7 Fasilitas Perumahan Subsidi yang Kalian Dapatkan Kalau Membeli Rumah Subsidi

Saat ini, pemerintah sudah menyediakan yang namanya fasilitas perumahan subsidi untuk masyarakat kurang mampu dan belum memiliki hunian. Dalam hal ini, Anda perlu mengetahui apa saja fasilitas-fasilitas yang akan mendukung berjalannya program ini agar nanti bisa menentukan pilihan dengan baik.

Baca Juga: Kreasi Prima Land Dianugerahi Penghargaan “The Most Inspiring Developer” oleh Bank BTN Syariah Bekasi

Apa Itu Perumahan Subsidi?

Manfaat dan Tantangan Perpanjangan Tenor KPR Hingga 35 Tahun

Perumahan subsidi adalah sebuah kredit atau pembiayaan kepemilikan rumah dengan bantuan kemudahan perolehan hunian dari pemerintah dengan dana yang murah. Ini biasanya diperuntukan bagi masyarakat kurang mampu untuk memudahkan mereka memiliki hunian yang nyaman.

Dari tahun ke tahun, permintaan rumah subsidi terus mengalami peningkatan karena semakin banyak keluarga muda yang membutuhkan hunian untuk memenuhi kebutuhan mereka. Dalam hal ini, pemerintah memperkuat langkah tersebut dengan menyediakan 220.000 unit rumah subsidi.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh masyarakat jika menggunakan rumah subsidi ini, mulai dari harganya yang sangat terjangkau, lokasi strategis, fasilitas lengkap, dan aksesibilitas menuju berbagai tempat juga mudah, sehingga akan sangat membantu dalam mendukung kegiatan sehari-hari.

Fasilitas Perumahan Subsidi

Pengertian Take Over KPR, Syarat, Jenis-jenis, Keuntungan dan Kerugian Memilihnya

Ada beberapa fasilitas yang harus ada di dalam lingkup perumahan subsidi yang harus dipenuhi oleh pemerintah untuk mendukung berjalannya aktivitas masyarakat di lingkungan tersebut. Jika Anda belum terlalu tahu mengenai hal tersebut, simak penjelasan lengkap dan detailnya di bawah ini!

1. Drainase

Perumahan Pakis Plus by Kreasi Prima Land

Fasilitas perumahan subsidi yang pertama yakni berupa saluran drainase. Ini termasuk ke dalam fasilitas yang penting karena dapat membantu mencegah masalah seperti banjir saat musim penghujan datang. Apalagi di pemukiman padat penduduk, jangan sampai lahan resapan air sedikit atau tertutup.

Dengan adanya drainase yang dijadikan sebagai wadah dalam mengendalikan aliran air dari permukaan ke tanah, pemerintah dapat meminimalisir terjadinya bencana dengan baik, salah satunya banjir yang seringkali menghantui masyarakat. Selain itu, pemilihan tipe drainase juga penting untuk diperhatikan.

2. Akses Jalan

3.-kepastian-dalam-pembangunan

Akses jalan juga menjadi hal yang krusial atau penting dan harus ada di perumahan subsidi. Jalan yang disediakan dengan baik dapat membantu mobilitas atau kelancaran aktivitas dari penduduk di lingkungan tersebut terutama jika ingin bekerja, menggunakan fasilitas umum, hingga infrastruktur di sekitarnya.

Umumnya, perumahan subsidi ini dilengkapi dengan akses jalan kecil yang bisa dilalui oleh pemotor maupun pejalan kaki. Selain itu, untuk lebar jalannya mulai dari 3 sampai 6 meter. Dengan akses jalan yang bagus, tentu aktivitas penduduknya menjadi lebih lancar dengan kendala yang sesedikit mungkin.

3. Ruang Terbuka Hijau

9.-Ruang-Terbuka-Hijau Penerapan Konsep Pembangunan Perumahan Subsidi Berkualitas

Fasilitas perumahan subsidi yang berikutnya dan harus disediakan oleh pemerintah adalah ruang terbuka hijau atau RTH. Dengan adanya area ini, penduduk bisa melakukan aktivitas di luar ruangan yang lebih nyaman karena tempat ini juga dapat dijadikan sebagai area bersantai setelah berkegiatan.

Tidak hanya itu saja, ruang terbuka hijau juga dapat membuat sekitar perumahan terlihat lebih asri sehingga akan banyak orang tertarik untuk memiliki rumah di lingkungan tersebut. Selain itu, RTH berperan penting dalam menjaga lingkungan menjadi lebih sehat serta membantu menyegarkan udara.

4. Taman Bermain

10.-Taman Bermain Anak Sarana Olahraga Penerapan Konsep Pembangunan Perumahan Subsidi Berkualitas

Taman bermain juga menjadi salah satu fasilitas perumahan subsidi yang harus pemerintah sediakan. Dengan kelengkapan fasilitas tersebut, penduduk akan merasa nyaman berada di lingkungan tersebut, terutama bagi mereka yang memiliki anak kecil karena tidak perlu lagi jauh-jauh ke luar perumahan.

Selain bisa menjadi tempat untuk bermain anak-anak dan keluarga, area ini juga dapat dijadikan sebagai area bersosialisasi antar warga agar hidup rukun terjalin dengan baik. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh pemerintah juga penduduk yang berada di perumahan jika memiliki taman bermain ini.

5. Tempat Ibadah

8.-Dibangun-Sarana-Ibadah-Masjid-dan-Pendidikan

Fasilitas penting yang tidak boleh dilupakan adalah tempat ibadah. Sebagai warga negara yang berketuhanan yang maha esa, sudah seharusnya pemerintah menyediakan tempat untuk beribadah bagi masyarakatnya. Karena mayoritas penduduk di Indonesia beragam Islam, maka sebaiknya menyediakan masjid.

Namun, akan lebih baik jika menyediakan beberapa tempat ibadah lain yang sesuai dengan penduduk di perumahan tersebut. Dengan adanya fasilitas ini, warga bisa lebih mudah untuk melakukan kegiatan ibadah bersama terutama saat hari-hari besar, seperti idul fitri, idul adha, dan lain sebagainya.

6. Pos Keamanan

Ketahui Syarat KPR Rumah Bandung Bersubsidi Sebelum Membeli Hunian

Untuk menjaga keamanan warga dan seisinya, pemerintah harus menyediakan yang namanya pos keamanan di dalam perumahan subsidi untuk meningkatkan kualitasnya. Dengan adanya fasilitas ini, warga tidak akan merasa was was atau khawatir selama berada di lingkungan perumahan.

Apalagi sekarang marak sekali terjadi yang namanya pencurian. Untuk membangun kepercayaan warga, pemerintah harus bisa memastikan jika perumahan yang mereka tempati aman dari hal-hal negatif seperti itu. Pos keamanan ini dapat diletakkan di pintu masuk ke perumahan subsidi agar lebih terjaga.

7. Sumber Air Bersih

11.-Pengelolaan-Air-Bersih-Terpadu Penerapan Konsep Pembangunan Perumahan Subsidi Berkualitas

Air menjadi komponen paling penting dalam hidup, karena memiliki fungsi yang cukup banyak untuk sehari-hari, seperti mencuci, mandi, minum, dan lain sebagainya. Pemerintah harus memberi sumber air bersih untuk masyarakat perumahan gunakan agar bisa menunjang kehidupan sehari-hari mereka.

Tanpa adanya air bersih, tentu kegiatan akan terhambat sehingga membuat warga kesusahan. Selain itu, semua memiliki hak untuk mendapatkan air bersih dalam membantu memenuhi kebutuhan hidup mereka setiap harinya.

Lihat Juga Video Akad Rumah Subsidi Bandung dari Kreasi Prima Land

Itu tadi informasi berkaitan dengan fasilitas perumahan subsidi yang harus ada dan diketahui oleh masyarakat. Dengan adanya program ini, diharapkan penduduk Indonesia bisa memiliki rumah yang layak, sehingga semua aktivitas yang mereka lakukan setiap harinya dapat berjalan sesuai rencana.