Renovasi Teras Rumah Subsidi Kreasi Prima Land

Ada beberapa developer yang membuat aturan tentang renovasi teras rumah subsidi. Sebagian besarnya tidak mengizinkan, namun ada juga yang mengizinkan dengan ketentuan tertentu. Terlepas dari itu, sebagai pemilik rumah juga harus memperhatikan banyak hal dalam merenovasi terasnya.

Kunci Sukses Renovasi Teras Rumah Subsidi

Renovasi Teras Rumah Subsidi Kreasi Prima Land

Setiap pembangunan harus melalui proses evaluasi dan perencanaan yang matang. Begitu pula dengan renovasi, walaupun hanya bagian teras namun pemilik rumah tetap perlu merencanakan hal ini. Berikut kunci sukses renovasi teras untuk para pemilik rumah subsidi di Indonesia.

Follow akun twitter kami untuk update rumah subsidi Bandung

1. Fungsi Optimal Teras Rumah

Renovasi Rumah Subsidi Bagian Depan Kreasi Prima Land

Teras bukan hanya sekedar hiasan di depan rumah sebelum ke jalan utama. Bagian satu ini memiliki 4 fungsi penting yang seringkali orang lupakan. Pertama adalah sebagai area transisi, dari luar rumah, menuju ke dalam. Kemudian teras juga menjadi tempat bersantai ria bagi penghuni dan kerabatnya.

Teras juga bisa berfungsi sebagai area menerima tamu. Menurut ajaran adat jawa dahulu, biasanya tamu yang tidak terlalu dekat dengan pemilik akan diterima di teras, tidak masuk ke ruang tamu. Kemudian teras pun dapat berperan sebagai arena bermain bagi anak sebagai langkah awal mengenal alam.

2. Desain Teras Minimalis yang Memukau

Rumah Subsidi Pesona Prima 7 Rajamandala Type 30 60 Pakis Cipatat Bandung Barat Cianjur

Bagi sebagian besar orang, memilih desain teras termasuk hal sulit. Untuk mempermudahnya, Anda bisa bergantung pada keinginan dan fungsi utama. Misalnya jika ingin teras berfungsi sebagai tempat santai dan area bermain, maka bisa gunakan desain minimalis dan ceria.

Namun jika penghuni rumah ingin menjadikan teras mereka sebagai tempat nongkrong, maka usahakan mirip dengan konsep coffee shop atau tempat yang biasa mereka datangi. Melalui hal itu maka penggunaan teras jadi lebih maksimal dan nyaman untuk jangka panjang.

3. Material Tahan Lama Untuk Teras

Mengingat teras terletak di luar rumah, maka artinya akan bersentuhan langsung dengan hujan, panas matahari, dan angin. Berdasarkan hal itu maka harus memilih material yang tahan lama. Selain itu juga perlu memeprtimbangkan biaya dan cara perawatannya, jangan sampai terlalu sulit atau mahal.

Adapun contoh material yang bisa Anda gunakan adalah aluminium untuk referensi furniture dari logam. Kemudian ada juga polystone sebagai batu buatan yang lebih tahan lama. Selain itu bisa juga gunakan anyaman rotan sintetis, namun pastikan halaman teras memiliki atap agar tidak bersentuhan langsung dengan cuaca.

4. Pencahayaan Estetis dari Teras

Teras juga membutuhkan akses pencahayaan yang baik, tidak hanya bergantung dengan lampu utama atau sinar matahari. Pemilik rumah harus memikirkan cara lain agar tampilan teras jadi lebih estetis dan nyaman. Misalnya seperti menggunakan lampu LED di bawah meja atau kursi.

Kemudian juga bisa mempertimbangkan penggunaan standing lamp di sudut atau lampu taman. Untuk suasana yang lebih hangat di malam hari, pastikan Anda menggunakan cahaya lampu sedikit kuning, namun juga tidak terlalu redup. Anda juga bisa gunakan beberapa tanaman rambat untuk menghalau sinar matahari langsung.

5. Tanaman Hias Cocok Untuk Renovasi Teras Rumah Subsidi

Tidak semua ornamen tumbuhan cocok untuk teras, terlebih lagi jika mengingat karakteristik tanaman itu sendiri. Beberapa yang cocok adalah Philodendron, Calathea, Coleus, Dracaena, dan tumbuhan laba-laba. Anda juga bisa menggunakan puring atau Codiaeum variegatum dan pakis.

Jika ingin memiliki tanaman rambat untuk menghalau sinar matahari langsung maka bisa gunakan Japanese Wisteria, English Ivy, Sirih Gading,Black Eyed Susan Vine, Dischidia Geri, Lee Kuan Yew. setelah menemukan jenis tanaman yang tepat, jangan lupa untuk perhatikan juga perawatannya.

6. Perabotan Outdoor Untuk Teras

Cari Tahu Cara Kredit Rumah Subsidi Sebelum Beli Hunian Baru - Taman Bermain

Pada dasarnya, pemilihan peralatan saat renovasi teras rumah subsidi tergantung juga pada desain yang Anda pilih. Apakah itu menggunakan konsep minimalis, homies, kayu, atau yang lainnya. Untuk gaya minimalis, pemilik rumah bisa coba gunakan sofa dengan rangka alumunium, sepaket bersama mejanya.

Jika menggunakan konsep kayu maka pilihlah kursi teras yang juga senada, baik itu kayu jati, mahoni, atau rotan. Namun apabila pemilik rumah memilih desain sederhana atau lesehan (duduk di lantai) maka beli karpet yang lembut. Tidak lupa dengan bantal duduk atau bisa pilih beanbag.

7. Kiat Renovasi Teras Rumah Subsidi yang Hemat

Merenovasi teras rumah memang tidak memakan biaya terlalu besar. Namun beda cerita ketika ingin memiliki banyak ornamen. Penulis juga ingin mengingatkan kembali bahwa rencana hemat ini tetap akan bersinggungan dengan rekomendasi konsepnya.

Langkah terbaik untuk mencapai titik hemat saat renovasi teras adalah menggunakan perabotan yang murah namun berkualitas. Selain itu juga perabotan serta ornamen di teras harus merupakan barang yang perawatannya mudah. Jadi tidak hanya hemat biaya pembangunan namun juga tenaga kebersihannya.

8. Prioritas Keamanan dan Privasi Teras

Walaupun teras berada di luar rumah, privasi pemilik hunian tetap harus jadi prioritas. Pastikan area teras bukan wilayah yang mudah orang lihat. Hal itu akan mendukung keamanan beraktivitas bagi para penghuni. Untuk mewujudkan hal itu maka bisa gunakan pembatas, baik itu tanaman atau partisi kayu.

Teras bisa semakin aman ketika Anda menggunakan pagar di bagian luar. Jadi terasa tidak berhadapan langsung dengan jalanan dan ruang publik. Selain itu juga perkuat sistem keamanan dengan CCTV. Pasalnya memiliki CCTV adalah hal yang penting di era modern seperti ini.

Lihat Juga Video Akad Rumah Subsidi Bandung dari Kreasi Prima Land

Itulah tentang cara terbaik renovasi teras rumah subsidi agar jadi lebih estetis dan nyaman. Jangan hanya mengutamakan kecantikan tampilan halaman depan namun juga jaga privasi serta keamanannya ya.