanan khas Bandung ini adalah di Colenak Murdi Putra, yang konon sudah berdiri sejak 1930. Kamu harus mencicipi yang ini saat liburan ke Bandung, ya!

Lokasi: Jalan Ahmad Yani No. 733, Cicaheum, Kiaracondong, Padasuka, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat

Harga: 10,000 IDR per bungkus

 

13. Gepuk

Gepuk Bandung

Image credit: @gepuknyong

Makanan ini bukan untuk kamu yang mengusung semangat vegan. Maklum, bahan dasarnya saja daging sapi. Cara menyantapnya juga khas, dengan nasi hangat dan sambal. Ingin varian lain, kamu bisa memilih sejumlah alternatif termasuk di antaranya beef salty, beef less sugar hingga chicken spicy.

Tempat terbaik mendapatkan kuliner ini adalah di Gepuk Ny. Ong, yang interior restorannya yang dipenuhi barang antik dan Instagenik.

Lokasi: Jalan Pasir Kaliki 96, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat

Harga: Mulai dari 18,000 IDR per porsi

14. Es Goyobod

Es Goyobod Bandung

Image credit: @elia_budiantini

Mulai gerah dan kepanasan dengan udara Bandung yang kurang bersahabat? Redakan dengan menikmati seporsi es goyobod yang menyegarkan. Minuman dingin khas Sunda ini memang menjadi ‘obat’ yang tepat untuk mengatasi dahaga kamu.

Es goyobod Kliningan berisi adonan sagu aren yang kenyal dengan kuah santan, susu kental manis dan serutan es. Materi pelengkapnya mulai dari alpukat, roti tawar, peuyeum, pacar Cina, kolang-kaling hingga kelapa muda. Dengan harga yang sangat terjangkau, dijamin kamu akan nambah dan nambah lagi!

Lokasi: Jalan Kliningan B 9, RT01/ RW05, Turangga, Lengkong, Turangga, Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat

Harga: Mulai dari 3,000 IDR per porsi

15. Yogurt

Yogurt Bandung

Berdiri sejak 1976, Yoghurt Cisangkuy termasuk salah satu kuliner khas Bandung yang melegenda. Bukan hanya menawarkan tempat nongkrong yang cozy, tapi juga menyajikan minuman menyehatkan dan menyegarkan. Selain itu, ada juga olahan kuliner lain yang layak kamu coba untuk memperpanjang masa istirahat di tempat ini.

Lokasi: Jl. Cisangkuy No.66, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat

Harga: Mulai dari 20,000 IDR per porsi

16. Es Cendol Bandung

Es Cendol Bandung

Sumber Gambar pergikuliner.com

 

Nama Cendol Elizabeth memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Bandung. Sejak 1972, pendiri Cendol Elizabeth, Rohman mulai mengadu nasib di kota Bandung.

untuk Harga  Rp 16 ribu per bungkus, untuk makan di sini segelasnya Rp 5.000

Alamat nya di Jl. Inhoftank No.64, Pelindung Hewan, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung

 

Sumber Dilansir Dari Laman

https://www.merdeka.com/jabar/10-makanan-khas-bandung-yang-populer-cocok-dijadikan-oleh-oleh-kln.html

https://www.tripzilla.id/makanan-khas-bandung/6944

https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/18/06/04/p9sd0p328-segarnya-buka-puasa-dengan-cendol-elizabeth-asli

 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KREASI PRIMA LAND BANDUNG (@kreasiland.bandung)

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Official PT. Kreasi Prima Land (@kreasiland.bogor)