Berwisata di Kabupaten Bogor mempunyai segudang tempat untuk dijelajahi lebih tepatnya di Klapanunggal yang lokasinya tak jauh dari perumahan subsidi Pesona Prima Cikahuripan 5 dan Pesona Prima Cikahuripan 6

1. Gunung Kapur

gowes ke gunung kapur cikahuripan klapanunggal

Gunung Kapur Klapanunggal, Kabupaten Bogor menyisakan pahatan bebatuan yang eksotis menjulang tinggi. Bekas galian kapur itu di beberapa titik menyisakan landscape yang tidak teratur tetapi malah menjadi apik. gunung ini bukanlah tempat yang sengaja dikembangkan sebagai obyek wisata.  Bukit kapur ini sejatinya merupakan bekas penambangan kapur yang telah lama tidak beroperasi. Tempat ini lambat laun menjadi semakin sering dikunjungi wisatawan karena keunikan bentuk bukit-bukit bekas penambangan yang cukup eksotis.

Lokasinya berada di Desa Klapanunggal dan masuk dalam wilayah Kecamatan Nunggal. Seperti namanya, gunung ini menjadi lokasi penambangan batu kapur yang signifikan di wilayah tersebut. Komoditas ini cukup berguna dalam pembuatan semen. Soalnya wisatawan tidak akan melihat aktivitas penambangan lagi, karena pemerintah setempat memutuskan untuk menghentikannya.

Karena aktivitas penambangan di masa lalu, wisatawan dapat melihat kenang-kenangan itu. Tidak heran, lanskapnya tidak rata tetapi menjadi latar belakang yang bagus untuk fotografi. Selain pasir kering dan batu kapur, gunung ini juga memiliki beberapa cekungan yang tampak seperti gua. Belum lagi pengunjung dapat menemukan air terjun yang indah di lokasi, meskipun arusnya rendah.

Secara keseluruhan, gunung ini terlihat unik dan bisa menjadi lokasi tersendiri untuk menikmati fotografi dan eksplorasi. Selama turis datang saat cuaca bagus, mereka pasti akan merasakan liburan yang menyenangkan.

Seperti disebutkan sebelumnya, bentuk Gunung Kapur tidak rata karena aktivitas penambangan masa lalu. Ini bukan hal yang buruk bagi wisatawan, meskipun. Sebaliknya, lanskap berbatu seperti itu tampak lebih menarik bagi wisatawan (terutama untuk fotografi).

Inilah pertanyaannya, bagaimana orang bisa sampai ke situs tersebut? Umumnya pengunjung dapat menggunakan sepeda motor namun sebagian dari mereka lebih memilih untuk naik sepeda terutama yang berdomisili di Kecamatan Nunggal. Bersepeda memberi mereka pengalaman dan sensasi yang lebih baik, karena mereka dapat menikmati suasana sepuasnya.

Lokasi Gunung Kapur Klapanunggal

2.Goa Lalay Klapanunggal

wisata goa lalay klapanunggal

Goa ini merupakan jalur sungai bawah tanah dengan air jernih mengalir deras keluar dari mulut goa. Goa ini memiliki bidang goa yang lebar sehingga dapat dimasuki manusia. Goa ini memiliki kedalaman sekitar 100 meter dan memiliki beberapa ruang dengan lebar 5 samapi 10 meter.

Goa Lalay Klapanunggal terbentuk secara alami, sama seperti goa karst lain. Pengunjung ke Goal Lalay harus menggunakan perahu karet karena jalur masuk tergenang air dengan kedalaman sekitar 2 meter.

Nama goa Lalay muncul karena pada saat penggalian, terdapat sebuah goa dibawah tanah di tempat tersebut dan dari arah dalam goa tersebut terdapat suara mencicit yang memekakkan telinga. Suara tersebut seperti suara kelelawar yang berteriak, sehingga tempat tersebut dinamakan goa Lalay, yang dalam bahasa lokal “Lalay” memiliki arti “kelelawar”.

Lokasi Goa Lalay

3. Pemandian Air Sodong

Pemandian mata air sodong klapanuggal cileungsi

Di samping gugusan gunung kapur yang biasa didatangi para pecinta alam, ternyata di wilayah ini juga menyimpan tempat wisata ramah keluarga yang mungkin hanya segelintir orang mengetahui objek wisata ini yaitu, Tempat pemandian Mata Air Sodong.

Mata air Sodong adalah hulu sebuah sungai, di mana airnya keluar dari dalam tanah di bawah sebuah bukit kapur. Sebelum airnya jatuh ke sungai di bawahnya dibuatkan bendungan membentuk kolam pemandian.

Kolam Mata Air Sodong terdiri dari dua kolam yakni kolam utama yang letaknya berada persis di pinggir jalan. Sedangkan kolam kedua merupakan kolam renang buatan, yang airnya dari Mata Air Sodong.

Lokasi Pemandian Air Sodong

4. Wisata Taman Buah Mekarsari Cileungsi

wisata mekarsari cileungsi

 Destinasi wisata alam Taman Buah Mekarsari sangat cocok untuk dikunjungi pada liburan akhir pekan bersama keluarga, sahabat maupun pasangan tercinta.
Ada banyak cara menghabiskan waktu pada akhir pekan salah satunya dengan berlibur melakukan perjalanan ke tempat favorit atau rekreasi ke destinasi wisata yang belum pernah dijajaki.
Taman Buah Mekarsari adalah salah satu wisata alam yang sangat Instagramable bisa dijadikan rekomendasi untuk dikunjungi pada perjalanan libur akhir pekan kali ini.
Tempat wisata satu ini sangat cocok buat kamu yang mencari udara sejuk dengan pemandangan perbukitan hijau sangat menenangkan jiwa.
Tak hanya menyuguhkan panorama alam yang indah, Taman Buah Mekarsari juga memberikan nuansa sejuk pegunungan, karena memang letaknya yang berada di ketinggian dan dilengkapi dengan pepohonan rindang.

5. Taman Sigantang Nambo

Wisata Taman SIgantang Nambo Klapanunggal

Wisata yang di kelola oleh masyarakat sekitar dengan nuansa alam dan pepohonan yang sejuk.
Berlokasi di desa nambo, kecamatan klapanunggal, bogor, hanya 2km dari stasiun nambo

Wisata Taman Sigantang Nambo ini menyuguhkan nuansa alam dan pepohonan. Meski dekat dengan pertambangan semen, suasanya masih tetap asri.

Bahkan di lokasi Taman Sigantang Nambo ini juga di dalamnya tersedia fasilitas bermain anak dan makan berbentuk lesehan.

6. Gunung Batu Jonggol

gunung batu jonggol

Obyek wisata alam jadi salah satu destinasi wisata populer di kalangan anak muda. Kini kita bisa lebih mudah melihat banyaknya foto-foto bersebaran dengan background pemandangan yang cantik dan indah. Salah satunya adalah Gunung Batu Jonggol.

Trek yang dimiliki gunung ini cukup menantang, sehingga cocok digunakan untuk para pendaki yang masih pemula. Meski begitu, para pendaki harus selalu berhati-hati dan waspada saat melakukan pendakian.

Lokasi Gunung Batu Jonggol

7. Dewi Air Waterpark Kahuripan

Kolam Renang sekitar Pesona Prima Cikahuripan 5 dan 6 Kolam Renang sekitar Pesona Prima Cikahuripan 5 dan 6

Berwisata bersama keluarga di kolam renang yang terdekat dari perumahan Pesona Prima Cikahuripan 5 dan Pesona Prima Cikahuripan 6 yang terletak di Kp Jl. Cipari, RT.23/RW.10, Cikahuripan, Kec. Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16710

Harga Tiket Kolam Renang Dewi Waterpark Cikahuripan

Tiket Masuk Dewi Air Waterpark
Senin s/d Jum’at – Rp. 10.000
Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional – Rp. 15.000
Anak usia 1 tahun sudah dikenakan biaya masuk.

Parkir Mobil Rp. 5000 dan Parkir Motor Rp. 2000

Lokasi

Nah, sangat menarik bukan destinasi wisata terdekat dari cikahuripan klapanunggal ini? Selain memiliki keindahan tersembunyi juga bisa jadi rekomendasi untuk dikunjungi. Selamat berakhir pekan.