ide kreatif barang bekas

Barang bekas yang dibiarkan terkadang membuat suasana di rumah menjadi terlihat kurang nyaman. Padahal, barang bekas bisa disulap menjadi peralatan yang bermanfaat untuk kebutuhanmu sehari-hari. Lalu, daur ulang barang bekas seperti barang-barang berbahan dasar plastik atau kardus juga bisa menyumbang kelestarian lingkungan. Manfaat dari hal tersebut bisa mengurangi jumlah barang bekas di rumah, kerajinan tangan juga bisa membuat suasana dan pemandangan di rumah menjadi enak dilihat.

Memang hampir setiap rumah pasti memiliki barang bekas yang menumpuk. Barang-barang tersebut jarang banget untuk dimanfaatkan lagi. Padahal kalau dipikir-pikir barang bekas tersebut bisa dijadikan kerajinan tangan sederhana namun berakhir menjadi cuan. Dan hal yang dilakukan ini berperan untuk mengurangi jumlah sampah yang berlimpah.

Cobain yuk mulai sekarang setiap ada barang bekas dirumah, kamu simpan di sebuah wadah khusus yang nantinya kamu bisa olah lagi menjadi barang kerajinan tangan. Kamu tidak sadar kalau barang-barang bekas yang didaur ulang ini bisa memiliki nilai cuan tersendiri. Tidak heran juga kalau inspirasi untuk memanfaat barang bekas menjadi tren untuk saat ini.

Pada zaman yang semakin canggih ini, manusia dituntut agar mampu berpikir kreatif sehingga tidak ketinggalan. Kreatif adalah sebuah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik dalam bentuk gagasan maupun dalam bentuk karya nyata, dilansir dari laman Moon Dooggies Music. Kreativitas seseorang tentunya dapat diasah dengan pengenalan sejumlah karya-karya mudah sejak kecil. Dengan membuat kerajinan dari barang bekas, kamu bisa menambah penghasilan lho.

Disisi lain menambah penghasilan alias cuan, memanfaatkan barang bekas menjadi ide yang kreatif juga secara tidak langsung bisa membuat kamu ikut menyelesaikan masalah sampah lho. Terlihat jelas di negeri ini, sampah adalah satu masalah besar yang dialami negara Indonesia.

Jika kamu melakukan daur ulang terhadap sampah, kamu juga bisa meningkatkan daya kreativitas yang tinggi. Kalau hal ini terus saja dilakukan, pasti terdapat ide-ide kreatif yang semakin bermunculan, dan kamu pun akan semakin mahir dan terus mahir mengolah barang-barang bekas.

Baca Juga Ini Dia 13 Tips Dekorasi Rumah Minimalis yang Menciptakan Ilusi Lega dan Apa Saja yang perlu diperhatikan dalam Mendekor Rumah

Baca Juga Ide Dekorasi Ulang Tahun yang Keren di Rumah

Bisa saja selama ini kamu cuma bisa membuang sampah dan tidak kepingin untuk mengolah menjadi sesuatu yang bermanfaat. Lalu, bagaimana kalau sekarang kamu bisa mulai belajar untuk membuat barang-barang dari sampah-sampah yang dikumpulkan? Dengan hal tersebut, kamu bisa menggunakan barang-barang bermanfaat tersebut untuk keperluan di rumah ataupun dijadikan ide bisnis yang menghasilkan penghasilan tambahan.

Baca Juga Ini Dia 5 Tips Cara Mengelola Sampah Rumah Tangga Dengan Baik

Terkait dengan hal tersebut, berikut terdapat 7 daftar ide kreatif dari barang bekas yang bisa menjadi ide bisnis kamu. Yuk, simak terus apa saja ide kreatifnya yang bisa kamu ikuti!

7 Ide Kreatif Dari Barang Bekas Yang Bermanfaat

1. Alas laptop dari kardus bekas

Alas laptop dari kardus bekas
Alas laptop dari kardus bekas

Siapkan bahan dan perlengkapan seperti kardus bekas, gunting dan cutter. Caranya gambar pola kardus dan pastikan hasil potongan sesuai dan persis seperti gambarnya, buatlah semacam celah pada setiap potongan. Celah tersebut nantinya akan digunakan untuk menyatukan setiap potongan. Lalu rangkai semua potongan kardus menjadi satu. Alas laptop dari kardus bekas siap untuk dipakai.

  1. Sapu dari botol bekas
Sapu dari botol bekas
Sapu dari botol bekas

Siapkan perlengkapan alatnya seperti dua buah botol besar bekas, gunting atau pisau, tali dan kayu berbentuk gagang sapu. Caranya, potong masing-masing botol secara vertikal, setelah dipotong jadi dua, potong lagi hingga menyerupai bentuk sapu. Gabungkan botol supaya lebih kuat, berikan kayu untuk pegangannya. Lalu ikat kayu serta botolnya memakai tali. Sapu dari botol bekas pun siap untuk dipakai.

Baca Juga Low Budget Tetap Bisa Kekinian, Ini 7 Tips Dekorasi Kamar Kos Yang Bikin Nyaman!

  1. Celengan dari kardus bekas
Celengan dari kardus bekas
Celengan dari kardus bekas

Bahan dan perlengkapan yang dibutuhkan antara lain kardus bekas, gunting, paku dan tali. Caranya potong kardus memakai gunting membentuk seperti simbol positif, lubangi sisi samping memakai paku, bentuk sampai berbentuk kotak, ikat memakai tali pada tiap bagian yang sudah dilubangi. Lalu buat lubang pada bagian atas untuk memasukkan uang, celengan dari kardus bekas pun siap untuk dipakai.

Baca Juga Ini Dia 9 Rekomendasi Hiasan Dinding Kamar

  1. Mangkuk dari koran bekas
Mangkuk dari koran bekas
Mangkuk dari koran bekas

Yang diperlukan untuk bahan dan perlengkapan hanya koran bekas dan benang agar mudah untuk disusun. Caranya lipat-lipat koran bekas dan tiap lipatan mesti mempunyai ukuran yang sama. Lalu susun seperti membuat anyaman sampai membentuk seperti mangkuk, gunakan tali benang untuk memudahkan dalam penyusunan. Mangkuk dari koran bekas pun siap untuk dipakai.

  1. Pajangan Kaset CD
Pajangan Kaset CD
Pajangan Kaset CD

Memiliki masa muda di era 90an tentunya kamu akan dipenuhi oleh banyak koleksi CD untuk menonton film-film yang kamu gemari ataupun bermain video games. Koleksi kaset-kaset tersebut mungkin masih kamu miliki dan beberapa mungkin sudah tidak berguna lagi. Kamu bisa jadikan CD bekas sebagai bahan dari ide kreatif dari bahan bekas. 

Baca Juga Ide dan Tips Bisnis Online Terbaik Untuk Kamu yang Pemula

  1. Pembatas Buku Dari Stik Es Krim
Pembatas Buku Dari Stik Es Krim
Pembatas Buku Dari Stik Es Krim

Memakan sebuah es krim tampaknya menjadi salah satu kesukaan hampir semua orang terutama anak-anak. Kebanyakan es krim memiliki sebuah stik es krim, dan stik es krim tersebut bisa kamu gunakan untuk bantu meningkatkan kreativitas anak lho! Kamu bisa mencuci stik es krim dan meminta sang anak untuk menggambarkan guna mengasah tingkat kreativitas. Ide kreatif dari barang bekas ini bisa kamu gunakan sebagai pembatas buku yang bisa dijual.

  1. Dompet dari botol bekas
Dompet dari botol bekas
Dompet dari botol bekas

Siapkan bahan dan perlengkapan yang dibutuhkan seperti dua buah botol, benang dan jarum, cutter, resleting dan tali. Caranya potong botol sisa bagian bawah seperti pada gambar, satukan kedua potongan botol dengan resleting dengan resleting. Jahitkan resleting dengan ujung masing-masing botol, sisa ujung resleting dapat dipotong atau dibentuk-bentuk menjadi hiasan. Sebagai sentuhan terakhir, kamu bisa menghiasi dompet yang telah jadi sesuai dengan keinginan kamu. Dompet dari botol bekas pun siap untuk dipakai.

Baca Juga 7 Ide Desain Rak Buku Minimalis, Tidak Makan Banyak Tempat

  1. Lampu Geometric dari Kardus
Lampu Geometric dari Kardus
Lampu Geometric dari Kardus

Mengasah kreativitas untuk ide bisnis dari bahan kardus ini bisa kamu tiru lho. Hanya berbekal kardus bekas bisa kamu jadikan lampu yang unik dan menarik yang pastinya menarik hati para pembeli. Kamu bebas bisa membentuk pola tertentu dan juga memilih warna lampu sesuai favorit kamu. Dengan lampu geometric ini bisa menambah suasana tenang dan rileks di ruangan yang ingin kamu taruh lampu geometric ini.

  1. Miniatur Dari Kardus
Miniatur Dari Kardus
Miniatur Dari Kardus

Ide kreatif dari barang bekas ini dijamin bakal jadi barang yang unik banget. Malahan hasil dari kerajinan ini banyak banget lho yang minat dikalangan masyarakat khususnya anak-anak. Miniatur di dalam kardus ini bisa juga kamu gunakan sebagai hiasan, pajangan, ataupun untuk kado dari hadiah pernikahan, bisa juga buat kado ulang tahun dan anniversary. Dan pastinya bisa juga kamu jual dan menghasilkan cuan.

Bagaimana nih? Seru kan mengolah barang-barang bekas menjadi hasil kerajinan tangan yang diambil dari ide kreativitas kamu, apalagi yang bermanfaat dan bisa dijual yang menjadi penghasilan sendiri. Yuk biasakan untuk memanfaatkan barang-barang bekas tersebut!