meja dapur cantik

Ada banyak pilihan material atau bahan untuk meja dapur di pasaran, tetapi beberapa bahan berikut paling sering digunakan untuk meja dapur rumah, seperti granit, marmer, kuarsa, dan lain sebagainya.

Setiap materi memiliki aspek positif dan negatifnya. Misalnya, beberapa material sangat kuat sementara yang lain mudah tergores atau rusak. Beberapa bahan lainnya memiliki harga yang jauh lebih mahal daripada yang lain.

Untuk membantu menentukan material yang tepat untuk meja dapur, berikut ulasan beberapa material atau bahan terbaik untuk meja dapur beserta kelebihan dan kekurangannya, dilansir dari The Spruce, Kamis(10/6/2021).

  1. Granit

Granit telah menjadi bahan meja pilihan ketika tidak ada masalah biaya yang perlu dipertimbangkan. Granit mendefinisikan keanggunan di dapur. Bahkan dapur sederhana pun tampak seperti ruang mewah ketika memakai meja granit. Harganya yang mahal sewaktu-waktu bisa menurun karena opsi material semakin banyak di pasaran.

  1. Soapstone

Soapstone adalah batu alam lain, biasanya berwarna abu-abu gelap dengan nuansa halus dan lembut. Menjadi tren baru-baru ini sebagai alternatif untuk granit. Soapstone sering terlihat di rumah-rumah bersejarah tetapi juga digunakan di rumah-rumah modern baik sebagai bahan meja dan wastafel. Batu ini cukup keras dan tahan terhadap noda, namun mudah tergores.

  1. Marmer

Batu alam lain yang biasa digunakan di meja dapur adalah marmer. Karena harganya yang sangat mahal, marmer tidak sering terlihat di seluruh permukaan meja di sebagian besar dapur. Meskipun sangat berharga, marmer mungkin bukan pilihan terbaik untuk dapur karena mudah ternoda dan tergores.

  1. Quartz (rekayasa)

Bahan meja yang dikenal sebagai “kuarsa” sebenarnya adalah produk batu rekayasa yang mengandung sebanyak 93 persen partikel kuarsa dan mineral lainnya, dibentuk menjadi lempengan dan diikat dengan resin. Ini bukan lempengan kuarsa padat yang diproduksi oleh penggalian.

Kuarsa diciptakan sebagai alternatif granit dan marmer yang lebih mudah beradaptasi dan berkinerja lebih baik. Tersedia dalam rentang warna yang lebih banyak daripada granit dan memiliki permukaan tidak berpori yang tahan terhadap goresan dan pewarnaan.

  1. Ubin Keramik

Ubin keramik tahan lama dan mudah dibersihkan, dan harganya jauh lebih murah daripada meja batu alam, atau kuarsa. Inovasi terbaru dalam ubin porselen menawarkan lebih banyak pilihan desain daripada material sebelumnya, termasuk ubin yang terlihat seperti kayu, marmer, atau bahkan kulit. Walaupun kesan akhirnya tidak semewah menggunakan material batu alam.

  1. Blok atau Papan Kayu

Meja kayu menawarkan tampilan hangat yang indah dan tersedia dalam berbagai warna dan sentuhan akhir. Kayu keras seperti maple dan ek adalah spesies yang paling sering digunakan sebagai kayu meja. Kekurangannya cukup mahal, mudah tergores dan dipotong dengan pisau, dan mudah rusak oleh air dan noda.

  1. Stainless Steel

Untuk tampilan yang benar-benar kontemporer dan industrial untuk dapur, baja tahan karat adalah pilihan yang baik. Meja stainless steel tahan panas dan tahan lama. Karena dibuat sesuai spesifikasi, pemilik rumah dapat memiliki meja yang mulus. Namun kekurangannya adalah berisik dan sangat mudah tergores.

Sumber Dilansir Dari Laman

https:// economy.okezone.com/ read/2021/06/09/470/2422363/7-material-yang-bikin-meja-dapur-makin-kece?page=2