Inilah Simulasi KPR untuk Milenial dan Gen Z yang Ingin Memiliki Hunian Sendiri

Saat ini sudah ada banyak pengembang dan perusahaan perbankan yang menyasar kalangan anak-anak muda ketika ingin memiliki rumah. Terbukti dengan adanya simulasi KPR untuk milenial dan Gen Z. Para generasi muda tersebut tentu akan mendapat kemudahan dalam mewujudkan hunian impian.

Baca Juga: Syarat Gaji KPR Rumah Subsidi yang Harus Karyawan Atau Pegawai Ketahui

Apa itu Simulasi KPR?

Persentase Kenaikan Harga Rumah Per Tahun yang Perlu Diketahui

KPR memang bisa menjadi pilihan ketika generasi muda ingin memiliki rumah sendiri. Sebelum itu, usahakan untuk mencari tahu terlebih dahulu mengenai simulasi kreditnya. Simulasi KPR adalah sebuah langkah paling penting dalam memperkirakan jumlah pengeluaran yang ingin dikeluarkan dalam pembelian rumah.

Mulai dari DP atau uang muka, cicilan setiap bulan, serta beberapa biaya-biaya lainnya yang dibebankan oleh perusahaan perbankan kepada nasabah. Dengan mengecek simulasi KPR maka Anda bisa mengetahui apakah pembayaran kredit hunian ini sesuai kemampuan finansial atau tidak.

Simulasi tersebut bahkan dapat Anda manfaatkan pula untuk mengetahui waktu dalam memilih tenornya. Contohnya jika memilih tenor jangka panjang maka biaya per bulannya akan lebih ringan. Kemudian jika tenornya dalam jangka pendek tentu memerlukan cicilan lebih tinggi.

Simulasi KPR untuk Milenial dan Gen Z

Ketahui Syarat KPR Rumah Bandung Bersubsidi Sebelum Membeli Hunian

Jika Anda ingin memahami perhitungan KPR untuk generasi Z dan milenial, maka sebenarnya hal ini dapat dilakukan secara manual. Contohnya saja apabila Anda membeli rumah dengan harga Rp300 juta kemudian DP yang diambil sebesar 15 persen dari harga tersebut serta tenornya selama 10 tahun.

Kemudian bunga flat sebesar 10 persen maka simulasi cicilannya yakni Rp300 juta – (15% x Rp300 juta) maka pokok pinjamannya Rp255 juta. Untuk angsurannya maka Rp255 juta x 10% x 10 / 120 bulan hasilnya diperoleh biaya cicilan Rp3.369.844 per bulannya.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi situs resmi dari perusahaan perbankan yang menyediakan layanan KPR beserta simulasinya. Beberapa bank bahkan telah menyediakan kalkulator khusus untuk mengecek simulasi cicilan KPR maupun DP awalnya sehingga semakin mudah memahaminya.

Jenis-jenis KPR untuk Milenial dan Generasi Z dari Berbagai Bank

Inilah Simulasi KPR untuk Milenial dan Gen Z yang Ingin Memiliki Hunian Sendiri

Sekarang ini sudah ada banyak perusahaan perbankan yang memberikan layanan KPR untuk para anak-anak muda di tanah air. Oleh sebab itu, ketahui jenis-jenis KPR tersebut sesuai dengan layanan dari berbagai banknya. Terlebih setiap bank tentu memiliki ketentuannya sendiri-sendiri. Berikut diantaranya:

1. KPR BTN

Merupakan layanan kredit rumah yang ditawarkan oleh BTN dengan nama KPR Gaeesss for Milenial. Anda bisa menggunakan produk ini yakni produk relaunched dari KPR BTN Gaess. Untuk produk barunya sendiri berbeda dengan pendahulunya karena dapat diajukan dengan mudah termasuk secara online.

Plafon kredit KPR ini tidak dibatasi serta akan disesuaikan dengan kemampuan debitur/pemohon. Adapun uang muka yang perlu dibayarkan mulai 1 persen. Keuntungan lainnya yakni tersedia tenor panjang hingga 30 tahun. Sedangkan suku bunganya single digit dengan diskon provisi serta biaya admin.

2. KPR BJB

KPR BJB Gaul merupakan layanan KPR dari Bank BJB bagi anak-anak milenial untuk membeli rumah. Layanan ini sendiri cocok bagi para fresh graduate yang rata-rata pendapatan mereka sekitar Rp4-5 jutaan saja per bulan sehingga cukup sulit dalam membeli properti secara cash.

Jika memiliki kredit dari bank satu ini maka akan mendapatkan bunga cukup kompetitif. Anda perlu menyiapkan uang muka minimal sekitar 5 persen saja. Untuk tenor pinjamannya sendiri bisa selama 25 tahun dengan plafon pinjaman sampai Rp1,5 miliar.

3. KPR BSI

Anda tentu sudah tidak asing dengan kehadiran Bank Syariah Indonesia atau BSI. Perusahaan perbankan ini juga menawarkan KPR Milenial BSI Griya Simuda yang sangat cocok bagi generasi milenial maupun gen Z di tanah air. Pasalnya, memiliki rumah impian akan jauh lebih mudah.

KPR tersebut menawarkan plafon pembiayaan dengan nominal cukup besar. Tersedia angsuran ringan secara tetap tanpa perlu khawatir membayar lebih mahal di beberapa tahun selanjutnya. Terdapat pula ekstra tenor sampai 30 tahun dengan bebas biaya penalti, provisi, hingga appraisal.

4. KPR Bank Mandiri

Bank Mandiri ini menawarkan layanan bernama KPR Milenial untuk anak-anak muda yang ingin membeli rumah. Kehadirannya memilki limit kredit lebih besar karena akan mempertimbangkan kenaikan penghasilan di setiap tahunnya. Adapun plafonnya mencapai Rp200 juta hingga Rp3 miliar.

Sebagai perhitungan simulasi, nasabah mendapatkan angsuran berjenjang selama 5 tahun pertama. Kemudian akan mengalami jenjang kenaikan angsuran 10 persen setiap tahun. Tenornya pun beragam mulai 10, 15, 20, hingga 20 tahun dengan bunga kompetitif.

5. KPR OCBC NISP

Produk KPR dari bank ini bernama Easy Start yang dapat dipakai untuk membeli hunian impian dengan mudah. Layanan ini hadir dengan penawaran masa tenor sampai 25 tahun. Sedangkan limit pinjamannya mulai Rp100 juta hingga Rp2,5 miliar sehingga cukup besar.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengambil KPR dari bank OCBC NISP, maka perlu memenuhi beberapa persyaratannya dahulu. Seperti memiliki usia paling rendahnya 21 tahun dengan status WNI, memiliki penghasilan minimal Rp3 juta serta maksimalnya Rp50 juta setiap bulan.

6. KPR BNI

KPR milineal BNI yang bernama KPR BNI Griya ini hadir bagi anak-anak muda maupun pasangan yang baru saja menikah ketika ingin memiliki hunian secara kredit. Tersedia pembelian rumah baik itu subsidi maupun non subsidi dengan suku bunga 4,74 persen setiap tahunnya.

Suku bunga fixed untuk 1 tahun pertamanya memiliki opsi bayar bunga hingga 2 tahun. Sedangkan masa cicilannya sebesar 30 tahun. Untuk mengajukannya, maka nasabah perlu berusia minimal 21 tahun serta maksimal usia 55 tahun bagi karyawan kemudian 65 tahun bagi wiraswasta saat kredit lunas.

Inilah Simulasi KPR untuk Milenial dan Gen Z yang Ingin Memiliki Hunian Sendiri

Lihat Juga Video Akad Rumah Subsidi Bandung dari Kreasi Prima Land

Sangat penting untuk memperhatikan dahulu simulasi KPR untuk milenial dan Gen Z sebelum mengambil kredit rumah tersebut. Terlebih rumah merupakan salah satu jenis properti penting yang dapat dijadikan aset di masa mendatang sehingga penting untuk memilikinya termasuk bagi kalangan anak-anak muda.