rumah subsidi syariah pesona prima cikahuripan 6

Pembiayaan Syariah sangat ideal bagi Anda yang memutuskan untuk beli rumah tanpa riba. Sebab cicilan Pembiayaan syariah tidak disertai bunga dan bersifat tetap hingga masa angsuran berakhir. Ada beberapa tipe Pembiayaan yang dapat Anda sesuaikan dengan kemampuan Anda.

Perbanyak riset dan bertanya sebelum membeli rumah 

Jika Anda ingin beli rumah dengan membeli secara syariah sangat ideal bagi Anda Sebab cicilan rumah syariah tidak disertai bunga dengan syariat islam hingga masa angsuran berakhir. Ada beberapa cara beli rumah tanpa riba yang dapat Anda sesuaikan dengan kemampuan Anda.

 Membeli rumah dengan metode Pembiayaan alias Kredit Pemilikan Rumah adalah opsi paling mudah memiliki rumah dengan biaya yang ringan. Meski begitu, sistem Pembiayaan bank konvensional dianggap bukan solusi ideal bagi muslim.

Alasannya karena pinjaman berbunga identik dengan riba yang diharamkan dalam agama Islam. Untuk itu, banyak orang beralih menggunakan pembiayaan rumah melalui perbankan berbasis syariah agar bisa membeli rumah tanpa riba. 

A. 5 Cara Beli Rumah Tanpa Riba dengan Skema Syariah

Ada 5 metode beli rumah tanpa riba dalam skema Pembiayaan . Meski sifatnya sama-sama mencicil, konsekuensinya berbeda. 

1) Murabahah

Cara beli rumah tanpa riba ni adalah transaksi jual beli dengan mekanisme pembayaran yang dapat ditangguhkan, baik itu dicicil secara berkala atau ditanggungkan untuk dilunaskan pada akhir periode. Namun, umumnya bank menggunakan pembayaran cicilan untuk menjaga kesehatan kondisi keuangannya.

Hal yang berbeda dari murabahah adalah penjual harus memberitahu pembeli mengenai harga pokok objek penjualannya. Jadi, kedua belah pihak dapat melakukan tawar menawar harga. Dalam hal ini, bank bisa melakukan negosiasi harga mengenai rumah yang akan dijual atau dibeli.

2) Istishna

Beli rumah tanpa riba istishna erupakan transaksi jual beli dengan pesanan, di mana pihak pembeli memesan suatu barang untuk dibuatkan baginya, dan pembayarannya dapat dilakukan lunas atau bertahap dalam jangka waktu yang disepakati.

Model pembelian ini sangat pas untuk perumahan yang dibeli secara indent. Bedanya, nasabah alias pembeli mempunyai hak untuk memperoleh jaminan dari penjual (bank) atas jumlah yang telah dibayarkan dan penyerahan barang pesanan sesuai dengan spesifikasi dan tepat waktu.

3) IMBT (Ijarah Muntanhia Bittamlik) atau Sewa Beli (Leasing Syariah)

Beli rumah tanpa riba IMBT adalah sewa yang disertai jual beli yang menyebabkan perpindahan kepemilikan barang dari penjual yang menyewakan kepada pembeli yang menyewa, dengan ketentuan penyewa membayar angsuran tertentu dalam waktu tertentu.

Apabila penyewa telah menyempurnakan pembayaran sewanya dalam waktu yang telah disepakati, maka kepemilikan akan pindah menjadi milik penyewa. Namun, jika penyewa tidak dapat melunasi sesuai kesepakatan maka transaksi batal dan barang kembali menjadi milik penjual.

Transaksi ini merupakan rekayasa tepat dari para penjual untuk menjaga kepemilikan barang dagangannya sampai waktu pembayaran sempurna seluruhnya.

4) Pembiayaan Syariah

Cara beli rumah tanpa riba dengan Pembiayaan syariah seperti dijelaskan dalam situs resmi OJK, pada KPR syariah, yang ditransaksikan adalah barang (dalam hal ini rumah) dengan prinsip jual-beli (murabahah). Dalam transaksi beli rumah tanpa riba, bank syariah ‘seakan’ membeli rumah yang diinginkan konsumen dan menjualnya kepada konsumen tersebut dengan cara dicicil. Pembiayaan Syariah juga tidak mengenakan bunga, namun bank mengambil margin keuntungan dari harga jual rumah.

Pembiayaan Syariah yang ditawarkan oleh bank syariah menerapkan prinsip syariah beli rumah tanpa riba. Perbedaan yang paling menonjol antara Pembiayaan yang ditawarkan oleh bank konvensional dengan Pembiayaan syariah terletak pada proses transaksi. Pada Pembiayaan konvensional yang dilakukan adalah transaksi uang, sedangkan Pembiayaan syariah melakukan transaksi barang.

Pembiayaan Syariah tidak menerapkan sistem bunga tetapi menggunakan perhitungan margin, bagi hasil atau ujrah tergantung pada akad yang digunakan. Hal yang menjadi salah satu daya tarik dari beli rumah tanpa riba Pembiayaan Syariah adalah berbagai jenis akadnya. Dikutip dari PermataBank, jenis akad dalam pembiayaan Pembiayaan Syariah bergantung pada penggunaanya. Secara umum akad dalam pembiayaan Syariah antara lain: Akad Jual Beli (Murabahah), akad sewa beli (IMBT) dan akad yang berdasarkan kesepakatan kepemilikan porsi (Musyarakah Mutanaqisah).

5) Pengembang Properti Syariah

Kreasi Prima Land dalam melakukan penjualan perumahan subsidi syariah juga menerapkan penjualan rumah dengan cicilan tanpa bank. Jadi, Anda dapat beli rumah langsung dengan mencicil langsung kepada pengembang.

Pengembang syariah menerapkan beli rumah tanpa riba syariah dalam praktik-praktik operasional mereka, mulai dari segi legalitas hukum, akad transaksi, pembiayaan, proses pembangunan, hingga serah terima kunci.

Akad Rumah Subsidi Syariah Pesona Prima Cikahuripan 6

Akad Rumah Subsidi dengan Bank Syariah Indonesia BSI dan BTN Syariah di Pesona Prima Cikahuripan 6

Proses pengecekan kemampuan membayar tidak melalui BI Checking (iDeb SLIK) seperti pada Pembiayaan Bank. Setelah harga dan tenor disepakati, Anda akan berurusan dengan pihak developer serta notaris yang ditunjuk. Pastikan bahwa riwayat kredit Anda tidak bermasalah. Sebab hal ini akan mempengaruhi pengajuan pembelian rumah melalui pengembang syariah.

B. Pertimbangan Memiliki Properti dengan Beli Rumah Tanpa Riba

rumah subsidi syariah pesona prima cikahuripan 6

Rumah Subsidi Pesona Prima Cikahuripan 6

Jika cicilan KPR konvensional berubah-ubah sesuai suku bunga, cicilan beli rumah tanpa riba syariah bersifat tetap karena total cicilan sudah ditetapkan lebih dulu. Itu mengapa, Pembiayaan syariah sangat ideal bagi Anda yang memutuskan untuk beli rumah tanpa riba.

Selain itu, yang membedakan KPR konvensional dengan syariah adalah KPR konvensional meminjamkan uang kepada konsumen, yang akhirnya uang tersebut dialihkan kepada pengembang (developer).

Sementara dengan sistem syariah, bank membeli rumah dari pengembang dan menjualnya kembali dengan harga yang dinaikkan atau jual atau sewa kepada konsumen. Nah, mungkin Anda mulai penasaran dan ingin mulai melihat rekomendasi properti dengan Pembiayaan Syariah. 

C. Kelebihan dan Kekurangan Pembiayaan Syariah

Akad Rumah Subsidi Syariah Pesona Prima Cikahuripan 6

Transaksi jual beli rumah dilakukan dengan akad di Pesona Prima Cikahuripan 6 

Seperti produk pembiayaan lainnya, tentu saja beli rumah tanpa riba dengan Pembiayaan ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebagai bahan pertimbangan Anda, berikut tabel kelebihan dan kekurangannya untuk lebih memahami  dalam memutuskan skema beli rumah tanpa riba.

No kelebihan Kekurangan
1 Cicilan bersifat tetap, tidak tergantung pada suku bunga Bank Indonesia. Tidak dapat menikmati keuntungan saat bunga bank turun.
2 Ketika ingin melunasi pembayaran lebih awal, bank syariah tidak akan mengenakan penalti atau denda seperti pada KPR konvensional. Pada keterlambatan tertentu akan tetap dikenakan biaya denda dengan skema tertentu yang jumlahnya lebih besar dari bank konvensional.
3 Dapat melakukan perencanaan keuangan bagi keluarga karena sifat cicilan yang tetap. Angka DP (down payment) yang dibutuhkan di awal jumlahnya cukup besar.
4 Proses lebih tepat dengan persyaratan yang mudah sesuai dengan prinsip syariah. Pilihan tenor lebih pendek dibandingkan KPR konvensional, yaitu 10-16 tahun

D. Tips Aman Beli Rumah Agar Tidak Terkena Penipuan 

Perbanyak riset dan bertanya sebelum membeli rumah tanpa riba.

Banyak oknum yang melabeli produk jualannya dengan beli rumah tanpa riba dengan biaya murah. Tapi awas, jangan sampai Anda terlena dan terkena penipuan bodong. Berikut ini tips aman yang harus diperhatikan ketika ingin beli rumah tanpa riba antara lain:

  • Pahami Sistem Pembayaran Syariah, transaksi tanpa adanya bunga dan denda, akad jual atau beli tanpa ada perantara (bank) harus dilakukan langsung oleh pemilik dan pembeli, harga jual tidak akan berubah sejak akad, tidak ada asuransi, tanpa adanya hak sita jika pembeli mengalami kendala keuangan dan tak sanggup melunasi cicilan.
  • Perhatikan Dokumen Penting saat Beli Rumah, jangan mudah tergiur dengan harga murah. Hal paling penting yang harus diperhatikan terlebih dahulu adalah Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB), Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan site plan yang dimiliki oleh pengembang perumahan yang bersangkutan.
  • Cek Kelegalan Pengembang Properti di SIRENG, jika ingin beli rumah tanpa riba lewat pengembang properti, sebaiknya cek kelegalan pengembang tersebut di aplikasi Sistem Registrasi Pengembang (SIRENG) atau akses langsung di sireng.pu.go.id dan Asosiasi Pengembang Syariah.
  • Cermat Sebelum Membeli, cermat sebelum beli rumah tanpa riba jika tak ingin merugi di kemudian hari karena ditipu oleh pengembang properti abal. Sebaiknya jangan hanya melihat harga yang murah saja, tapi lihat juga secara keseluruhan mengenai informasi pengembang perumahannya.

Ternyata beli rumah tanpa riba memiliki berbagai keuntungan dan kekurangannya tersendiri. Kini Anda jadi lebih paham setelah membaca panduannya. Jika sudah memutuskan akan mengambil skema beli rumah tanpa riba, lakukan riset mendalam mengenai Pembiayaan Syariah dan pengembang yang bersertifikat. Semoga artikel ini bisa membantu Anda.

Sumber Dilansir Dari Laman :

https://www.rumah.com/panduan-properti/tips-beli-rumah-tanpa-riba-8418