bsu cair melalui bank himbara termasuk bsi

BSU Cair Minggu Ini Melalui Bank BNI, BRI, Mandiri Serta BSI – Menaker RI, menargetkan penyaluran BSU pekerja terdaftar BPJS Ketenagakerjaan

Menaker Ida menyampaikan, sejauh ini 4,1 juta pekerja telah menerima BSU yang disalurkan melalui himpunan bank negara (Himbara), yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, dan Bank Syariah Indonesia (BSI).

Total penerima BSU yang tujuannya membantu pekerja terdampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) mencapai 14,6 juta pekerja.

“Sekitar 14,6 juta pekerja itu dari seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke,” kata Ida Fauziyah saat mengecek penyaluran BSU di Krisna Bali, Badung dikutip dari Antara, Rabu (14/9).

Dia menyampaikan prosesnya bakal terus berlangsung, terutama untuk para pekerja yang tidak masuk dalam jaringan bank Himbara dan BSI, BSU juga bakal disalurkan ke pekerja melalui Pos Indonesia.

“Dalam rangka mempercepat proses penyaluran itu, kerja sama juga dengan PT Pos Indonesia, karena banyak teman-teman tidak memiliki rekening bank Himbara,” kata Ida Fauziyah.

Menteri Ketenagakerjaan RI menjelaskan BSU yang diberikan kepada para pekerja merupakan bukti bahwa negara hadir membantu warga yang kesulitan terdampak kenaikan harga BBM.

“Pemerintah tidak pernah tidak hadir pada situasi sesulit apapun yang dihadapi oleh para pekerja,” kata dia.

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) atau BSI telah menyalurkan bantuan subsidi upah (BSU) sebesar Rp13,2 miliar kepada lebih dari 22.033 pekerja Indonesia hingga Rabu (14/9/2022).

Pada tahun 2022 ini,  Kementerian Tenaga Kerja menggandeng Bank Syariah Indonesia, juga Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, serta PT Pos Indonesia guna mempercepat penyaluran BSU tahun anggaran 2022 kepada 5.099.915 calon penerima BSU yang disampaikan BPJS Ketenagakerjaan.

Bali Salah Satu Provinsi Paling Banyak Terima BSU

Di lain hal, Menaker Ida juga menyebut Bali merupakan salah satu provinsi yang pekerjanya cukup banyak menerima BSU.

Dia menjelaskan banyaknya penerima BSU di Bali menunjukkan perusahaan di Pulau Dewata mulai menyadari pentingnya mendaftarkan para pekerja ke BPJS Ketenagakerjaan.

“Ternyata kesadaran para pengusaha (di Bali) untuk menyertakan pekerjanya ke dalam program BPJS itu keren,” kata Menteri Ketenagakerjaan RI.

Menaker Ida berharap BSU yang diberikan oleh pemerintah dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para pekerja. “Semoga program yang diberikan oleh pemerintah ini memberikan manfaat. Tetap semangat dalam kondisi apapun. Kita selalu bersama-sama bergandengan tangan menghadapi segala bentuk beban dan tantangan,” kata Ida Fauziyah kepada pekerja Krisna Bali yang telah menerima BSU.

BSU telah disalurkan sejak Senin 12 September 2022 dan tiap pekerja menerima Rp600.000.

Sebelum mencairkan BSU Rp600.000, masyarakat diminta untuk melakukan pengecekan terkait kepastian sebagai penerima manfaat.

Cara mengecek penerima BSU 2022

cek bsu di website bpjs ketenagakerjaan
Mengecek BSU di Website BPJS Ketenagakerjaan

Bagi seluruh peserta BPJS Ketenagakerjaan, mohon dapat berhati-hati terhadap informasi terkait Bantuan Subsidi Upah di luar web resmi BPJS Ketenagakerjaan. Informasi resmi tentang Bantuan Subsidi Upah hanya ada di web bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id

Pengumpulan data secara resmi hanya dapat dilakukan menggunakan aplikasi SIPP yang disediakan oleh BPJAMSOSTEK dan hanya dapat diakses oleh petugas perusahaan yang ditunjuk.

1. Kunjungi laman resmi kemnaker.go.id
2. Login akun kemnaker.go.id
3. Jika belum memiliki akun, Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu dan melengkapi data yang diperlukan
3. Lakukan aktivasi akun menggunakan kode OTP yang dikirim ke nomor handphone Anda
4. Login ke dalam akun Anda
5. Lengkapi profil biodata diri berupa foto profil, tentang Anda, status pernikahan, dan tipe lokasi
6. Cek pada bilah notifikasi tentang ketetapan Anda terdaftar dalam penerima BSU 2022
7. Anda juga akan mendapatkan notifikasi apabila dana bantuan sudah tersalurkan

Sumber dilansir dari laman

Merdeka.com  Bisnis.com