stasiun cipatat kbb

Sejarah Stasiun Cipatat

Stasiun Cipatat (CPT) adalah stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Cipatat, Cipatat, Bandung Barat. Stasiun yang terletak pada ketinggian +387 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi II Bandung dan terletak tidak jauh dari jalan raya Cianjur-Padalarang. Stasiun ini memiliki dua jalur kereta api dengan jalur 1 merupakan sepur lurus. Bangunan stasiun masih asli dan kini berstatus sebagai cagar budaya oleh Unit Pusat Pelestarian dan Desain Arsitektur PT KAI.

Stasiun ini sempat dilayani oleh kereta api Cianjuran yang rencananya dioperasikan Maret 2014, tetapi diundur lagi dan gagal melayani perjalanan reguler karena permasalahan teknis prasarana yang dianggap tidak layak operasi. Bahkan untuk menyambutnya kembali, stasiun ini direnovasi, lalu mangkrak Praktis, stasiun ini menganggur lama.

Terkait dengan penyambungan kembali rute Cianjur–Padalarang, jalur ini sedang diperbaiki sampai ke Cipatat dengan mengganti bantalan dan batang relnya menjadi R54 bantalan beton agar dapat dilalui oleh lokomotif besar. Reaktivasi segmen ini dilakukan tepat setelah peresmian perpanjangan relasi kereta api Siliwangi menjadi Sukabumi–Ciranjang pp.

Per 21 September 2020, stasiun ini resmi beroperasi kembali bersamaan sehubungan dengan perpanjangan relasi kereta api Siliwangi menjadi Sukabumi–Cipatat pp

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meresmikan reaktivasi jalur kereta api (KA) Cianjur-Ciranjang-Cipatat. Beroperasinya rel KA tersebut merupakan bagian dari program reaktivasi jalur KA Cianjur – Padalarang.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan, dengan beroperasi kembalinya rel KA yang telah beku bertahun-tahun itu, akan menambah opsi moda transportasi masyarakat rute Cipatat – Sukabumi atau sebaliknya.

Bahkan, waktu tempuh yang diperlukan KA rute Cipatat – Sukabumi atau sebaliknya, diklaim hanya mencapai 2,5 jam atau 150 menit.

stasiun cipatat pesona prima 7 rajamandala

Stasiun Cipatat (Kode CPT 1517)

Berlokasi di Jalan Raya Cianjur–Padalarang, Cipatat, Cipatat, Bandung Barat, Jawa Barat 40554, Indonesia.

KA di Stasiun Cipatat (CPT)

Relasi Cipatat (CPT) – Sukabumi (SI)

  • Siliwangi, Kelas Ekonomi

Jadwal Keberangkatan dari Stasiun Cipatat 

No. KA KA Tujuan Berangkat
435 Siliwangi Sukabumi (SI) 08:45 WIB
437 Siliwangi Sukabumi (SI) 14:45 WIB
439 Siliwangi Sukabumi (SI) 20:35 WIB

Jadwal Kedatangan di Stasiun Cipatat 

No. KA KA Tiba
436 Siliwangi 08:11 WIB
438 Siliwangi 14:11 WIB
440 Siliwangi 20:11 WIB

Harga Tiket Kereta Api dari Stasiun Cipatat Ke Sukabumi Hanya 5000 Rupiah

harga tarif tiket dari stasiun cipatat ke sukabumi
Aplikasi KAI Access

Tarif KAI Ekonomi Cipatat – Sukabumi Rp. 5000 dengan perjalanan selama 2 jam 30 menit.

  1. Perjalanan pada Pagi hari dengan kereta Siliwangi (435) dari Cipatat jam 08.45 sampai Sukabumi jam 11.11 siang hari
  2. Perjalanan pada Siang hari dengan kereta Siliwangi (437) dari Cipatat jam 14.45 sampai Sukabumi jam 17.11 sore hari
  3. Perjalanan pada Malam hari dengan kereta Siliwangi (439) dari Cipatat jam 20.35 sampai Sukabumi jam 23.01

Tiket dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access 

Kereta Api Siliwangi melayani rute perjalanan Pulang Pergi (PP) untuk Cipatat (CPT) – Sukabumi (SI). Berikut adalah informasi perjalanan dari rute Sukabumi (SI) – Cipatat (CPT) dan Cipatat (CPT) – Sukabumi (SI) untuk Kereta Api Siliwangi sesuai Gapeka 2021:

Fasilitas Kereta Api Siliwangi

Secara keseluruhan fasilitas dari Kereta Api Siliwangi dari tahun ke tahun mengalami peremajaan yang semakin memberikan kenyamanan bagi para penumpangnya. Mulai dari bentuk fisik kereta hingga peningkatan fasilitas yang mencakup penambahan jumlah toilet, rem darurat, peredam suara, CCTV, dan smoke-detector. Semua fasilitas ini disediakan untuk menunjang keselamatan dan keamanan dari para penumpangnya. Selain fasilitas, Kereta Api Siliwangi juga memiliki kelas kereta yang bervariasi, berikut informasinya:

Kelas Ekonomi Kereta Api Siliwangi

Kelas Ekonomi merupakan kelas terbaru yang dimiliki oleh Kereta Siliwangi. Berada sedikit di atas Kelas Ekonomi, fasilitas yang diberikan juga lebih lengkap seperti AC dan toilet. Kelas Ekonomi Siliwangi mampu menampung 106 penumpang yang disusun 3-2 dengan kursi saling berhadapan dan tidak bisa direbahkan.

Jadwal Kereta Api Siliwangi KA 435/437/439 Rute Cipatat (CPT) – Sukabumi (SI)

Stasiun KA 435
Kedatangan Keberangkatan
Cipatat (CPT) 08:45 WIB
Cipeuyeum (CPY) 09:04 WIB 09:05 WIB
Ciranjang (CRJ) 09:16 WIB 09:17 WIB
Cianjur (CJ) 09:40 WIB 09:43 WIB
Cibeber (CBB) 10:08 WIB 10:09 WIB
Lampegan (LP) 10:34 WIB 10:35 WIB
Cireungas (CRG) 10:44 WIB 10:45 WIB
Gandasoli (GDS) 10:55 WIB 10:56 WIB
Sukabumi (SI) 11:11 WIB

Perlu Diketahui Stasiun Cipatat berada dekat dengan Perumahan Subsidi Pesona Prima 7 Rajamandala. Hunian subsidi ini merupakan bagian dari program pemerintah agar masyarakat dapat membeli rumah dengan harga dan cicilan yang ringan.

stasiun cipatat sangat dekat dengan perumahan pesona prima 7 rajamandala
stasiun cipatat sangat dekat dengan perumahan pesona prima 7 rajamandala

Pesona Prima 7 Rajamandala Rumah Subsidi Nyaman, Lokasi Strategis di Jalan Raya Nasional III Bandung-Cianjur, Sertifikat SHM dengan Harga Terjangkau

Karangan Bunga dari Bank BTN Syariah dan Mapi Saber pungli di acara grand opening pesona prima 7 rajamandala

Perumahan Subsidi Syariah Berkualitas Pesona Prima 7 Rajamandala Kabupaten Bandung Barat

Pesona Prima 7 Rajamandala Hadir dengan desain kekinian double dinding, bisa parkir mobil di teras rumah dan dua kamar tidur.

Brosur Pesona Prima 7 Rajamandala

Download Brosur Perumahan subsidi Pesona Prima 7 Rajamandala

Hubungi Kami Sekarang Juga, Buruan Jangan Sampai Kehabisan !!!

Logo WhatsApp
0813-1313-4877

Perumahan subsidi ini juga berada di lokasi strategis dengan akses transportasi yang mudah menuju jalan tol padalarang, pasar rajamandala, sekolah, hingga tempat wisata Plta Saguling, situ ciburuy, wana wisata pokland, Jembatan Rajamandala, sanghyang heuleut, sanghyang kenit, sanghyang poek, Cikahuripan “Green Canyon” Saguling dan masih banyak lainnya.

Sumber Dilansir Dari Laman

Wikipedia

Tiket.com