pertamina bbm naik

Wacana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi semakin panas. Bahkan disebut-sebut kebijakan itu akan terwujud dalam waktu dekat.

Publik memperkirakan harga BBM jenis Pertalite dan minyak diesel alias Solar subsidi akan terjadi pada 1 September 2022. Petunjuk ke arah sana begitu kuat, karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan program bantuan sosial (bansos) tambahan dimulai pada tanggal tersebut.

bansos tambahan itu dinilai sebagai bentuk kompensasi untuk meringankan beban masyarakat miskin yang terdampak kenaikan harga BBM. Jadi memang tidak salah jika harga BBM ditengarai akan naik pada 1 September 2022.

Namun sejauh ini, ternyata harga belum naik. Pertalite masih dibanderol Rp 7.650 per liter, Pertamax Rp. 12.500 per liter, Dexlite Rp. 17.100 dan Solar Rp 5.150 per liter. Drama harga BBM masih berlanjut, belum tuntas.

Lantas Berapa Liter Yang Diperlukan untuk menuju Perumahan Pesona Prima 7 Rajamandala dari Kota Baru Parahyangan Padalarang baik itu menggunakan Mobil atau Motor ?

Setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menghitung konsumsi BBM mobil ataupun motor. Pertama adalah dengan menggunakan Multi Information Display (MID), kedua menggunakan metode full to full.

Masing-masing cara punya kelebihan dan kekurangannya. Penggunaan MID jelas lebih praktis, namun banyak orang yang skeptis pada hasil perhitungannya. Sementara itu, metode full to full dinilai lebih akurat, namun prosesnya cukup merepotkan.

Di Indonesia sendiri tingkat konsumsi sebuah kendaraan biasanya ditulis dalam bentuk perbandingan jarak tempuh per satu liter, contohnya 10 Km/liter. Itu artinya satu liter bensin atau solar bisa digunakan untuk menempuh jarak 10 Km.

Yuk Kita Kalkulasikan

Pesona Prima 7 Rajamandala berapa liter ke padalarang

Jarak dari Kota Baru Padalarang Menuju Perumahan Pesona Prima 7 Rajamandala yaitu 19 Km dengan Waktu Tempuh 45 Menit

Kasus 1

honda-vario-160

Apabila Menggunakan Motor dengan Merk Honda Vario 160cc

Honda Vario 160 2022 konsumsi bahan bakar 48 km per liter berarti apabila dikalkulasikan jarak Perumahan Pesona Prima 7 Rajamandala menuju Kota Baru Parahyangan yaitu 19 Km dengandengan konsumsi bbm jenis Pertamax harga 12.500 perliter maupun Pertalite 7.650 perliter berarti hanya konsumsi Setengah liter bensin Pertamax maupun Pertalite.

Apabila menggunakan bbm jenis Pertalite maka biaya yang dikeluarkan yaitu Rp. 7650 x 0,5 liter biaya yang dikeluarkan hanya Rp. 3.825

Apabila menggunakan bbm jenis Pertamax maka biaya yang dikeluarkan yaitu Rp. 12,500 x 0,5 liter biaya yang dikeluarkan hanya Rp. 6.250

Kasus 2

berapa konsumsi bahan bakar all new avanza dan all new veloz 1

Apabila Menggunakan Mobil dengan Merk Toyota Avanza 1500cc berapa Konsumsi Bahan Bakar yang dihabiskan? 

Toyota All New Avanza 2022 konsumsi bahan bakar 11 km per liter berarti apabila dikalkulasikan jarak Perumahan Pesona Prima 7 Rajamandala menuju Kota Baru Parahyangan yaitu 19 Km dengan konsumsi bbm jenis Pertamax harga 12.500 perliter maupun Pertalite 7.650 perliter berarti hanya konsumsi Satu Setengah liter bensin Pertamax maupun Pertalite.

Apabila menggunakan bbm jenis Pertamax maka biaya yang dikeluarkan yaitu Rp. 12.500 x 1,5 liter biaya yang dikeluarkan hanya Rp. 18.750 

Apabila menggunakan bbm jenis Pertalite maka biaya yang dikeluarkan yaitu Rp. 7650 x 1,5 liter biaya yang dikeluarkan hanya Rp. 11.475

 

itulah kalkulasi perhitungan konsumsi bbm dari Perumahan Pesona Prima 7 Rajamandala Menuju Kota Baru Padalarang