2. Perpustakaan konsep mezzanine

Apa itu Mezzanine?

Mezzanine adalah kata yang berasal dari bahasa Italia yaitu “mezzo” atau berarti “bagian tengah.” Karena itu, istilah tersebut merujuk pada sisi tambahan dalam hunian yang berada di antara lantai dasar dan plafon atap bangunan. Dengan kata lain, bisa dibilang mezzanine adalah bagian yang berbentuk seperti balkon tetapi letaknya berada dalam ruangan.

Pada rumah, mezzanine adalah ruang tambahan yang multifungsi. Beberapa orang menggunakannya sebagai kantor pribadi, ruang menonton, bahkan hingga kamar tidur cadangan. Semua fungsi tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan penghuninya.

13 Contoh Desain Mezzanine

Seperti yang dibahas sebelumnya, tujuan utama mezzanine adalah untuk menambah ruang di area yang terbatas. Agar tetap terlihat serasi dengan tampilan rumah, Anda bisa mengintip beberapa contoh desain mezzanine di bawah ini!

1. Kantor Mezzanine

1. kantor konsep mezzanine

Sumber: pinterest

Sejak dulu, mezzanine adalah lahan yang populer untuk dijadikan ruang kantor pribadi dalam rumah. Anda bisa menaruh segala peralatan elektronik dan meja kerja pada lantai mezzanine seperti contoh di atas.

2. Lemari Mezzanine

2. lemari konsep mezzanine

Sumber: pinterest (behance.net)

Mezzanine adalah konsep hunian yang kerap diterapkan di apartemen. Jika Anda termasuk salah satu penghuni, pemanfaatan mezzanine bisa dilakukan dengan menggunakannya sebagai lemari atau tempat menyimpan baju.

3. Desain Mezzanine untuk Perpustakaan

2. Perpustakaan konsep mezzanine

Sumber: pinterest (aventuredeco.fr)

Inspirasi yang satu ini mungkin cocok bagi Anda yang gemar membaca. Ukuran mezzanine yang pada dasarnya tidak terlalu besar masih memungkinkan untuk membuka perpustakaan seperti gambar di atas. Teknik yang bisa diterapkan adalah dengan menaruh rak buku built-in pada tembok, sehingga tidak memakan banyak tempat.

4. Lahan Bermain Anak

4. Tempat bermain anak konsep mezzanine

Sumber: pinterest (mezzanines.ch)

Mezzanine juga bisa dialihkan menjadi tempat bermain anak. Anda bisa menaruh koleksi hobi dan bermain bersama anak pada tempat ini. Dengan aksesnya yang bisa terlihat dari lantai dasar, anak akan tetap terpantau dengan baik. Namun pastikan pembatas mezzanine terbuat dari rangka yang kokoh untuk menghindari kecelakaan pada anak.

5. Desain Mezzanine Rumah Minimalis

5. Rumah minimalis konsep mezzanine

Sumber: pinterest (hegemorris.com)

Rumah minimalis adalah hunian yang juga kerap menerapkan pembuatan ini di tengah bangunannya. Desain mezzanine rumah minimalis bisa Anda bangun dengan pemilihan partisi dan palet warna yang sederhana.

6. Mezzanine dalam Kamar Tidur

6. Kamar Tidur konsep mezzanine

Sumber: pinterest (aventuredeco.fr)

Siapa sangka bahwa lantai mezzanine adalah tempat yang bisa dibangun dalam kamar tidur? Biasanya memang lahan yang satu ini dibuat di tengah ruang keluarga. Namun, dengan ukuran yang tidak begitu luas seperti mezzanine pada gambar tidak menutup kemungkinan pembuatannya dilakukan dalam kamar tidur Anda.

7. Desain Mezzanine dengan Pembatas Tali

7. Kamar Tidur konsep mezzanine

Sumber: pinterest (cotemaison.fr)

Keamanan adalah salah satu hal yang terpenting dalam pembuatan mezzanine. Berbagai jenis partisi bisa dijadikan alternatif pembatas, salah satunya tali. Pastinya perlu melakukan pemilihan jenis tali yang tepat agar fungsi keamanan tetap terjaga.

8. Mezzanine pada Atap Miring

8. Kamar Tidur konsep mezzanine

Sumber: pinterest (mezzanines.ch)

Apakah hunian Anda termasuk rumah yang punya plafon miring? Jangan khawatir, lantai mezzanine masih bisa Anda bangun meskipun jenis atap rumah Anda miring seperti pada gambar. Anda hanya perlu menyesuaikan tinggi barang yang akan disimpan pada mezzanine untuk mempertahankan fungsinya dengan baik.

9. Kamar Mezzanine

9. Kamar Tidur konsep mezzanine

Sumber: pinterest (mezzanines.ch)

Selain kantor maupun perpustakaan, mezzanine adalah lahan yang cukup untuk dimanfaatkan sebagai kamar tambahan. Sesuaikan besar dan luas mezzanine agar cukup menampung kasur tempat Anda beristirahat.

10. Storage Tambahan pada Tangga Mezzanine

10. Tempat Penyimpanan konsep mezzanine

Sumber: pinterest (planete-deco.fr)

Pastinya untuk menghubungkan lantai dasar dan ruang mezzanine diperlukan sebuah tangga. Agar tidak sekedar menjadi tapakan untuk naik ke lahan atas, coba manfaatkan sisi di bawah anak tangga sebagai tempat penyimpanan tambahan.

11. Desain Mezzanine dengan Kaca

11. Kaca konsep mezzanine

Sumber: pinterest (design-milk.com)

Mezzanine bukan melulu berupa ruang terbuka. Jika Anda menginginkan privasi lebih, lakukan pemilihan partisi yang mendukung hal tersebut. Misalkan dengan memilih kaca dan memberinya gorden. Sehingga di samping mempertahankan estetika, privasi Anda juga tetap terjaga dengan baik.

12. Mezzanine dengan Pintu Kayu

11. Pintu Kayu mezzanine

Sumber: pinterest (contemporist.com)

Masih demi menjaga privasi penghuni, pembatas mezzanine juga bisa menggunakan pintu kayu. Terapkan sistem folded-door seperti pada gambar agar pintu kayu yang digunakan tidak memakan banyak tempat.

13. Seluncuran pengganti Tangga Mezzanine

12. Pintu Kayu konsep mezzanine

Sumber: pinterest (casavogue.globo.com)

Apakah bosan dengan tangga penghubung yang itu-itu saja? Coba ganti tangga tersebut dengan seluncuran. Jadi ada dua akses untuk menuju mezzanine, yaitu dengan naik menggunakan tangga biasa serta turun lewat seluncuran.

Tinggi Mezzanine

Pastinya untuk membuat ruang multifungsional yang satu ini tidak boleh sembarangan. Tinggi mezzanine harus disesuaikan agar apapun fungsinya nanti bisa terlaksana dengan baik. Lalu, berapa tinggi mezzanine yang pas?

Mezzanine adalah ruang yang cocok dibangun pada hunian beratap tinggi. Hal ini demi menyiasati kenyamanan rumah mezzanine itu sendiri. Sebab, jika tinggi hunian terlalu rendah, mezzanine akan terlihat sesak.

Normalnya hunian dengan tinggi minimal 4,5 meter sudah bisa dibangun mezzanine. Jika titik tengah diambil sebagai tempat ruang ini, setidaknya mezzanine dibuat pada ketinggian 2,1 meter di bawah atap.

Jadi, bukan hanya fungsional untuk menyimpan barang atau sebagai gudang saja, berbagai contoh desain mezzanine bisa dimanfaatkan sebagai ajang mempercantik hunian.

Sumber Dilansir Dari Laman

https://prospeku.com/artikel/mezzanine-adalah—3563