situ ciburuy padalarang

Peresmian Situ Ciburuy

Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) kini punya wajah baru. Objek wisata yang lokasinya ada di pinggir jalan itu jadi andalan baru selain Lembang.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama istrinya Atalya Praratya dan Plt. Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan datang langsung untuk meresmikan Situ Ciburuy yang telah direvitalisasi sejak tahun 2019 silam pada Sabtu 13 Agustus 2022.

peresmian situ Ciburuy setelah direvitalisasi

Kini, wajah baru destinasi wisata Situ Ciburuy secara keseluruhan tampak lebih cantik dan tertata rapi tanpa mengesampingkan fungsi air baku dan irigasi.”Revitalisasi Ciburuy selesai, yang dulu kurang tertata, warung-warungnya kumuh sekarang sudah bisa dilihat rapi, bersih, warga bisa berinteraksi dengan nyaman, UMKM-nya juga kita fasilitasi. Ini hadiah buat warga KBB menambahi pusat-pusat pariwisata yang sudah luar biasa di KBB,” ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil.

ridwan kamil resmikan situ ciburuy

peresmian situ Ciburuy setelah direvitalisasi

Situ Ciburuy sendiri, luasnya 41 hektare mulai direvitalisasi Pemprov Jabar pada  2019 dengan total anggaran Rp32 miliar. Revitalisasi situ yang memiliki kapasitas tampung air 1,2 juta kubik tersebut sempat tersendat karena anggaran harus dialihkan untuk penanganan COVID-19, namun setelah situasi membaik revitalisasi berlanjut.

“Total anggaran Rp32 miliar dari APBD Provinsi Jabar, di dua tahun anggaran yaitu 2019 dan 2020, memang agak tersendat karena pandemi COVID-19 tapi 2022 ini sudah bisa dimanfaatkan,” kata Emil.

ridwan kamil hengki kurniawan resmikan situ ciburuy

Emil mengatakan, situ, danau, maupun sungai yang keberadaannya jauh dari permukiman warga maka fungsinya hanya sebagai ekosistem air. Tetapi bila situ tersebut berada atau melintasi permukiman, maka harus ada fungsi tambahan yaitu sosial dan pariwisata.

situ ciburuy padalarang

“Seperti Situ Ciburuy ini selain fungsi irigasi dan penyediaan air baku juga ada fungsi rekreasi. Terlihat dari antusiasme warga yang luar biasa,” katanya.

Situ Ciburuy dikenal sejak dulu oleh masyarakat sebagai situ yang sulit untuk dipancing ikannya. Oleh karena itu saat peresmian, Gubernur bersama Plt. Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan menebarkan 77 ribu benih ikan di Situ Ciburuy.

Selain ikannya yang sulit dipancing, Situ Ciburuy juga sempat menjadi tempat peristirahatan favorit para pelaku perjalanan. Namun, area dinilai kurang representatif menjadi alasan mereka tak lagi berkunjung untuk beristirahat.

Namun kini setelah revitalisasi, Emil berharap Situ Ciburuy kembali menjadi rest area favorit pelaku perjalanan baik dari arah Bandung menuju Cianjur dan sekitarnya maupun arah sebaliknya.

Para pelintas, kata dia, selain akan dimanjakan oleh keindahan Situ Ciburuy, mereka juga bisa menikmati produk UMKM dan kuliner khas Bandung Barat.”Ini bisa kembali lagi menjadi rest area untuk pelaku perjalanan, berhentilah dulu karena di sini ada kegiatan jual beli barang dari produk UMKM kebanggan KBB, juga kulinernya yang khas sambil melihat situ yang kini sudah representatif,” kata Emil.

Perumahan Subsidi Syariah Bandung Barat

Perlu Diketahui Situ Ciburuy berada dekat dengan Perumahan Subsidi Pesona Prima 7 Rajamandala Hanya 30 Menit yang berjarak 15 km.

apabila menggunakan angkutan umum silahkan naik angkot yang berwarna kuning dari Padalarang – Rajamandala dan turun setelah Pom Bensin Rajamandala & RM. Ampera tepatnya di seberang Alfamart.

Hunian subsidi ini merupakan bagian dari program pemerintah agar masyarakat dapat membeli rumah dengan harga dan cicilan yang ringan.

Pesona Prima 7 Rajamandala Rumah Subsidi Nyaman Suasana Asri ditanami 1000 pohon berbuah, Lokasi Strategis di Jalan Raya Nasional III Bandung-Cianjur, Sertifikat SHM dengan Harga Terjangkau

Karangan Bunga dari Bank BTN Syariah dan Mapi Saber pungli di acara grand opening pesona prima 7 rajamandala

Perumahan Subsidi Syariah Berkualitas Pesona Prima 7 Rajamandala Kabupaten Bandung Barat

Pesona Prima 7 Rajamandala Hadir dengan desain kekinian double dinding, bisa parkir mobil di teras rumah dan dua kamar tidur.

Brosur Pesona Prima 7 Rajamandala

Download Brosur Perumahan subsidi Pesona Prima 7 Rajamandala

Hubungi Kami Sekarang Juga, Buruan Jangan Sampai Kehabisan !!!

Logo WhatsApp
0813-1313-4877