KPN Membangun Peradaban Baru Lewat Rumah Subsidi Kreasi Prima Land

PT Kreasi Prima Nusantara/PT KPN (Kreasi Prima Land) konsisten membangun peradaban baru lewat perumahan bersubsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Langkah itu juga tercermin dalam proyek ke-8, yakni Pesona Prima 8 Banjaran, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat yang pembangunannya dimulai Minggu (7/7/2024).

“Kami selalu berusaha untuk membangun peradaban baru melalui penyediaan perumahan subsidi yang berkualitas dan berkelanjutan bagi masyarakat serta diharapkan dapat membantu program pemerintah yaitu Program Sejuta Rumah (PSR),” kata Hadiana, direktur utama KPN dalam keterangan tertulisnya, Senin (8/7/2024).

Grand Opening Perumahan Pesona Prima 8 Banjaran Wujud Nyata Hunian Terjangkau Bagi Masyarakat

Pesona Prima 8 Banjaran terletak sekitar 8 kilometer dari Pintu Tol Soreang serta dekat dengan berbagai fasilitas publik seperti sekolah, rumah sakit, dan Pusat Pemerintahan Kabupaten Bandung.

Menurut Hadiana, pihaknya memilih lokasi tersebut karena secara umum potensi pasarnya masih sangat baik, termasuk di wilayah Kabupaten Bandung yang masuk dalam 3 besar kab/kota di Jawa Barat dengan jumlah industri terbanyak per tahun 2023.

“Kondisi tersebut tentunya membutuhkan dukungan dari sektor perumahan untuk penyediaan hunian yang layak dan terjangkau bagi para pekerja. Apalagi perumahan ini juga menjadi perumahan subsidi yang terdekat dari Pintu Tol Soreang,” ungkapnya.

Hadiana berharap, adanya perumahan ini juga dapat mengangkat protensi ekonomi lokal dengan melibatkan seluruh potensi lokal yang ada melalui kolaborasi dan sinergi positif antar komponen.

“Hingga saat ini beberapa kolaborasi yang sudah ada yaitu pekerja harian, supplier, toko bangunan, tenaga keamanan dan masih banyak lagi kedepannya,” kata Hadiana.

Sama seperti proyek-proyek perumahan KPN sebelumnya, Perumahan Pesona Prima 8 Banjaran juga dibangun dengan kualitas terbaik, bahkan tak kalah dengan rumah komersial.

KPN membangun rumah dengan kualitas terbaik dikelasnya yaitu dengan double dinding, desain minimalis, dan penggunaan material yang sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Juga didukung dengan penyediaan sarana dan prasarana yang berkualitas bagi para penghuni. Mulai dari gerbang one gate system, pos security + cctv 24 jam, sarana ibadah masjid, sarana pendidikan, taman bermain anak, sarana olahraga, ruang terbuka hijau, dan pohon buah untuk setiap unit rumah.

Rencananya, di Pesona Prima 8 Banjaran akan ada sebanyak 497 rumah yang dibangun di atas lahan seluas 6,1 hektare.

Perumahan ini menyediakan 4 tipe rumah, yaitu Pakis 30/60, Palem 36/72, Mahoni 36/84, dan Toko 30/50.

 

“Kami targetkan penjualan seluruh unit perumahan akan selesai dalam waktu kurang dari satu tahun sejak proyek diluncurkan pada 7 Juli 2024 ini,” kata Hadiana.

Untuk pembiayaan KPR konsumen, pengembang telah menjalin kerja sama dengan BTN Syariah dan Bank Syariah Indonesia (BSI).

“Untuk legalitas rumah konsumen akan kami berikan dalam kondisi sudah SHM atas nama konsumen tanpa biaya tambahan dikemudian hari,” tambah Hadiana.

Adapun pembangunan unit hunian di Pesona Prima 8 Banjaran akan dimulai pada Juli 2024 dan ditargetkan serah terima perdana kepada konsumen November 2024.

Hingga kini, dari tujuh proyek yang sudah dikembangkan, KPN membangun dan menjual total sebanyak 2.656 rumah di atas total lahan sekitar 30 hektare, dan lebih dari 95% unit tersebut adalah rumah subsidi untuk MBR.

Proyek pertama KPN digulirkan pada 2008, yaitu perumahan Pesona Prima Karanggan di Bogor seluas 4 hektare dengan total unit 344.