Museum Moja

Bingung mau cari tempat untuk jalan-jalan di Jakarta? Kamu sering tidak sih, merasa bosan dengan kegiatan bersama pasangan yang monoton, seperti jalan-jalan bersama yang pasti selalu ke mall lagi ke mall lagi, ke bioskop lagi ke bioskop lagi? Tetapi walaupun bosan, kamu tidak tau ya harus ke mana lagi? Padahal, masih banyak sekali tempat-tempat di Jakarta yang bisa kamu datangi bersama si dia, lho.

Sejumlah lokasi wisata serta restoran menawarkan suasana yang asyik untuk berfoto. Berikut beberapa tempat wisata di Jakarta yang Instagramable. Jakarta juga terdapat museum-museum baru yang lebih modern. Tetapi kamu tau nggak, dari banyak museum-museum itu, ada beberapa museum yang sudah berumur ratusan tahun bahkan merupakan museum tertua di Jakarta.

Jakarta merupakan tempat dari unsur-unsur tradisional dan modern dan juga terdapat beragam budaya dari seluruh penjuru Indonesia. Dimana walaupun padat, kota ini juga memiliki pesona yang indah sendiri dan menjadikan salah satu ibu kota yang paling menarik di Asia Tenggara. Jadi tidak heran terdapat tempat wisata di Jakarta yang beraneka ragam dan unik.

Ada beragam tempat wisata yang terdapat di Jakarta, mulai dari wisata alamnya hingga wisata sejarah seperti yang sudah dijabarkan diatas. Biasanya tempat wisatanya bertemakan taman hiburan, taman kota, wisata alam, wisata kuliner, wisata pendidikan ataupun wisata budaya. Jadi tidak perlu jauh-jauh untuk pergi ke luar kota karena mengunjungi tempat wisata Jakarta untuk sekedar jalan – jalan saja sudah seru banget.

Dibalik image ibukota negara yang sibuk dan padat dengan deretan gedung pencakar langit serta jalanan yang sering macet. Bila dilihat dari sudut yang berbeda, Jakarta memiliki pesona indah yang harus dikunjungi dan dijelajahi. Jadi, lupakan polusi dan kemacetannya, Jakarta memiliki banyak tempat wisata menarik yang wajib kamu datangi untuk berakhir pekan bersama keluarga tercinta. 

Tempat yang menarik di Jakarta saat ini memang sudah banyak dan beragam. Gerbang utama masuk ke Indonesia saat ini sudah mengembangkan potensi pariwisatanya. Banyak hal yang bisa dinikmati di kota terbesar nomor satu ini. Kota yang tidak pernah tidur ini semakin dikenal namanya ke kancah dunia. Keindahannya bisa dilihat lengkap. Mulai dari pulaunya, pantainya, wisata buatan, yang menjadi andalan kota-kota besar. Hiburan malamnya pun komplit.

Nah, berikut adalah beberapa tempat wisata di Jakarta yang cocok untuk menjadi referensi ngedate kamu dan keluarga tersayang!

12 Tempat Wisata Terbaik di Jakarta Yang Cocok Buat Nongkrong

1. Hutan Kota GBK

 Hutan Kota GBK
Hutan Kota GBK

Tahukah kamu ada ‘komplek’ cantik di kawasan Gelora Bung Karno (GBK)? Beragam rumah yang unik dan Instagramable bisa menjadi pusat selfie. Hutan kota di GBK ini dibangun sejak 2016. Akses masuk hutan kota bisa melalui pintu 5 GBK, tepat di seberang fX Sudirman. Tidak dikenakan biaya tiket masuk untuk ke hutan kota ini.

Baca Juga Ini 7 Spot Restoran Ramen Halal Terenak di Jakarta

2. Kalijodo

Kalijodo
Kalijodo

Buat kamu yang belum pernah ke Kalijodo bisa mencobanya hari ini. Kenapa? Beberapa area bisa membuat fotomu terlihat keren dan Instagramable. Tak ada tiket masuk untuk ke area ini.

3. Moja Museum

Moja Museum
Moja Museum

Sudah tahukah kamu tentang MoJa Museum? Anak millennial pasti tahu museum yang Instagramable ini. Bagaimana tidak, dekorasi bertemakan cinema art yang tertuang di dalamnya mampu ‘memanjakan’ mata serta mendapatkan foto menarik.

Kamu tertarik? MoJa Museum terletak di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan. Harga tiket masuknya 100 ribu weekdays dan Rp125 ribu weekend.’

Baca Juga Ini 5 Rekomendasi Thrift Shop Offline dan Online Yang Worth It Banget!

4. Museum MACAN

Museum MACAN
Museum MACAN

Sudah pernahkah kamu ke Museum MACAN? Jika belum, coba liburan ini main ke museum Instagramable tersebut. Terdapat banyak spot foto sekaligus pameran seni yang indah. Bahkan beberapa kesenian yang dipamerkan merupakan hasil desainer ternama Indonesia dan internasional. Harga tiket masuk Museum MACAN Rp100 ribu per orang. 

5. Planetarium Observatory

Planetarium Observatory
Planetarium Observatory

Daripada kamu dan pasangan hanya saling bergombal ria untuk memetik bintang, lebih baik ajak dia mengunjungi Planetarium yang berlokasi di Jakarta Pusat. Tempat ini mengusung tema luar angkasa dan merupakan wahana simulasi perbintangan dan benda-benda langit, di sini kamu dan pasangan bisa melihat berbagai bintang dan atraksi yang luar biasa!

6. Museum Tekstil

Museum Tekstil
Museum Tekstil

Tunjukkan rasa cinta tanah air kalian dengan mengikuti workshop batik di Museum Tekstil. Selain disuguhi sejarah kain dan motif batik serta cara membuatnya, kalian juga boleh ikut langsung unjuk kemampuan dan kesabaran membatik! Museum ini terletak di Jakarta Pusat.

7. Perpustakaan Nasional

Perpustakaan Nasional
Perpustakaan Nasional

Nongkrong tidak harus selalu bermesraan. Kamu dan pasanganmu juga bisa bersama-sama menambah pengetahuan dengan berkunjung ke Perpustakaan Nasional yang berlokasi di Jakarta Pusat. Dijamin kalian tidak akan merasa bosan karena Perpusnas ini benar-benar menakjubkan!

8. Hutan Mangrove PIK

Hutan Mangrove PIK
Hutan Mangrove PIK

Apakah kamu menyangka bahwa di Jakarta ternyata masih ada hutan mangrove? Hutan ini berlokasi di Pantai Indah Kapuk (PIK). Kamu dan pasangan bisa melepas kepenatan atas suasana perkotaan sambil berfoto-foto cantik. Di Hutan Mangrove PIK kamu juga bisa menyewa perahu, lho. Suasana nongkrong semakin romantis, deh!

9. Ocean Dream Samudra Ancol

Ocean Dream Samudra Ancol
Ocean Dream Samudra Ancol

Ajak pasanganmu melihat atraksi lumba-lumba yang menggemaskan dan berbagai atraksi lainnya di Ocean Dream Samudra Ancol. Tempat yang dulunya dikenal sebagai Gelanggang Samudra Ancol ini juga memiliki wahana bioskop 4D dengan film bertema lautan.

10. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu
Kepulauan Seribu

Geser sedikit ke sebelah utara Jakarta, kamu dan si dia bisa nogkrong sekaligus berlibur ke Kepulauan Seribu. Tidak perlu jauh-jauh ke Bali, kalian bisa menikmati indahnya pemandangan lautan sekaligus mengistirahatkan pikiran dari sibuknya kota Jakarta!

11. Museum Fatahillah (1707)

Museum Fatahillah (1707)
Museum Fatahillah (1707)

Berbeda dari sebelumnya, kamu bisa ngedate ke tempat bersejarah di Jakarta. Saat pemerintahan VOC, gedung yang telah dibangun pada tahun 1707 ini berfungsi sebagai balaikota, pengadilan, kantor catatan sipil, dewan Kotapraja, dan juga untuk warga yang beribadah di hari Minggu. Akhirnya pada tahun 1968 bangunan ini diserahkan kepada Pemda DKI Jakarta. Museum ini sempat berkali-kali berganti nama seperti Museum Oud Batavia, Museum Djakarta Lama, dan Museum Sejarah Jakarta. Pada tanggal 30 Maret 1974, museum ini diresmikan sebagai Museum Fatahillah oleh Gubernur DKI Jakarta pada masa itu. Di museum ini terdapat berbagai macam koleksi benda-benda peninggalan penjajahan Belanda seperti, meja, lukisan, lemari, dan lainnya.

12. Museum Wayang (1640)

Museum Wayang (1640)
Museum Wayang (1640)

Nah, kalau Museum Wayang ini diberi gelar sebagai museum tertua di Indonesia. Museum yang sudah ada sejak tahun 1640 ini didirikan oleh VOC, awalnya merupakan sebuah gereja bernama “De Oude Hollandsche Kerk”. Namun pada tahun 1936 gereja tersebut berubah menjadi pusat penelitian ilmu pengetahuan dan budaya.

Pada tanggal 22 Desember 1939, Gubernur Jendral Hindia Belanda, Stachouwer membukanya sebagai museum dengan nama “De Oude Bataviasche Museum” atau “Museum Batavia Lama”. Tetapi, pada tanggal 13 Agustus 1975 namanya diganti oleh Gubernur DKI Jakarta yang menjabat saat itu menjadi Museum Wayang yang dikenal hingga sekarang. Sekarang, Museum Wayang memamerkan 4 ribu wayang dari berbagai jenis dan bentuk. Mulai dari wayang beber, wayang golek kulit, wayang topeng, wayang rumput, boneka, hingga gamelan.

Nah, itulah rekomendasi tempat wisata di Jakarta dari khusus untuk kamu! Jadi, tempat mana yang akan kamu pilih bersama untuk keluarga tersayang?