curug halimun rajamandala kabupaten bandung barat

Daerah Rajamandala Kabupaten Bandung Barat  memiliki banyak tempat wisata alam yang mempesona. Daerahnya yang asri dengan hamparan pergunungan mendukung itu semua

Apa itu Curug ?

Curug Adalah “Air Terjun” dalam bahasa sunda

Wisata curug atau air terjun merupakan salah satu unggulan di Rajamandala Cipatat. Ada banyak curug indah yang bisa dikunjungi untuk mengisi liburan.

Beberapa air terjun di Rajamandala Cipatat bahkan masih asri dan alami, sehingga menambah pesona keindahannya.

1. Curug Walanda Citatah

curug walanda citatah cipatat rajamandala kabupaten bandung baratcurug walanda citatah cipatat rajamandala kabupaten bandung barat

Curug Walanda yang berada di kampung Gugunturan RW 12, Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Untuk menuju Curug Walanda ini bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari Padalarang untuk bisa sampai menuju Curug Walanda ini. Jika menggunakan kendaraan umum angkutan pedesaan (angkot) ataupun bis jurusan Bandung – Sukabumi / Bandung – Cianjur, tinggal berhenti di daerah Cimerang sebelum perumahan Bumi Parahyangan Indah. Kemudian berjalan kaki sekitar 20 menit menuju jalan kampung yang melewati rel kereta api Bandung – Cianjur yang sudah tidak beroperasi lagi.

curug walanda citatah cipatat rajamandala kabupaten bandung barat

Jika menggunakan kendaraan roda empat, pengunjung hanya bisa memarkir kendaraan nya sebelum jalan menuju rel kereta api. Jadi tinggal jalan 200 meter ke arah Curug saja. Beda ceritanya jika kita menggunakan sepeda motor. Kita bisa langsung sampai menuju parkiran di samping Curug Walanda.

curug walanda citatah cipatat rajamandala kabupaten bandung barat

Selain bisa menikmati pemandangan Curug yang usianya sudah ratusan tahun, disini pun kita bisa berfoto sesuka hati dengan beberapa spot instagramable yang ada disini salah satunya jembatan pelangi yang posisi nya persis didepan Curug Walanda. Dengan pemandangan persawahan yang hijau dan terbelah oleh aliran sungai Cimeta yang sarat akan sejarah Bandung Purba, membuat kita betah berlama lama di saung yang dibuat untuk beristirahat disini.

Pengelolaan Curug Walanda ini masih dikelola secara swadaya oleh Karang Taruna Desa Citatah Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat dengan melibatkan masyarakat disekitar curug ini berada. Sehingga kedepannya ekonomi kerakyatan bisa terwujud dengan adanya destinasi wisata di daerah seperti Curug Walanda ini.

Lokasi Curug Walanda Citatah

Perumahan Subsidi Pesona Prima 7 Rajamandala WhatsApp 0813-1313-4877

Download Brosur Perumahan subsidi Pesona Prima 7 Rajamandala
Download Brosur Perumahan subsidi Pesona Prima 7 Rajamandala

Brosur Pesona Prima 7 Rajamandala

Brosur Pesona Prima 7 Rajamandala Cipatat

2. Curug Nyalangkadar

curug nyalangkadar cipatat rajamandala

Curug nyalangkadar terletak di Disa Rajamandala , Kec. Cipatat, Kab. Bandung barat. Ketinggian Curug Nyalangkadar sekitar ±30m yang dibawahnya membentuk genangan seperti kolam yang bisa digunakan untuk mandi ataupun foto selfi oleh para Pengunjung. Tekstur bebatuan di sekitarnya begitu eksotis dan menakjubkan, mungkrin juga dapat membuat orang yang melihatnya sangat takjub dan kagum dengan keindahan sekitar curug nyalangkadar  karena bentuknya yang unik & indah.

Lokasi Curug Nyalangkadar

3. Curug Bedil Rajamandala

curug bedil rajamandala

Curug Bedil Di Waduk Saguling Rajamandala Bandung, adalah salah satu destinasi wisata yang ada di Waduk Saguling, Rajamandala, Bandung. Bebas biaya masuk dengan lokasi curug berada di pinggir jalan, dan siapapun yang hendak menuju Waduk Saguling pasti melewati curug ini. Ada beberapa warung di sekitaran curug, sehingga bisa istirahat sejenak sambil menikmati kelapa muda, air kelapa segar, aneka minuman dan makanan. Curug Bedil hanya berjarak 2 KM dari pintu masuk (pos jaga) utama Waduk Saguling. Lokasi Waduk Saguling mudah ditemukan, karena jalan utama menuju Waduk ini berada tepat di tengah Pasar Rajamandala (Jl. Raya Jakarta – Bandung), di kanan jalan kalau dari arah Cianjur.

Lokasi Curug Bedil Rajamandala

4. Curug Cukang Rahong

curug cukang rahong rajamandala

Cukang Rahong sendiri merupakan objek wisata berupa telaga yang dikelilingi bukit batu dan air yang mengalir didasarnya dibendung hingga membentuk kolam besar. Cukang yang berarti Jembatan.

Airterjun curug Munding atau curug Cikamuning berada di kampung Rahong Cipongkor kabupaten Bandung Barat. Wisata air terjun ini satu lokasi/berdekatan dengan Cukang Rahong, curug Pangulaan dan curug Hawu. Wisata airterjun curug Munding belum dikelola secara resmi masih swadaya masyarakat.

Lokasi Curug Cukang Rahong

5. Curug Halimun Saguling Bandung Barat

curug halimun rajamandala kabupaten bandung barat

Curug Halimun merupakan curug yang terletak di dalam kawasan PLTA Saguling, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat. Dinamai Curug Halimun karena berdasarkan informasi dari penduduk setempat curug ini kerap disambangi halimun tebal (yang dalam bahasa Indonesia artinya kabut) di kala hujan atau pagi hari. Curug Halimun juga mempunyai nama lain, yaitu Wisata Saung Kondang. Jika ingin pergi ke curug ini dengan panduan Google Maps bisa mencantumkan lokasi tujuan dengan nama Curug Halimun ataupun Saung Kondang.

2 curug halimun rajamandala kabupaten bandung barat

Curug Halimun ini bisa dibilang belum begitu ramai dikunjungi wisatawan. Lokasinya yang berada di pelosok hutan dengan medan yang cukup menantang nampaknya menjadi faktor yang menyebabkan curug ini hanya disambangi segelintir orang.

curug halimun rajamandala kabupaten bandung barat

Ya, datang melancong ke curug ini pertama-tama kamu akan disuguhkan dengan jalur yang sangat mirip dengan jalur pendakian gunung. Perjalanan menuju curug akan dilalui dengan jalur setapak yang terus menurun hingga masuk ke hutan mengingat letak geografisnya yang lebih rendah dari pos masuk wisata Saung Kondang atau parkiran motor. Sedangkan perjalanan dari curug menuju pos masuk akan dilalui dengan jalur yang terus menanjak. Normalnya memakan waktu 30-40 menit untuk perjalanan naik dan turunnya. Sensasinya benar-benar seperti sedang naik gunung, cukup membuat dengkul lemas.

curug halimun rajamandala kabupaten bandung barat

Jika bicara soal karakteristiknya, Curug Halimun termasuk curug yang pendek dan tidak terlihat megah seperti Curug Malela ataupun Curug Penganten. Namun bukan berarti curug ini tak punya daya tarik di bagian lainnya.

Meski curugnya tidak megah, Curug Halimun memiliki tempat muara air berupa kolam alami yang cukup besar dengan airnya yang berwarna hijau toska. Tak hanya itu, curug ini juga dikelilingi tebing-tebing bebatuan yang menjulang tinggi dengan tanaman yang tumbuh lebat di tebingnya. Inilah salah satu spot foto terbaik di Curug Halimun yang akan membuat wisatawan berdecak kagum akan kemegahan tebing dan kolam hijau toskanya, serta suasana rimba ala pedalaman hutannya. Kolamnya pun terbilang dalam, sehingga cocok untuk aktivitas lompat tebing/cliff jumping. Sekilas akan terasa seperti bukan di Bandung mengingat curug ini karakteristiknya berbeda dari curug lainnya.

curug halimun rajamandala kabupaten bandung barat

Namun perlu berhati-hati sekali jika datang ke Curug Halimun pada musim hujan karena jalur yang dilalui akan sangat licin. Ini karena jalurnya didominasi oleh tanah merah dan bebatuan. Tak hanya itu, airnya pun akan berubah keruh. Jika ingin merasakan air hijau toskanya lebih baik datang pada saat musim panas. Tidak perlu takut surut karena tipikal kolam Curug Halimun debit airnya selalu melimpah.

Tiket masuknya pun tidak mahal, satu orang dikenakan Rp 10 ribu dengan biaya parkir motor Rp 5 ribu. Jika ingin pakai jasa pemandu untuk dua sampai lima orang dikenakan biaya Rp 30 ribu. Sedangkan untuk pelampung dikenakan biaya Rp 15 ribu per orang. Murah, bukan, untuk sebuah suguhan alam yang menakjubkan. Ya, meski pengorbanan untuk menuju curugnya lebih pada tenaga yang akan terkuras banyak, bukan pada biayanya. Makanya sangat disarankan untuk membawa camilan atau minuman sendiri selama perjalanan.

Lokasi Curug Halimun Saguling Bandung Barat

itu dia rangkuman wisata curug atau air terjun yang terdekat dari Rajamandala Kabupaten Bandung Barat simak terus artikel kami ya sahabat kreasi….

Sumber Dilansir Dari Laman

perjalanandiaz. com/2020/08/curug-walanda-citatah-potensi-wisata.html

yuziandi. blogspot.com/2016/01/wisata-curug-nyalangkadar-bandung-barat.html

brilio. net/creator/menelusuri-keunikan-curug-halimun-saguling-yang-tersembunyi-di-bandung-cb30fb.html