rumah masuk cahaya alami

Cahaya alami yang masuk ke dalam rumah selalu lebih baik dibanding cahaya buatan. Hal ini membuat ruangan dipenuhi warna dengan spektrum yang kaya dan bisa meningkatkan kadar serotonin tubuh. Hal terbaik dari semuanya, cahaya alami tidak menguras tagihan listrik, alias gratis.

Banyak rumah tidak dibangun dengan mempertimbangkan cahaya alami. Selain menghadapkan rumah ke arah matahari, atau memindahkannya ke lokasi yang lebih terang, ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan untuk menambah cahaya alami di rumah.

Berikut beberapa tips merombak rumah yang secara signifikan meningkatkan cahaya alami interior rumah, dilansir dari The Spruce, Sabtu (5/6/2021).

Cat Atap dengan Warna Putih

Serambi yang dibuat oleh atap dinamakan sofit. Entah dibiarkan sebagai atap terbuka atau ditutup dengan soffit horizontal. Bagian ini memantulkan cahaya alami dan mengirimkannya ke dalam rumah

Mengecat atap dengan warna putih adalah salah satu cara untuk meningkatkan cahaya alami di setiap ruangan di rumah. Walaupun warna eksterior rumah berbeda, pemilik tetap bisa mengecat atap hanya dengan warna putih. Karena kemiringan atap, tampilan tidak akan terpengaruh dan hanya akan terlihat dari dalam rumah.

Gunakan Cat Dinding dan Langit-Langit yang Lebih Ringan dan Cerah

Mengecat dinding dan langit-langit dengan warna putih atau warna terang lainnya mungkin tampak seperti cara yang mudah untuk menambahkan lebih banyak cahaya. Tetapi jika tidak terlalu yakin, pertimbangkan tip berikut:

Warna dinding interior adalah cara nomor satu untuk memantulkan cahaya alami kembali ke ruangan. Putih adalah yang paling terang. Jika tidak suka, lihatlah warna putih dengan tone warna lain.

Langit-langit itu penting: Kebanyakan langit-langit berwarna putih karena alasan memantulkan cahaya. Warna putih datar lebih disukai daripada kilau mengkilap karena lapisan matte mengurangi silau, dan langit-langit tidak memerlukan cat glossier yang mudah dibersihkan karena tidak sering tersentuh, seperti dinding dan trim.

Ubah Dinding dengan Cat Gloss Lebih Tinggi

Semakin tinggi tingkat kilapnya, maka semakin tinggi pantulan cahayanya. Dengan kata lain, dengan menggunakan cat glossy untuk dinding, akan memberikan efek seperti cermin. Dan pada dasarnya, cermin memantulkan cahaya.

Gunakan Kaca atau Ubin yang Sangat Reflektif

Ubin kaca adalah hal terbaik berikutnya untuk memasang cermin di backsplash dapur atau kamar mandi. Dalam cahaya yang tepat, ubin kaca memantulkan hampir 100 persen cahaya.

Pilihan kedua, pasang ubin keramik yang sangat mengkilap untuk efek reflektif yang hampir sama. Bandingkan bahan backsplash refleksi rendah seperti beton atau kayu dengan backsplash ubin putih biasa. Untuk refleksi maksimal, nyalakan lampu lebih banyak lagi dan pasang ubin backsplash metalik.

Ganti Dinding dengan Blok Kaca

Bukan perbaikan termudah tetapi efektif, mengganti bagian dinding eksterior dengan blok kaca membawa cukup banyak cahaya alami di mana jika tidak, tidak ada cahaya yang masuk ke rumah dari luar ruangan.

Balok kaca bukanlah pengganti struktural untuk sistem tiang dinding, jadi tajuk harus dipasang di atas bagian balok, seperti yang dilakukan pada unit jendela atau pintu.

Pasang Skylight di Plafon

Skylight adalah cara yang luar biasa efektif untuk menarik cahaya alami. Bahkan, skylight sering disebut jendela untuk atap. Skylight tidak hanya menghadirkan area kaca sebanyak jendela berukuran sedang, tetapi juga menghadap ke atas, dimana matahari berada.

Skylight menghadirkan cahaya yang lebih konsisten daripada kebanyakan jendela karena skylight cenderung tidak dibayangi oleh objek luar ruangan, dan sinar matahari yang dipantulkan dari awan langsung masuk ke dalam rumah.

Tambahkan Fitur atau Aksesoris Reflektif

Saat sinar matahari terpantul di chandelier, ia mengirimkan lebih banyak cahaya ke ruangan. Dan lampu gantung bahkan tidak perlu dinyalakan agar ini terjadi. Pikirkan tentang elemen ruangan yang mengkilap dan reflektif seperti cermin, sconce, dan kenop kabinet yang mengkilap.

Sumber Dilansir Dari Laman

https:// economy. okezone. com /read/2021/06/04/470/2420018/bikin-rumah-terang-dengan-cahaya-alami-begini-caranya?page=2