kursi kerja wfh

Penerapan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) yang dilakukan banyak perusahaan menuntut orang-orang untuk memindahkan kantor ke rumah. Adaptasi kenormalan baru pun dilakukan, salah satunya dengan menyiapkan perabot kantor yang memadai di rumah, sehingga suasana WFH bisa kondusif dan tetap produktif.

Perabot kantor adalah peralatan atau barang-barang yang perlu disiapkan untuk menunjang kegiatan kerja. Contohnya adalah perangkat komputer atau laptop, serta meja dan kursi kerja. Tergantung pada kebutuhan pekerjaan Anda, adanya layar ekstra dan rak penyimpanan juga menjadi perabot kantor opsional yang bisa memudahkan pekerjaan Anda selama WFH.

1. Meja Kerja

meja kerja wfh

Meja kerja merupakan salah satu perabot kantor paling esensial yang perlu disediakan untuk kegiatan WFH. Sesuaikan pemilihan meja kerja dengan kebutuhan serta luas ruangan di rumah. Anda tak perlu membeli meja kayu solid apabila ruangan terbatas, dan bisa memilih meja lipat yang lebih hemat tempat sebagai gantinya.

Apabila Anda sudah memiliki meja kerja sebelumnya, Anda juga bisa merapikan dan menghiasnya agar lebih nyaman digunakan setiap hari selama WFH. Misalnya dengan menambahkan dekorasi tanaman penghasil oksigen seperti Peace LilySnake Plant (Lidah Mertua), dan Spider Plant.

Menyediakan perabot kantor yang bisa diletakkan di rumah, tentu menjadi nilai tambah saat Anda bekerja dari rumah. Apalagi saat ini ada banyak hunian yang menawarkan area sendiri untuk bekerja dari rumah atau WFH (Work From Home).

2. Kursi Kerja

kursi kerja wfh

Selain meja kerja, keberadaan kursi kerja juga termasuk perabot kantor yang diperlukan untuk menunjang kegiatan WFH. Ada beragam model kursi kerja yang bisa Anda pilih, dari kursi kayu biasa, kursi lipat, hingga kursi dengan pegangan atau kursi berlengan, kursi beroda, dan kursi dengan sandaran yang empuk.

Pilihan terbaik adalah memastikan kursi kerja Anda ini mendukung kenyamanan Anda selama bekerja di depan laptop. Jangan sampai kelamaan duduk membuat tubuh jadi pegal-pegal. Adanya penyangga yang empuk serta sandaran tangan yang membuat lebih rileks, serta fitur roda yang mungkin diperlukan.

3. Laptop

laptop wfh

Keberadaan perangkat komputer maupun laptop tentu merupakan perabot kantor di rumah yang paling penting untuk menjalankan pekerjaan Anda selama WFH. Yang perlu diperhatikan adalah memastikan perangkat komputer atau laptop Anda ini berfungsi dengan baik, dari segi tampilan layar, keyboard, dan ketersediaan jaringan internet.

Letakkan laptop di meja kerja Anda dan pastikan ada terminal listrik di sekitarnya, untuk memudahkan pengisian daya laptop sehingga perangkat Anda tak tiba-tiba mati di saat penting. Berikan juga pelindung keyboard untuk menghindari tumpahan minuman yang mungkin terjadi selama WFH.

4. Rak Penyimpanan

rak penyimpanan di kamar wfh

Meja kerja yang berantakan tak hanya membuat pikiran makin mumet, tetapi juga menambah masalah. Barang  yang Anda perlukan bisa saja tertimbun tumpukan kertas atau benda lain, sehingga meyulitkan pencariaan saat dibutuhkan. Untuk menyelamatkan hari Anda, siapkan perabot kantor berupa filing cabinet atau rak penyimpanan yang diletakkan dekat meja kerja Anda

Perabot kantor berupa rak penyimpanan ini membantu pengorganisasian dokumen. Anda bisa memilih rak penyimpanan modular yang bisa dipindah-pindah, atau rak dinding untuk menghemat tempat. Filling cabinet juga berfungsi menjaga dokumen agar tetap utuh dan tidak lembap, serta tidak termakan rayap atau serangga.

5. Lampu Kerja

lampu kerja wfh

Ada kalanya pekerjaan menuntut seseorang bekerja lembur di kantor. Selama WFH, bekerja sampai larut malam pun sangat mungkin terjadi. Nah, agar Anda tetap bisa bekerja dengan baik tanpa terganggu suasana remang, ada baiknya memasang perabot kantor berupa lampu kerja, untuk pencahaayan ekstra yang menunjang Anda melakukan pekerjaan selama lembur WFH.

Lampu kerja yang digantung maupun lampu baca yang bisa diletakkan langsung di meja bisa menjadi pilihan perabot kantor untuk mendukung pencahayaan ruang kerja. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda dan kesesuaiannya dengan ruang tempat tinggal Anda.

6. Alat Tulis

alat tulis wfh

Menyiapkan alat tulis atau stationery  di meja kerja juga tak kalah penting untuk menunjang kegiatan WFH. Perabot kantor yang satu ini sering dilupakan, karena banyak hal telah terdigitalisasi sehingga jarang digunakan. Namun beberapa hal seperti menandatangani dokumen, mencatat berbagai hal, dan beberapa kegiatan lain tetap memerlukan stationery.

Kelompok perabot kantor yang satu ini sebaiknya disiapkan dalam kotak pensil, rak gantung mungil, atau mug pensil. Wadah khusus ini membantu pengorganisasian pensil, pena, penghapus pensil dan penghapus tinta, rautan, serta penggaris dan double tape. Siapkan stationery ini selama WFH agar tak perlu keluar rumah untuk membelinya saat diperlukan.

Tips Membuat Ruang Kerja di Rumah Supaya Lebih Produktif

Perabot kantor yang tepat dan sesuai kebutuhan penggunanya akan menunjang pekerjaan Anda selama WFH. Selain itu, ada beberapa hal pendukung lainnya juga yang diperlukan untuk mendukung kegiatan WFH. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat ruang kerja di rumah lebih produktif:

1. Menata Area Kerja agar Lebih Rapi dan Terorganisir

Letakkan dokumen dan kertas di rak atau laci khusus yang dipisahkan dengan folder khusus. Anda juga bisa menandai folder ini dengan penamaan sehingga memudahkan pencarian dokumen fisik. Simpan pula stationary di wadah khusus agar mudah ditemukan dan tak membahayakan seperti jika dibiarkan tergeletak di sembarang tempat.

2. Memastikan Ventilasi dan Pencahayaan Cukup

Sirkulasi udara dan pencahayaan adalah elemen penting yang mendukung berbagai aktivitas, termasuk saat kita bekerja di rumah atau WFH. Ruangan yang sejuk dan cahaya yang cukup membuat tubuh lebih nyaman bekerja dan mata tak cepat lelah karena suasana remang-remang. Pasang perabot kantor berupa lampu kerja dan pendingin ruangan bila diperlukan.

3. Mengutamakan Kenyamanan Saat Memilih Perabot Kantor untuk WFH

Situasi WFH membuat banyak orang beradaptasi dengan menata ruang di rumah sebagai ‘kantor’ atau ruang kerja. Agar tetap kondusif meski bekerja di rumah, pastikan untuk selalu mengutamakan kenyamanan dan menjadikan kebutuhan sebagai pertimbangan utama saat memilih perabot kantor untuk WFH.

4. Ciptakan Suasana yang Mendukung WFH

Misalnya dengan memasang musik yang membantu konsentrasi dan menyemangati. Bisa juga dilakukan dengan memastikan suhu ruang memberikan kenyamanan yang cukup, tidak panas tetapi juga tak terlalu dingin.

Mengupayakan suasana rumah agar lebih nyaman dapat mendorong kreativitas dan terciptanya inspirasi. Suasana rumah yang kondusif untuk dijadikan tempat bekerja pun membuat kita tetap produktif meski harus bekerja dengan beragam keterbatasan selama WFH. Yang penting, pastikan pemilihan perabot kantor di rumah dapat memenuhi dan menunjang keperluan pekerjaan Anda, ya!

Sumber Dilansir Dari Laman

rumah. com/panduan-properti/perabot-kantor-61871