bank syariah merger

Tahun 2021 diharap akan menjadi masa pemulihan ekonomi nasional yang terpuruk akibat pandemi. Salah satu upaya pemulihan ekonomi diharap terjadi lewat merger bank syariah BUMN.

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan merger bank syariah yang merupakan anak usaha Himbara bakal terealisasi pada Februari 2021. Adapun merger bank syariah tersebut dilakukan antara, PT Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, dan BRI Syariah.

“Sedang dalam proses dan terjadi di Februari merger tiga bank syariah Himbara menjadi Bank Syariah Indonesia,” ujar dia dalam telekonfrensi, Rabu (2/12/2020).

Dalam keterangannya, baik Erick dan Hery mendatangi kediaman Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Kedatangan tersebut untuk melaporkan hasil merger dan pengembangan tiga bank syariah plat merah. Ketiga bank tersebut adalah PT Bank BRIsyariah Tbk. (BRIS), PT Bank Syariah Mandiri (BSM) dan PT Bank BNI Syariah (BNIS).

Merger Bank Syariah BUMN Erick ThohirDalam sesi pertemuan itu, Erick membeberkan jika Hery Gunardi lah sebagai dirut Bank Syariah BUMN. “Alhamdulillah, mendapat banyak masukan dan saran saat mengadakan pertemuan dengan Wapres @kyai_marufamin untuk melaporkan rencana kerja merger Bank Syariah bersama dengan Dirut Bank Syariah Himbara,” tulis Erick.

Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi mengatakan pertemuan ini membahas mengenai mekanisme dari pengembangan marger bank syariah. Rencananya, marger bank syariah ini direncanakan bisa beroperasi pada Februari 2021.

Bank hasil penggabungan yang bernama Bank Syariah Indonesia itu nantinya akan melakukan kegiatan usaha di 1.200 lebih kantor cabang dan unit eksisting yang sebelumnya dimiliki BRIsyariah, Bank Syariah Mandiri, serta BNI Syariah. Total aset Bank Syariah Indonesia nantinya mencapai Rp 214,6 triliun dengan modal inti lebih dari Rp 20,4 triliun. Jumlah tersebut menempatkan Bank Syariah Indonesia dalam daftar 10 besar bank terbesar di Indonesia dari sisi aset, dan Top 10 bank syariah terbesar di dunia dari sisi kapitalisasi pasar.

Sumber