drone rumah subsidi syariah pesona prima cikahuripan 6

Pengantin baru yang baru saja menikah tentunya merasakan sebuah kebahagiaan yang tidak terkira untuk menjalani hidup bersama dan meneruskan kehidupan bersama keluarga baru. Setelah menikah tentunya Anda harus memikirkan beberapa aspek penting kehidupan lainnya seperti mempersiapkan sebuah rumah agar dapat tinggal bersama dengan nyaman.

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa membeli sebuah rumah adalah hal yang tidak memungkinkan dan berat untuk dilakukan bahkan akhirnya memutuskan hanya untuk mengontrak saja. Padahal dalam kenyataannya, dengan mengontrak justru membuat Anda akan mengeluarkan biaya yang lebih tinggi lagi dan tidak akan mempunyai sebuah rumah sendiri yang bisa menjadi salah satu bentuk investasi yang baik.

1. Kenapa Pengantin Baru Lebih Baik Punya Rumah Sendiri?

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, mengontrak sebuah rumah membutuhkan biaya yang tidaklah sedikit. Tidak hanya itu saja, Anda bersama pasangan juga harus selalu dikejar perasaan tidak tenang karena tidak mempunyai sebuah aset yang berharga dan memiliki nilai investasi yang baik. Tidak hanya itu saja, pasangan yang baru menikah sebaiknya tidak tinggal bersama orang tua karena terkadang terdapat beberapa masukan dari orang tua yang kurang menyenangkan dan membuat Anda bersama pasangan menjadi lebih betah.

Dengan mempunyai rumah sendiri maka Anda otomatis akan membuat sebuah tempat yang mempunyai aturan langsung dari Anda tanpa adanya gangguan dari orang lain. Dilansir dari Value Penguin, dengan membeli rumah setelah menikah bersama pasangan maka otomatis Anda bersama pasangan bisa secara bersama mencicil biaya rumah dan menjadi lebih mudah untuk segera melunasinya.

Baca Juga Ini dia cara Membeli Rumah untuk Fresh Graduate, Begini Cara Menghitungnya!

2. Tips Pintar Punya Rumah, Persiapan untuk Pengantin Baru

Membeli sebuah rumah bukanlah hal yang mudah karena membutuhkan proses yang panjang dan tanggung jawab yang tinggi agar rumah impian tersebut bisa terbeli dengan cepat dan mudah. Ikuti tips pintar yang ada di bawah ini agar Anda bisa mempunyai sebuah rumah dan menikmati hidup yang lebih nyaman sebagai pengantin baru:

1. Menekan Biaya Pernikahan

Saat ini masih banyak yang beranggapan bahwa sebuah pernikahan haruslah mewah dan diadakan pada sebuah tempat yang bergengsi. Memang benar, pernikahan adalah salah satu acara yang sangat sakral dan sebaiknya hanya dilakukan satu kali dalam seumur hidup. Akan tetapi, hal tersebut bukanlah sebuah prioritas dan Anda bisa menekan biaya nikah tersebut untuk kebutuhan lain seperti biaya DP rumah.

2. Cek Kondisi Kemampuan Pasangan

Tips pintar berikutnya agar Anda bisa memiliki sebuah rumah dengan cepat adalah dengan mengetahui kondisi kemampuan finansial dari pasangan Anda. Membeli sebuah rumah setelah menikah membutuhkan sebuah komitmen yang kuat oleh karena itulah Anda juga harus mengetahui berapa kuat kemampuan finansial pasangan Anda untuk membantu pembayaran cicilan rumah.

3. Tentukan Tujuan Membeli Rumah Lima Tahun Kedepan

Membeli rumah adalah sebuah perjalanan yang membutuhkan waktu yang tidaklah singkat. Oleh karena itulah, jika Anda bersama pasangan sudah pasti dan setuju membeli rumah harus memperhitungkan tujuan dalam membeli rumah selama minimal lima tahun kedepannya. Rencanakanlah pengeluaran dengan baik selama lima tahun agar tidak terjadi kesalahan dalam perencanaan keuangan.

4. Siapkan Tabungan untuk DP Rumah

Membeli sebuah rumah adalah sebuah tantangan tersendiri oleh karena itulah Anda sebaiknya menyiapkan DP rumah dalam jumlah yang lebih besar agar cicilannya bisa lebih kecil dan tidak membebani Anda. Dilansir dari Dave Ramsey, jangan pernah melihat sesuatu dalam perspektif jangka pendek karena Anda hanya akan membebani diri dengan cicilan rumah yang sangat besar dan berat.

5. Tentukan Cicilan Rumah

Berlanjut dari tips yang sebelumnya, Anda harus mempertimbangkan juga seberapa besar cicilan dari rumah yang akan Anda beli. Semakin besar nilai dari cicilan mungkin memang akan mempercepat Anda dalam melunasi rumah, akan tetapi perhitungkan juga kebutuhan bulanan yang lainnya.

6. Cari Lokasi Rumah Sesuai Budget

Jangan pernah takut untuk mencari rumah yang berada cukup jauh dari tempat orang tua Anda tinggal. Carilah lokasi rumah yang tepat dan sesuai dengan kemampuan Anda membeli rumah dan jangan pernah untuk memaksakan membeli rumah di tengah kota karena membutuhkan biaya yang tidaklah sedikit.

Selain itu jangan pernah tergiur dengan rumah yang memiliki harga terlalu miring. Pastikan agar daerah yang akan Anda beli bukan merupakan daerah banjir karena apabila terjadi banjir bisa membuat repot diri Anda sendiri di kemudian hari. Lokasi rumah menjadi faktor penting dalam proses pembelian rumah.

7. Pelajari Langkah-langkah Beli Rumah

Membeli rumah bukanlah hal yang sulit karena Anda bisa mempelajari caranya dengan mudah melalui internet. Anda bersama pasangan harus sama-sama mengerti langkah membeli rumah agar tidak dibohongi oleh developer perumahan dan menjebak Anda dalam membeli rumah yang tidak sesuai dengan keinginan bersama.

8. Kelola Keuangan dengan Bijak dan Mulai Berhemat

Tips terakhir yang bisa Anda gunakan agar dapat membeli rumah bersama pasangan adalah dengan belajar untuk mengelola keuangan dengan bijak dan berhematlah agar tidak membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan. Pastikan agar setiap bulannya Anda bersama pasangan harus menyisihkan biaya dan menyimpannya khusus untuk membeli rumah impian bersama.

2. Tips Beli Rumah Joint Income untuk Pengantin Baru

Membeli rumah sendiri akan terasa lebih berat karena tidak ada yang membantu Anda dalam melakukan dan membayar cicilan dari rumah yang dibeli. Berbeda halnya ketika Anda sudah menikah maka Anda bisa memanfaatkan sebuah teknik yang bernama joint income untuk membeli rumah yang diinginkan.

Joint income adalah teknik untuk mencicil sebuah rumah dengan menggabungkan gaji Anda dan pasangan agar lebih mudah dan ringan dalam mencicil rumah. Di bawah ini adalah beberapa tips joint income yang bisa Anda coba:

1. Ketahui Berapa Besar Gaji Gabungan Bersama

Tahapan pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengetahui berapa besar gaji gabungan Anda bersama pasangan. Dengan menghitung berapa besar gaji yang didapat setiap bulannya bisa menjadi sebuah perhitungan dalam membeli rumah. Besaran rasio cicilan yang bisa dikeluarkan oleh Anda untuk cicilan tidak boleh lebih dari 30% dari penghasilan total.

2. Hitung Berapa Pengeluaran Setiap Bulan

Hitunglah berapa pengeluaran yang Anda dan pasangan butuhkan setiap bulannya. Dengan mengetahui pengeluaran tersebut menjadikan Anda bisa memperkirakan berapa biaya yang dibutuhkan untuk kebutuhan rumah tangga. Uang untuk kebutuhan rumah tangga tidak bisa dikurangi karena biasanya jumlah kebutuhan untuk pengeluaran tersebut sudah pas dan tidak bisa berubah.

3. Belajar untuk Menghemat Pengeluaran

Penghematan adalah salah satu cara yang paling penting untuk Anda lakukan. Kurangilah untuk jajan bersama pasangan dan gunakanlah uang jajan tersebut untuk ditabung dan digunakan sebagai uang untuk membeli rumah di kemudian hari. Selain itu bagi Anda yang merokok juga bisa belajar untuk berhenti dan menyisihkan uangnya untuk biaya membeli rumah impian.

Itulah beberapa panduan beli rumah untuk pengantin baru. Semoga dengan mengikuti tips dari artikel ini bisa membuat Anda bersama pasangan bisa membeli dan mewujudkan rumah impian bersama yang bisa ditempati dengan nyaman. Selamat mencoba ya, Sobat Kreasi!

Sumber dilansir dari laman

https://www.rumah.com/panduan-properti/pengantin-baru-34608