Meja-Kerja-Ergonomis

Pandemi COVID-19 yang menyerang seluruh dunia membuat pola kerja ikut berubah. Banyak perusahaan mulai menerapkan sistem work from home (WFH) untuk tetap menjaga keberlangsungan perusahaan.

Akan tetapi, belum begitu banyak karyawan yang terbiasa bekerja dari rumah. Kendala yang sering dijumpai adalah ruang kerja di rumah yang tidak nyaman dan sangat berbeda dengan suasana kantor.

Akibatnya Anda justru kurang produktif dan semangat bekerja. 

 

Tips Desain Ruang Kerja di Rumah Selama WFH

Desain ruang kerja merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan produktivitas dan semangat bekerja. Ruang kerja di kantor umumnya memberikan berbagai kenyamanan mulai dari kursi yang empuk, meja yang ergonomis, dan pemilihan cat tembok yang menarik.

Sayangnya, ruang kerja di rumah tidak selalu sama dengan di kantor. Agar semakin betah dan produktif saat WFH, yuk simak tips menyusun ruang kerja untuk WFH! 

1. Pilih Kursi yang Nyaman

Pilih-Kursi-yang-Nyaman

Anda akan duduk dalam waktu yang cukup lama untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan seperti di kantor. Jika di kantor, kursi yang digunakan adalah kursi yang didesain khusus kerja.

Anda tentu tidak bisa fokus bekerja ketika duduk di kursi yang kurang nyaman. Maka dari itu, pilih kursi yang nyaman agar Anda tidak kesemutan atau kram karena posisi duduk yang tidak nyaman. 

 

2. Meja Kerja Ergonomis

Meja-Kerja-Ergonomis

Selain kursi, pastikan pula meja kerja nyaman dan ergonomis sesuai postur tubuh Anda.Penggunaan meja kerja yang ergonomis dapat melindungi Anda dari nyeri otot akibat terlalu lama bekerja. Anda bisa memilih model meja yang serupa di kantor. Sebab, meja kerja di kantor umumnya sudah ergonomis agar membuat karyawan nyaman bekerja. 

 

3. Letakkan Meja Kerja Agak Jauh dari Kasur

3. meja-kerja-jauh-dari-kasur

Mungkin salah satu godaan karyawan selama WFH adalah kasur.

Saat melihat kasur, bawaannya ingin bermalas-malasan dan akhirnya malah kurang fokus. Jika Anda ada space lebih di rumah, letakkan meja kerja di luar kamar pribadi. Namun jika space di rumah Anda agak terbatas, tidak apa meletakkan meja kerja di kamar. Pastikan jaraknya tidak dekat-dekat dengan kasur! 

Sumber Dilansir Dari Laman

https:// www. Linovhr. Com /desain-ruang-kerja-di-rumah/