Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Menyambut Musim Haji

Sebagai negara dengan mayoritas Islam terbanyak di ASIA, Indonesia seringkali mengirim jamaah untuk melakukan ibadah haji di musim haji, tepatnya di bulan Muharram, Dzulqa’dah, dan Dzulhijjah. Jika Anda sudah merencanakan keberangkatan, jangan lupa untuk mempersiapkan segala kebutuhan yang nantinya akan mendukung ibadah haji menjadi lebih lancar.

Baca Juga: Pesona Prima 7 Rajamandala, Rumah Subsidi dengan Fasilitas Terbaik di Bandung

Musim Haji 2024

Setiap tahun, Indonesia mengirim banyak Jemaah calon haji untuk berangkat ke Tanah Suci guna melaksanakan ibadah haji di bulan Dzulqa’dah, dan Dzulhijjah. Hal itu pun terjadi di tahun 2024, dimana gelombang pertama dijadwalkan pada tanggal 12-23 Mei 2024 dan gelombang kedua dari tanggal 24 Mei – 10 Juni.

Sedangkan puncak ibadah haji terjadi berbarengan dengan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada bulan Dzulhijjah. Nantinya, disana orang-orang yang datang untuk melakukan ibadah haji akan melaksanakan rukun-rukun haji, seperti sa’I, wukuf di Arafah, mencukur rambut, dan juga tawaf.

Semua itu sudah ditentukan dan diajarkan oleh Nabi Muhammad saw pada saat Haji Wada’. Diharapkan semua orang yang ada di Tanah Suci khusyuk serta khidmat selama melakukan rangkaian-rangkaian yang ada. Tujuannya adalah untuk memperoleh pahala, mendekatkan diri dengan Allah swt, dan juga mendapatkan keberkahan.

Jadi, sebelum berangkat, semua peserta calon haji wajib mempelajari dan mencari tahun mengenai tata cara pelaksanaan haji agar nanti disana tidak bingung atau terkendala. Oleh karena itu, beberapa persiapan di bawah ini berperan penting untuk membantu melancarkan kegiatan ibadah rukun kelima tersebut.

Persiapan Ibadah Haji

Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Menyambut Musim Haji

Ibadah haji sendiri masuk ke dalam rukun Islam yang kelima. Banyak orang menantikan bulan Dzulhijjah untuk melaksanakan ibadah satu ini. Apalagi di musim haji, orang-orang akan berbondong-bondong mendaftarkan diri mereka supaya bisa masuk kuota. Oleh karena itu, supaya ibadah berjalan lancar, berikut ini hal-hal yang perlu dipersiapkan calon peserta haji, diantaranya:

1. Membuat Rencana

Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah rencana. Pastikan untuk menyusun rencana terlebih dahulu. Hal ini berkaitan dengan daftar keperluan yang nantinya akan Anda perlukan saat menjalankan ibadah haji, seperti barang-barang, dokumen, berkas, dan lain sebagainya.

Ini merupakan aspek penting yang akan membuat ibadah haji Anda berjalan dengan lancar. Selain itu, perhatikan juga agar tidak terlalu banyak membawa barang bawaan. Harap seleksi barang-barang yang diperlukan saja supaya nantinya tidak terlalu memberatkan.

2. Menyelesaikan Urusan Keuangan

Keuangan menjadi hal penting yang juga harus Anda selesaikan. Jangan menyelesaikan hal ini terlalu terburu-buru atau mepet, karena nanti akan ada banyak kendala yang mungkin bisa menghambat prosesnya. Lakukanlah jauh-jauh hari guna meminimalisir adanya kekurangan.

Selain itu, pastikan juga untuk membawa uang yang cukup untuk biaya hidup maupun belanja selama berada di Tanah Suci. Jika perlu, lakukan penukaran uang di Indonesia agar nanti di sana tidak perlu bingung mencari tempat penukaran mata uang.

3. Mengurus Dokumen Keberangkatan

Hal selanjutnya yang perlu Anda siapkan jika ingin ibadah haji di musim haji adalah dokumen perjalanan, seperti paspor dan visa. Alangkah baiknya mengurus kedua dokumen ini jauh-jauh hari agar nanti tidak terburu-buru, apalagi prosesnya yang cukup lama sehingga tidak terlalu mepet dengan keberangkatan.

Tidak hanya itu, jika terjadi kendala, Anda dapat langsung memperbaikinya. Jika mengurus dokumen jauh-jauh hari, Anda juga akan merasa lebih tenang, sehingga bisa memenuhi kebutuhan lainnya. Selain itu, hal paling penting adalah tidak mengalami kendala saat berada di bandara atau ketika tiba di Tanah Suci.

4. Mempersiapkan Segala Kebutuhan Haji

Persiapan lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah kebutuhan untuk melaksanakan ibadah haji. Dalam hal ini, supaya lebih mudah, mempersiapkannya, sebaiknya dikelompokkan saja, seperti pakaian untuk digunakan selama berada di Tanah Suci, pastikan sesuai dengan aturan haji.

Kemudian, jangan lupa membawa alas kaki yang nyaman untuk memudahkan Anda bepergian dan juga perlengkapan sholat serta mandi. Setelah itu, bawa kebutuhan lain yang penting, seperti charger, kipas portable, dan lain-lain. Pastikan tidak terlalu banyak agar tidak terlalu ribet saat membawanya.

5. Meminta Pendapat Orang yang Sudah Pernah Melaksanakan Haji

Persiapan selanjutnya yang akan Anda perlukan untuk melaksanakan ibadah haji adalah pendapat orang lain yang sudah pernah melakukan ibadah ini. Dengan berbagai bahan obrolan, Anda bisa mendapatkan wawasan serta pengalaman berharga mengenai tata cara menjalankan ibadah haji dengan benar.

Selain itu, Anda juga bisa menanyakan mengenai barang-barang yang perlu untuk dibawa serta persiapan diri yang harus dipersiapkan sebelum keberangkatan. Anda dapat menyesuaikan rekomendasi barang-barang tersebut dengan kebutuhan pribadi, apakah perlu atau tidak.

6. Menjaga agar Tubuh Tetap Fit

Suhu di Tanah Suci yang sangat berbeda dengan di Indonesia pastinya membutuhkan adaptasi. Selain itu, reaksi tubuh akan berbeda-beda. Untuk menghindari kondisi menurun, Anda harus menjaga agar tubuh tetap fit dan prima supaya bisa menjalani setiap rangkaian ibadah dengan khusyuk.

Oleh karena itu, sebelum keberangkatan, alangkah baiknya untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan mengikuti saran dokter. Jangan makan-makanan sembarangan yang bisa menimbulkan alergi atau lainnya. Selain itu, bawalah obat-obatan pribadi untuk berjaga-jaga.

Lihat Juga Video Akad Rumah Subsidi Bandung dari Kreasi Prima Land

Dengan segala keperluan yang sudah dipersiapkan secara baik, Anda siap melaksanakan ibadah haji di musim haji kali ini. Sebelum itu, pastikan untuk mempelajari tata cara ibadah dengan benar dan fokuskan untuk mendapatkan ridho dari Allah Swt. supaya kegiatan tersebut tidak sia-sia.