menu olahan daging idul adha

Hari Raya Idul adha akan dirayakan umat muslim pada hari Selasa 20 Juli 2021. 

Adapun sajian khas dari daging kurban menjadi salah satu menu yang dinanti selama hari raya bersama keluarga. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun Bisnis.com, ada lima jenis makanan yang paling lazim dihidangkan selama Idul Adha. 

Rata-rata menu tersebut dibuat dari daging hasil Qurban kambing dan sapi. 

Nah, berikut serangkaian menu makanan yang bisa jadi pilihan Anda memasak dan bersantap bersama keluarga untuk hari raya idul adha.

1. Sate 

sate
 Sumber Gambar Tamasia.co.id

Sate adalah menu khas Indonesia yang bisa diolah dengan daging ayam, daging sapi, maupun daging kambing. Saus yang menjadi pendamping juga sangat beragam yaitu saus kacang hingga saus kecap. Cara membuatnya pun sangat mudah, Anda cukup merendam dulu potongan daging dengan bumbu sebelum dibakar.

Baca Juga Cerita Rahmatulloh Konsumen Pesona Prima Cikahuripan 6 Meraih Izin Berhaji di Tengah Pandemi

2. Rendang

Rendang
 Sumber Gambar tamasia.co.id

Daging rendang salah satu masakan khas Indonesia yang tepatnya dari Sumatra Barat. Jangan heran jika rendang paling laku jika Anda temukan di Rumah Makan Padang. Popularitas masakan rendang bahkan sudah menembus mancanegara karena beberapa kali menduduki peringkat pertama makanan paling lezat sedunia. Nah, untuk membuat rendang juga tak terbatas dengan daging sapi kok. Anda bisa meraciknya dengan menggunakan daging kambing.

Baca Juga Keutamaan Puasa Arafah Sebelum Hari Raya Idul Adha

3. Semur 

semur
Sumber Gambar tamasia.co.id

Jika rendang menyajikan cita rasa gurih yang pedas, maka masakan semur dengan warna kecoklatan ini memberi rasa gurih dan asam manis karena kentalnya kecap manis dalam bumbu. Semua daging menjadi makanan wajib Idul Adha baik disajikan dengan daging sapi ataupun daging kambing.

4. Gulai Kambing

Gulai Kambing
Sumber Gambar tamasia.co.id

Untuk resep yang satu ini, memang paling cocok dengan menggunakan daging kambing. Apalagi jika bukan gulai kambing. Kentalnya kuah dengan perpaduan santan, serta bawang goreng sebagai pelengkap akan menambah kelezatan menikmati gulai kambing bersama anggota keluarga saat Idul Adha.

5. Sop Daging 

Sop Daging
sumber tamasia.co.id

Membuat sop daging adalah salah satu menu yang paling mudah dan cepat dalam mengolah protein untuk daging sapi maupun daging kambing. Selain lezat, mudah, dan cepat, masakan ini juga relatif sehat karena memiliki banyak campuran sayuran di dalamnya. Selain itu, sop ini akan lebih sehat jika digunakan tanpa menambahkan santan, sehingga sangat ramah dan aman bagi anggota keluarga yang punya sakit maag.

Baca Juga Pemotongan Hewan Qurban di Rumah Potong Hewan Ruminansia (RPH-R) Cibinong

6. Tengkleng

Tengkleng
Sumber tamasia.co.id

Tidak berbeda jauh dengan gulai, masakan khas Solo ini juga memiliki model sajian serupa. Hanya saja kuah tengkleng dibuat lebih encer dari gulai. Selain itu, dalam komposisinya cenderung lebih banyak tulang sumsum dan jeroan. Masakan ini bisa Kamu jadikan alternatif lain jika tidak ingin membuat sop daging. Sebab tengkleng juga cocok untuk memasak daging sapi atau kambing yang lebih banyak tulang dan jeroan.

7. Bakso

bakso
sumber femina.co.id

Makanan ini tak kalah menggodanya untuk dimasak saat Idul Adha. Variasinya pun banyak, kamu bisa menyesuaikan sesuai selera. Cara membuat bakso yang lezat dengan kuahnya yang segar dan gurih tidaklah sulit. Disajikan selagi hangat, terutama dicampur mie atau bihun, taoge, tahu, siomay dan lain-lain. Sungguh makanan yang nikmat banget! 

8. Sop Buntut

sop buntut
resepistimewa.com

Selain bakso, kamu bisa menikmati hidangan berkuah seperti sop buntut. Makanan dari olahan daging buntut sapi memang menggiurkan dan nikmat. Tentunya makanan ini lebih sehat karena dilengkapi berbagai macam sayuran dan rempah-rempah. Daging empuk dalam kuah kaldu sapi bening bersama irisan kentang, wortel, tomat, daun bawang, seledri, dan taburan bawang goreng.

9. Kambing Oven

kambing oven
sumber gambar idntimes.com

Sangatlah beruntung kalau kamu yang punya oven di rumah. Masakan khas Mesir ini membuat hidangan khas Idul Adha sungguh nikmat. Masakan ini biasanya menggunakan bagian paha kambing yang cepat empuk bila dimasak.

Cara masaknya mudah kok! Oleskan bumbu pada permukaan kambing sampai rata. Panggang dalam oven bersuhu 200 derajat Celsius selama 45 menit atau sampai matang. Tanda daging sudah matang yakni mudah ditusuk dengan garpu.

Sumber Dilansir Dari Laman

https://www.idntimes.com/food/dining-guide/reza-iqbal/7-makanan-khas-idul-adha/4

https://traveling.bisnis.com/read/20200730/223/1273280/ini-5-menu-masakan-wajib-ada-saat-iduladha

https://www.tamasia.co.id/hidangan-makanan-idul-adha/

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KREASI PRIMA LAND BANDUNG (@kreasiland.bandung)

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Official PT. Kreasi Prima Land (@kreasiland.bogor)