rak buku cantik

Untuk pecinta buku, rak buku memang jelas banget wajib ada di dalam rumah atau kamar untuk menyimpan sejumlah koleksinya. Baik itu kecil ataupun besar, yang penting buku-buku kesayangan bisa tertata rapi, tidak rusak, dan terlihat estetik, sungguh kebanggaan tersendiri bagi pecinta buku. Menjadi seseorang yang gemar dalam mengoleksi buku nampaknya pasti membutuhkan sebuah rak buku yang menarik juga mampu dalam menampung koleksi buku yang dimiliki. Hal tersebut kerap menjadi sebuah masalah bila kamu termasuk orang yang kurang terorganisir.

Banyak produk rak buku yang dijual melalui toko online maupun offline. Hal tersebut nampaknya akan membantu kamu dalam mengorganisir buku-buku kamu guna menghindari buku-buku yang terselip. Di era modern seperti sekarang, hampir setiap hunian menerapkan konsep serba minimalis. Tidak terkecuali, ide desain perabotan rumah seperti rak buku minimalis.  Ruangan serba minimalis dan terbatas, membuat penghuni rumah harus pintar-pintar menata perabotan untuk mengorganisir buku-buku agar tetap rapi. Bagaimana caranya agar rak buku minimalis bisa tampil modern dan cantik menyatu dalam interior ruangan.

Mulai dari novel hingga ensiklopedia, kamu pasti memerlukan lemari buku minimalis biar dapat menyimpan sekaligus memajang koleksi buku kesayangan dengan rapi tanpa merusak tampilan interior hunian. Tidak sebatas dari buku saja, lemari buku yang minimalis dapat membantu merapikan ruangan sehingga tidak ada barang yang ditaruh asal di seluruh sudut rumah. Koleksi lain pun seperti boneka juga dapat dipajang dengan mudah di rak buku tersebut. 

Seiring berjalannya waktu, kebutuhan rak buku sekarang tidak hanya sekedar penyimpanan buku yang praktis dan fungsional saja, tetapi juga berkaitan dengan faktor lainnya. Faktor lainnya bisa kita lihat juga berkaitan dengan sisi estetika, tatanan ataupun dekorasi rumah. 

Selain menghemat ruang, rak buku minimalis untuk dinding bisa mempermudah kamu dan keluarga dalam menyimpan buku dengan tetap. Tidak hanya itu, rak buku minimalis untuk dinding juga multifungsi sebagai dekorasi pada dinding yang polos. 

Baca Juga 7 Rekomendasi Hiasan Dinding yang Bisa Dijadikan Referensi

Saat revolusi industri dan penemuan percetakan pers, rak buku telah menjadi kebutuhan dan keharusan di setiap hunian. Mereka tidak hanya dimaksudkan untuk penyimpanan buku tetapi juga untuk menampilkan rasa dan budaya pemilik dan keluarga rumah yang intelektual. Di waktu sekarang ini banyak orang yang suka dengan konsep desain rak buku minimalis, sebab juga mudah banget untuk disesuaikan mulai dari biaya hingga desain yang akan dibuat. 

Walaupun kelihatannya mudah, menyatukan konsep ruang dan rak buku minimalis bisa membuat tantangan lho. Terlebih lagi, jika kamu mengutamakan banget konsep dan tema modern sekaligus fungsional. Nah, apabila rumah kamu sempit tapi masih ingin punya rak buku, tenang aja berikut ini telah dikumpulkan referensi ide desain rak buku minimalis yang tidak hanya akan membuat rumah lebih rapi, tapi juga tidak makan banyak tempat. Seperti apa saja sih model rak bukunya? Yuk simak terus artikel ini!

7 Ide Desain Rak Buku Minimalis yang Tidak Makan Banyak Tempat

  1. Sulap Area Bawah Tangga Jadi Rak Buku
 Sulap Area Bawah Tangga Jadi Rak Buku
Sulap Area Bawah Tangga Jadi Rak Buku

Banyak yang berpikir area bawah tangga mau disulap menjadi apa. Apakah hanya dijadikan ruang penyimpanan barang tidak terpakai dan dihiraukan begitu saja atau hal lain. Kamu bisa banget lho sulap area ini jadi rak buku minimalis dan pastinya menghemat ruangan. Hasilnya pun, ruangan kamu jauh dari kesan sumpek dan juga hampa. 

Lebih menarik lagi kamu tidak perlu menambahkan furniture lagi untuk menjadi rak buku. Konsep minimalis untuk menghemat ruangan ini patut kamu perhatikan biar hunian lebih nyaman.

Baca Juga 9 Ide Kreatif Dari Barang Bekas yang Bermanfaat

  1. Penggunaan Rak Buku Serbaguna
Penggunaan Rak Buku Serbaguna
Penggunaan Rak Buku Serbaguna

Rak buku serbaguna sangat berguna untuk kamu yang menginginkan tempat penyimpanan yang multi-fungsi. Kamu dapat mendapatkan sebuah rak buku meja dua lantai yang bisa menyimpan buku kamu dengan rapi di samping tempat tidur kamu. Di atas raknya, kamu dapat meletakkan barang-barang kecil seperti kunci, dan lainnya.

  1. Manfaatkan Lorong Rumah Menjadi Perpustakaan Kecil
Manfaatkan Lorong Rumah Menjadi Perpustakaan Kecil
Manfaatkan Lorong Rumah Menjadi Perpustakaan Kecil

Baca Juga Low Budget Tetap Bisa Kekinian, Ini 7 Tips Dekorasi Kamar Kos Yang Bikin Nyaman!

Lorong rumah biasanya dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan sepatu bagi para pengoleksi sepatu. Kamu juga bisa menggunakan lorong sebagai tempat penyimpanan koleksi buku kamu. Mengubah lorong menjadi tempat penyimpanan buku dapat kamu lakukan dengan menggunakan rak dinding melayang yang tentu akan meminimalis lorong kamu.

  1. Rak Buku Unik Sekaligus Pintu Rahasia
Rak Buku Unik Sekaligus Pintu Rahasia
Rak Buku Unik Sekaligus Pintu Rahasia

Seperti yang sering kita lihat di film-film, ternyata di dunia nyata juga ada banyak lho rumah yang memiliki pintu rahasia. Nah, biasanya pintu rahasia ini disamarkan sebagai rak buku. Dan lumayan untuk mengecoh para pencuri juga, kalaupun tidak mau main rahasia-rahasiaan, rak buku unik ini bisa kamu satukan dengan pintu biasa menuju kamar tidur kamu ataupun ruangan lainnya.

  1. Rak Buku Unik Yang Sekaligus Kursi
 
Rak Buku Unik Yang Sekaligus Kursi
Rak Buku Unik Yang Sekaligus Kursi

Baca Juga Ide dan Tips Bisnis Online Terbaik Untuk Kamu yang Pemula

Seorang pecinta buku juga harus memiliki kursi yang nyaman untuk membaca bukunya. Nah, maka dari itu rak buku ini wajib banget kamu miliki. Bukan hanya unik, tapi hemat ruang banget. Kalau kamu sudah selesai membaca satu buku, hanya cukup letakkan di samping kemudian ambil buku berikutnya tidak perlu tuh beranjak dari kursi. Hemat energi juga lho!

  1. Rak Buku Sekaligus Televisi
Rak Buku Sekaligus Televisi
Rak Buku Sekaligus Televisi

Kombinasi dari rak dapat berfungsi juga untuk penyimpanan yang kompleks, tidak hanya untuk buku saja tetapi barang lainnya. Bisa kamu gabungkan dengan televisi pada ruang keluarga atau ruang tamu. Hal ini adalah pilihan yang bagus dan terjangkau yang menyederhanakan dekorasi interior dan praktis juga di kamar-kamar kecil dimana tidak ada cukup ruang untuk unit dinding yang besar.

  1. Rak Buku dengan Sofa Minimalis yang Nyaman
Rak Buku dengan Sofa Minimalis yang Nyaman
Rak Buku dengan Sofa Minimalis yang Nyaman

Membaca buku secara psikologis memang merupakan salah satu hal yang baik untuk bersantai dalam rumah. Untuk bersantai di rumah, salah satu inspirasi yang bisa kamu terapkan yaitu memadukan rak buku dan sofa minimalis yang unik. Paduan sofa minimalis dan rak buku yang simpel ini pastinya akan membuat kamu semakin betah dirumah, terlebih kalau posisi rak buku ditempatkan dengan baik dan benar. Kamu juga bisa menempatkan rak ini berdekatan dengan jendela rumah agar menghasilkan kesan yang cozy.

Baca Juga Ide Dekorasi Ulang Tahun yang Keren di Rumah

(Bonus) Tips Merawat Buku

  • Jauhkan buku dari sinar matahari langsung yang bisa membuat pudar sampul buku dan dapat merusak ikatan kulit kertas atau sampul buku.
  • Dalam penyimpanan buku terlalu erat dengan melengkungkan sampul buku, membuatnya buku sulit dibaca. Penutup melengkung dapat menyebabkan buku parah dan rusak dan memungkinkan kertasnya rontok.
  • Cara paling benar untuk mengambil buku di rak adalah dengan mendorong buku lain ke samping, nah lalu tarik buku yang dipilih dari tengah, hal ini gampang banget kok untuk dilakukan.

Nah, itu dia 7 ide rak buku yang nggak makan ruangan di rumah dan beri nilai estetika di dalamnya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensimu ya!

 

 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KREASI PRIMA LAND BANDUNG (@kreasiland.bandung)

 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Official PT. Kreasi Prima Land (@kreasiland.bogor)