Kebiasaan rumah agar selalu bersih

Menyelesaikan pekerjaan rumah tangga bisa menjadi hambatan yang sulit dilakukan, tetapi itu tidak harus memakan waktu seperti yang dipikirkan banyak orang. Jadi, apa rahasianya?

Rumah yang selalu rapi seringkali merupakan hasil dari beberapa kebiasaan baik. Hidup menjadi berantakan, itulah mengapa penting untuk diingat bahwa pembersihan adalah proses yang berkelanjutan

Mengambil beberapa kebiasaan pembersihan cepat di bawah ini ke rutinitas harian akan menjaga kekacauan tanpa kegiatan bersih-bersih yang melelahkan. Berikut tipsnya, dilansir dari Real Simple, Minggu (13/6/2021).

  1. Simpan Perlengkapan Kebersihan yang Mudah Diakses

Kegiatan pembersihan jauh lebih dapat ditoleransi ketika pemilik tidak perlu mencari-cari barang persediaan. Mengisi kamar mandi, dapur, dan lemari dengan beberapa alat pembersih dasar akan membuat bersih-bersih lebih cepat hampir tanpa usaha. Akses mudah ke persediaan ini membuat pemilik sulit menunda pekerjaan.

  1. Fokus pada Area Lalu Lintas Tinggi

Membersihkan area lalu lintas tinggi setiap hari pada akhirnya akan mencegah penyebaran kotoran dan debu ke seluruh bagian rumah. Pintu masuk adalah tempat yang bagus untuk memulai.

Memiliki area khusus untuk sepatu akan mencegah kotoran dan hal-hal lain yang tidak diinginkan masuk ke dalam rumah. Cobalah menyapu atau menyedot debu di area lalu lintas tinggi ini setiap hari untuk menghentikan masuknya kotoran.

  1. Jangan Meninggalkan Kamar dengan Tangan Kosong

Cara yang baik untuk menjaga rumah tetap rapi adalah dengan melakukan pemindaian cepat sebelum pemilik berpindah dari satu ruangan ke ruangan lain. Jika ada sesuatu yang tidak pada tempatnya, bawa dan kembalikan ke tempatnya. Melakukan ini setiap kali bergerak meninggalkan ruangan akan membuat pembersihan menjadi mudah.

  1. Selesaikan Dokumen Kertas

Segera membuang surat atau dokumen kertas yang tidak penting lainnya setiap hari akan mencegah kertas menumpuk. Luangkan beberapa menit untuk membaca surat dan dokumen setiap hari lalu membuang sampah, sehingga pemilik tidak akan memiliki tumpukan yang menjulang untuk ditangani nanti.

 

  1. Bersihkan Dapur saat Memasak

Sering kali ada jeda saat memasak. Manfaatkan jeda singkat ini untuk mencuci piring atau peralatan dapur yang sudah selesai digunakan. Daripada menunggu untuk membersihkan panci dan wajan yang kotor, letakkan di wastafel untuk direndam sebelum duduk untuk makan. Ini akan membuat pembersihan dapur menjadi jauh lebih mudah setelah makan.

  1. Bereskan Isi Kulkas

 

Menyadari apa yang ada di lemari es tidak hanya akan membantu dalam belanja bulanan, tetapi juga akan mencegah makanan basi menumpuk. Menyimpan stok di lemari es berarti tidak hanya mengetahui apa yang ada di dalamnya tetapi juga berapa lama setiap item telah ada di sana.

Melakukan pemeriksaan rutin pada lemari es mencegah anggota di rumah tidak sengaja makan makanan kedaluwarsa dan berjamur.

  1. Gantung Handuk hingga Kering

Membiarkan handuk basah menumpuk di lantai atau meja tidak hanya berpotensi berbahaya bagi permukaan, tetapi juga menciptakan tempat berkembang biak bagi bakteri. Saat handuk digunakan beberapa kali, handuk harus dikeringkan dengan baik.

Menggantung handuk tidak hanya akan membuat rumah terlihat lebih bersih secara visual, tetapi juga akan mencegah bau yang tidak sedap dan mencegah penyebaran kuman.

Sumber Dilansir Dari Laman

https:// economy. okezone. com /read/2021/06/11/470/2423635/7-kebiasaan-yang-bikin-rumah-selalu-bersih