RUMAH subsidi pesona prima cikahuripan 6

Ada beberapa tips jitu agar tabungan untuk beli rumah tidak terganggu. Salah satunya adalah dengan berhemat dan merencanakan keuangan dengan sebaik-baiknya. 

 

Anda memerlukan beberapa arahan agar rencana membeli rumah berjalan dengan lancar. Mengingat setiap tahun harga rumah mengalami lonjakan, Anda dan pasangan perlu mengetahui tips menabung beli rumah. 

 

Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat memiliki rumah sendiri adalah dengan menerapkan beberapa tips berikut ini, seperti dikutip dari Lifepal.

1. Investasi sejak dini

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mulai terjun investasi sejak dini. Pasalnya, keuntungan yang didapat dari investasi itu umumnya jangka panjang.

Maksudnya di sini adalah, keuntungan yang Anda dapatkan dari investasi baru akan terasa di beberapa tahun bahkan puluhan tahun mendatang.

 

Kalau ingin lebih terasa untungnya, Anda bisa terjun ke investasi saham langsung. Tapi sebelumnya, Anda perlu memahami betul cara investasi agar tak salah jalan atau Anda bisa memilih investasi emas batangan.

2. Bikin target jumlah

Menabung tanpa tujuan layaknya pergi tanpa arah jalan. Pasti, Anda akan cepat menyerah dan pada akhirnya menghabiskan tabungan sebelum keinginan membeli rumah tercapai.

 

Jadi, wajib membuat target jumlah tabungan Anda untuk membeli rumah. Lakukan perhitungan keuangan dengan baik, termasuk menentukan rasio tabungan yang bisa dilakukan di dalam pendapatan tetap bulanan yang Anda terima.

3. Investasi tanpa depresiasi nilai

Salah satu cara buat menabung untuk membeli rumah adalah dengan berinvestasi. Tapi, tidak boleh sembarang pilih alat investasinya karena tidak semua bisa memberikan nilai investasi yang stabil.

 

Ada banyak barang investasi yang bisa Anda beli dan simpan dalam jangka waktu lama sebagai usaha untuk menabung tanpa depresiasi nilai. Sebut saja emas, properti kecil-kecilan, hingga barang koleksi seperti sneaker atau mobil dan motor tua. 

4. Sisihkan di awal bulan

Terkadang, usaha kita buat menabung untuk membeli rumah terhambat karena gaya hidup kita. Pemasukan yang biasa datang di akhir atau menuju awal bulan lebih cepat habisnya karena sifat konsumtif. 

 

Salah satu cara biar bisa menabung efektif dengan menyisihkan sebagian pendapatan di awal bulan. Misalnya Anda menyisihkan 20-30 persen dari pendapatan untuk ditabung.

5. Terapkan gaya hidup hemat

Hemat bukan berarti pelit. Jadi Anda tetap bisa membeli barang kebutuhanmu tapi hanya caranya aja yang berbeda. Gimana maksudnya?

 

Misalnya selama ini Anda beli sabun mandi dengan ukuran sedang yang habis setiap dua minggu. Untuk selanjutnya, bisa membeli sabun mandi refill ukuran besar yang biasanya untuk harga tidak terlalu jauh.

 

Memulai pola hidup hemat memang akan terasa sulit di awal, terutama buat Anda yang terbiasa mengeluarkan uang tanpa pikir panjang.

6. Membuat financial plan setiap bulan

Percaya atau tidak, membuat financial plan setiap bulan akan membantu untuk menggapai impian Anda. Jadi, dengan adanya rencana keuangan tentu membuat Anda lebih cermat dan perhitungan. 

 Anda juga akan terhindar dari kebiasaan menghabiskan uang tidak jelas. Selain itu, financial plan juga akan membantu Anda untuk memiliki hitungan yang tepat untuk memenuhi semua kebutuhan dan bahkan keinginan.

 Untuk beli rumah, Anda harus menetapkan jumlah yang akan konsisten setiap bulan di tabung. Seberapa pun nominalnya, Anda harus patuh dengan jumlah yang sudah ditetapkan.

7. Membuat rekening tabungan terpisah

Tips menabung selanjutnya yang bisa kamu lakukan agar dapat beli rumah adalah dengan membuat rekening tabungan yang tidak bisa diambil.

 

Hal itu bertujuan agar kamu dapat terhindar dari godaan saat menabung. Pasalnya kalau tidak seperti itu, saat Anda melihat ada barang sedang diskon, bisa saja langsung tergoda untuk menggunakannya.

 

Karena itu sebaiknya memiliki rekening tabungan yang tidak bisa diambil. Sudah banyak yang ditawarkan oleh bank, salah satunya adalah tabungan berjangka.

Sumber Dilansir Dari Laman

https:// www. medcom. id / properti/tips-properti/aNr9xlzK-catat-7-cara-menabung-beli-rumah