puasa arafah idul adha

Umat muslim seluruh dunia tak lama lagi akan menyambut hari raya Idul Adha yang jatuh pada 10 Dzulhijjah 1442 H atau 20 Juli 2021. Ada banyak amalan yang biasa dilakukan umat muslim jelang hari raya Idul Adha, salah satunya adalah puasa Arafah. Lantas apa hukum puasa Arafah bagi umat muslim? Selain itu, apa saja keutamaan-keutamaan yang akan didapatkan dengan melaksanakan puasa Arafah?

Niat Puasa Arafah

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Nawaitu Shauma Ghadin ‘an ada’i sunnati Arafah lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Arafah esok hari karena Allah SWT”.

Tata Cara Puasa Arafah

Menurut buku Buku Pintar Puasa Wajib dan Sunnah yang ditulis oleh Nur Solikhin, tata cara pelaksanaan puasa arafah secara syariat sama dengan puasa yang lain. Bedanya hanya pada waktu pelaksanaan dan niatnya. Berikut ini tata caranya.

1. Membaca niat puasa arafah;

2. Disunnahkan makan sahur;

3. Menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa arafah, yaitu menahan makan dan minum, serta hawa nafsu sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari; dan

4. Berbuka setelah adzan Magrib.

Baca Juga 9 Menu Olahan Makanan Daging Qurban Idul Adha

Hukum Puasa Arafah 

Sebagaimana diketahui, sehari jelang hari raya Idul Adha, kaum muslim di seluruh dunia dianjurkan untuk berpuasa. Puasa tersebut dikenal dengan nama puasa Arafah atau puasa Idul Adha. 

Kapan Puasa Arafah

Puasa Arafah merupakan puasa sunnah yang bertepatan dengan ritual wukuf  jamaah haji di  Arafah. Puasa Arafah dilaksanakan setiap tanggal 9 Dzulhijjah. Dalam kalender Masehi, tahun ini puasa Arafah bertepatan pada Senin, 19 Juli 2021, sehari jelang Idul Adha yang jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021.

Melansir dari muslim.or.id, hukum puasa Arafah ialah sunnah muakkadah. Sunnah muakkad puasa Arafah merupakan jenis amal ibadah yang sangat dianjurkan bagi umat muslim yang tidak sedang menjalankan ibadah haji. Sementara itu, bagi umat muslim yang sedang melaksanakan ibadah haji tidak perlu melaksanakan puasa Arafah.

Keutamaan Puasa Arafah

Lantas apa saja keutamaan puasa arafah? Melansir dari laman pba.iain-jember.ac.id, keutamaan puasa Arafah yaitu dapat meleburkan dosa-dosa kecil pada tahun lalu dan tahun yang akan datang.

Hal ini berdasarkan sabda Rasullullah SAW dalam Hadist Imam Muslim yang artinya:

“Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR Muslim)

Mayoritas ulama berpendapat, dosa yang dihapuskan oleh amalan puasa arafah yaitu dosa-dosa kecil sepanjang satu tahun lalu dan setahun yang akan datang. Adapun keutamaan puasa Arafah berdasarkan hadits riwayat Imam Baihaqi melalui Sayyidah Aisyah RA, yang artinya:

“Dari Sayyidah Aisyah RA, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, ‘(Keutamaan) Puasa hari Arafah seperti puasa 1000 hari (di luar hari Arafah),’” (HR Baihaqi).

Demikian penjelasan tentang hukum puasa Arafah sebelum Hari Raya Idul Adha nanti. Sebagai umat muslim sebaiknya anda jangan lupa mengamalkannya sebab keutamaan puasa arafah sangat besar. Semoga Allah SWT memberi berkah untuk kita semua.

Sumber Dilansir dari laman 

https://www.suara.com/news/2021/06/29/170215/hukum-puasa-arafah-sebelum-hari-raya-idul-adha?page=all

https://news.detik.com/berita/d-5622725/kapan-puasa-arafah-2021-ini-jadwal-niat-dan-tata-caranya

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KREASI PRIMA LAND BANDUNG (@kreasiland.bandung)

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Official PT. Kreasi Prima Land (@kreasiland.bogor)