Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran agar Aman

Tinggal menghitung jari, hari raya Idul Fitri sudah menanti. Belum tahu tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran? Jangan sampai dalam perjalanan Anda tidak tenang karena khawatir kondisi rumah. Apalagi jika ingin pulang kampung dalam kurun waktu yang cukup lama.

Baca Juga: Kreasi Prima Land Dianugerahi Penghargaan “The Most Inspiring Developer” oleh Bank BTN Syariah Bekasi

Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

PP 8 BJR

Sebelum mudik, alangkah baiknya Anda mempersiapkan segala kebutuhan dan keperluan yang akan membuat perjalanan pulang kampung terasa lebih nyaman. Salah satunya adalah mempersiapkan rumah yang nantinya ditinggal cukup lama. Berikut ini beberapa tips yang perlu diterapkan!

1. Mengunci Pintu dan Jendela dengan Rapat

Mengenal Apa itu KPR Subsidi dan Perbedaannya dengan Non Subsidi

Mengunci pintu dan jendela menjadi tips pertama yang harus dilakukan jika ingin meninggalkan rumah saat mudik lebaran. Karena ini merupakan jalur keluar masuk orang. Kalau lupa melakukannya, kemungkinan besar rumah akan kemalingan sehingga barang-barang berharga pun hilang.

Anda bisa menggunakan kunci yang memang didesain secara otomatis untuk menjaga keamanan rumah terutama saat ditinggal dalam kurun waktu yang lama. Sekarang sudah ada banyak yang menjual kunci khusus untuk itu, baik secara online maupun offline dengan harga yang terjangkau bagi siapapun.

2. Mencabut Gas dan Aliran Listrik

Perumahan Kreasi Prima Land, Harga Terus Naik dari Tahun ke Tahun

Tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran selanjutnya adalah dengan mencabut gas dan aliran listrik. Kedua hal ini berperan penting dalam menjaga agar rumah dalam kondisi aman. Aliran listrik ini biasanya ada pada kulkas, TV, dispenser, AC, dan alat-alat elektronik lainnya.

Selain itu, Anda juga perlu mencabut gas karena jika ditinggalkan dalam kurun waktu yang lama, hal ini bisa menimbulkan bahaya. Bahkan bisa menimbulkan kebakaran kalau terjadi kebocoran gas atau korslet. Oleh karena itu, ini menjadi aspek penting yang harus diperhatikan sebelum mudik lebaran.

3. Menyimpan Barang Berharga dengan Baik

Kehadiran Program Rumah Sejahtera Terpadu yang Sangat Membantu Masyarakat

Pastinya Anda tidak akan membawa barang-barang berharga selama mudik karena itu lebih riskan. Jika ingin meninggalkannya di rumah, harap disimpan dengan baik dan di tempat yang aman. Simpanlah barang-barang tersebut di brankas, lemari, atau tempat lainnya, lalu kunci yang rapat.

Pastikan juga menempatkan barang-barang tersebut di tempat yang tidak mudah dijangkau oleh orang lain. Dengan begitu, tips ini dapat membantu Anda meminimalisir adanya kemalingan atau pencurian selama mudik berlangsung, sehingga kegiatan bersama keluarga besar menjadi lebih tenang.

4. Mematikan Saluran Keran dan Air

Pengolahan Sampah Terpadu - Kreasi Prima Land

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mematikan saluran keran dan air. Pengecekan ini bisa dilakukan sebelum melakukan perjalanan. Pastikan semua sudah dicek dengan teliti untuk menghindari pembuangan air secara sia-sia serta menghindari rumah tergenang air.

Tidak hanya itu saja, apabila Anda lupa melakukan pengecekan keran dan saluran air, kemungkinan besar akan terjadi kerusakan terutama pada saluran listrik serta barang-barang penting lainnya. Oleh karena itu, harap mengecek secara teliti terlebih dahulu sebelum berangkat.

5. Menitipkan Rumah ke Orang Terpercaya

Inilah Simulasi KPR untuk Milenial dan Gen Z yang Ingin Memiliki Hunian Sendiri

Tidak semua orang mudik di hari yang sama. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk meminta tolong kepada tetangga atau saudara menjaga rumah selama mudik. Pastikan juga tidak menitipkan rumah ke orang yang tidak dipercaya guna menghindari hal-hal tidak diinginkan kedepannya.

Tidak perlu meminta mereka untuk tinggal di rumah. Sesekali minta bantuan kepada orang yang Anda titipkan untuk memeriksa keadaan rumah sesekali selama mudik. Kemudian, jangan lupa untuk melaporkan hal tersebut kepada ketua RW/RT serta petugas keamanan supaya kondisi rumah aman.

6. Membersihkan Rumah serta Menutup Lubang Pembuangan

Ketahui Tipe dan Ukuran Rumah Subsidi Sebelum Membeli

Tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran selanjutnya yakni dengan membersihkannya serta menutup lubang pembuangan. Mudik akan terasa lebih nyaman saat kondisi rumah bersih, karena jika sudah kembali, Anda tidak perlu lagi terburu-buru membersihkannya.

Apalagi jika perjalanan jauh dan baru tiba di rumah, pasti akan sangat lelah. Selain itu, hal ini juga dapat membantu menghindari bau tidak sedap karena rumah ditinggalkan. Tidak hanya itu saja, jika saluran pembuangan ditutup, tidak akan ada lagi yang namanya jentik nyamuk.

7. Memasang CCTV di Tempat yang Strategis

Kenali Aturan Rumah Subsidi Terbaru yang Resmi dari Kementerian

CCTV menjadi salah satu alat yang dapat Anda jadikan sebagai tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran. Terutama jika menggunakan CCTV yang bisa dipantau dari tempat jauh. Ini akan sangat membantu dalam memantau kondisi rumah tetap aman, serta meminimalisir adanya kemalingan.

Saat ini, banyak CCTV dengan harga yang lumayan terjangkau. Selain itu, jangan lupa meletakkan CCTV di tempat yang strategis terutama jalan keluar masuk orang, karena ini dapat membantu Anda memantau apabila ada pergerakan dari orang-orang tidak dikenal atau mencurigakan.

8. Memasang Lampu Otomatis di Malam Hari

Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran agar Aman

Perkembangan teknologi di era saat ini sangatlah pesat. Dalam hal ini, Anda harus bisa memanfaatkannya dengan lebih tepat. Salah satunya yakni dengan memasang lampu otomatis. Dengan alat ini, rumah akan sentiasa menyala secara otomatis di malam hari, sehingga rumah tetap aman.

Lampu yang menyala di dalam rumah menandakan jika penghuninya ada, sehingga dapat meminimalisir adanya pencurian atau maling. Oleh karena itu, penting sekali untuk memasang lampu otomatis ini sekarang juga sebelum persiapan mudik lebaran dimulai agar tidak terburu-buru.

Lihat Juga Video Akad Rumah Subsidi Bandung dari Kreasi Prima Land

Itu tadi informasi berkaitan dengan tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran. Dengan beberapa tips di atas, Anda dapat membuat perjalanan mudik menjadi lebih tenang, aman, dan nyaman karena tidak perlu lagi khawatir dengan kondisi rumah. Apalagi jika semuanya sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari.