Tips Mengelola THR untuk DP Rumah Secara Tepat dan Maksimal

Tips mengelola THR untuk DP Rumah. Hari Raya Idul Fitri sudah hampir sampai dan kebanyakan dari Anda pastinya sudah mendapatkan Tunjangan Hari Raya dengan jumlah yang lumayan. Apakah pernah terbesit dalam pikiran ingin mengalokasikan dana tersebut sebagai uang muka hunian? Jika iya, ketahui tips lengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: Kreasi Prima Land Dianugerahi Penghargaan “The Most Inspiring Developer” oleh Bank BTN Syariah Bekasi

Tips Mengelola THR untuk DP Rumah

Kreasi Prima Land Rumah KPR Subsidi Syariah Bandung

Untuk membayar uang muka rumah impian memang harus direncanakan dengan baik agar nantinya tidak terjadi kendala, sehingga perencanaan tersebut juga bisa tepat sasaran. Oleh karena itu, Anda membutuhkan beberapa tips yang dapat membantu mengelola THR yang ditujukan untuk DP rumah, sebagai berikut:

1. Pilih Rumah yang Diinginkan

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melihat katalog rumah yang diperjual belikan. Biasanya, informasi yang terdapat di dalamnya sudah lengkap sehingga dapat membantu pembeli menentukan spesifikasi hunian yang diinginkan.

Kemudian, pastikan semua aspek yang ada di dalam rumah sudah sesuai dengan kebutuhan Anda agar nantinya hunian tersebut nyaman untuk ditempati. Tidak hanya itu saja, melalui katalog, calon pembeli juga dapat memperkirakan berapa besaran biaya yang harus dikeluarkan.

2. Hitung THR yang Didapatkan

Tips mengelola THR untuk DP rumah selanjutnya yakni dengan menghitung tunjangan hari raya yang akan didapatkan. Jika sudah tahu besaran dananya, tentu akan lebih mudah membuat perencanaannya. Tidak hanya itu saja, dengan memperhitungkan hal tersebut, Anda bisa mengalokasikan dana untuk keperluan lainnya.

Setelah itu, hitung besaran DP rumah yang sudah dipilih tadi apakah bisa dibayar menggunakan uang THR secara keseluruhan atau tidak. Mengingat hal ini dapat membantu meringankan biaya tambahan lain kedepannya. Jika belum cukup, alangkah baiknya ditabung terlebih dahulu.

3. Berhemat

Kunci berhasil dalam membeli rumah impian adalah jangan boros. Seperti pepatah yang mengatakan “sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit”. Ini menandakan jika peran menabung sangatlah penting bagi mereka yang ingin mencapai tujuan tertentu dalam hidup.

Cara ini memang sedikit sulit untuk dilakukan, terutama bagi mereka yang belum terbiasa menabung. Selain itu, agar tabungan tetap terisi dan kebutuhan terpenuhi, alangkah baiknya membuat daftar hal-hal yang harus dipenuhi supaya dapat memilah dengan baik.

4. Memanfaatkan Adanya Promo

Saat ini, ada banyak sekali yang namanya promo, bahkan jika Anda ingin membeli rumah sekalipung. Dengan promo, calon pembeli setidaknya bisa mengurangi biaya pembayaran uang muka atau cicilan rumah. Mengingat potongannya juga cukup besar.

Anda bisa mendapatkan informasi mengenai ketersediaan promo tersebut di berbagai platform, baik sosial media, website resmi penyedia, dan lain sebagainya. Pastikan untuk melakukan perhitungan dengan tepat untuk menghindari kekeliruan saat hendak membayarkan biaya yang ditetapkan.

5. Menggunakan Cicilan atau Kredit

Biasanya, tunjangan hari raya yang Anda dapatkan tidak lebih besar dari gaji selama perbulan. Jika ingin menggunakannya untuk pembayaran uang muka hunian, alangkah baiknya mengambil cicilan atau kredit. Dengan begitu, DP nya tidak akan terlalu besar.

Tentu hal ini dapat mempermudah Anda mengalokasikan dana dengan lebih tepat agar nantinya pelunasan uang muka bisa dilakukan dengan lebih mudah tanpa perlu menunggu waktu terlalu lama lagi. Dalam hal ini, perlu sekali untuk mencari jasa penyedia hunian terpercaya.

Apa yang Bisa Anda Gunakan dengan THR?

Tips Mengelola THR untuk DP Rumah Secara Tepat dan Maksimal

THR atau tunjangan hari raya memang banyak ditunggu oleh berbagai kalangan karena hanya terjadi satu tahun sekali. Dalam hal ini, pengalokasian dana secara tepat sangatlah penting sebab bisa membantu memenuhi kebutuhan yang sudah direncanakan dari lama. Lalu, apa saja manfaatnya?

 1. THR untuk Investasi

Siapa sangka jika THR atau tunjangan hari raya juga bisa Anda jadikan sebagai dana Investasi. Hal ini berperan sangat besar bagi kehidupan di masa depan. Namun, sebelum itu harus tetap memastikan jika kondisi keuangan stabil dan aman, supaya tidak mengganggu pemenuhan kebutuhan yang lebih penting.

Dengan terjun ke bidang investasi properti ini, Anda dapat mempersiapkan diri dalam menabung untuk masa depan serta meminimalisir hal tidak diinginkan yang berkaitan dengan uang. Dalam hal ini, ada beberapa jenis investasi yang bisa dipilih, seperti apartemen, ruko, kos-kosan, dan lain sebagainya.

2. THR untuk Cicilan Rumah

THR yang Anda dapatkan di tempat kerja juga bisa dijadikan sebagai dana untuk membantu mencicil rumah. Ini akan sangat membantu dalam meringankan pengeluaran pada bulan tertentu, sehingga dana lain dapat dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Jika dana THR melebihi jumlah cicilan, sebaiknya menyisihkan uang sisa tersebut untuk membayar cicilan atau kredit rumah di bulan depan. Tentu hal ini bisa berdampak besar bagi pengelolaan uang yang sedang Anda rencanakan agar nantinya tidak ada hambatan selama masa pembayaran.

3. THR untuk Melunasi Hutang

Selanjutnya, THR juga bisa Anda gunakan untuk melunasi hutang. Apakah sekarang sedang memiliki cicilan atau kredit rumah? Jika iya, tunjangan hari raya ini akan berperan penting dalam pelunasannya. Mengingat angsuran KPR yang dibebankan harus dibayar tepat waktu oleh pencicil.

Jika hal ini tidak diperhitungkan dengan baik, kemungkinan Anda akan menunggak angsuran KPR sehingga menimbulkan sanksi dari pihak pengembang atau bank. Oleh karena itu, guna menghindari hal tersebut, alangkah baiknya mengambil langkah yang tepat dengan menggunakan THR.

Lihat Juga Video Akad Rumah Subsidi Bandung dari Kreasi Prima Land

Itu tadi informasi berkaitan dengan tips mengelola THR untuk DP rumah yang bisa Anda jadikan sebagai strategi agar keinginan memiliki hunian sendiri dapat dicapai. Selain itu, jangan lupa juga untuk memperhitungkan segala kemungkinan serta rencana supaya semuanya berjalan sesuai tujuan.