Ini Dia Daftar Harga Rumah Subsidi 2024 Terbaru dan Paling Lengkap

Ketika Anda ingin membeli hunian baru, maka pertimbangkan terlebih dahulu daftar harga rumah subsidi 2024. Nantinya harga tersebut bisa menjadi patokan untuk mendapatkan hunian yang diinginkan. Terlebih, soal harga rumahnya juga sudah diatur langsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Sekilas Tentang Rumah Subsidi

Drone View Perumahan KPR Subsidi Bandung

Ketahui bahwa rumah subsidi merupakan salah satu program pemerintah bagi orang-orang yang ingin membeli rumah dengan harga lebih terjangkau. Hunian ini akan dijual dengan harga lebih terjangkau yang telah disediakan sekaligus difasilitasi oleh pemerintah lewat dana APBN.

Tentu bisa jadi solusi terbaik apabila Anda ingin memiliki rumah sendiri dengan penghasilan tidak begitu tinggi per bulannya. Pemerintah telah menyediakan rumah subsidi yang telah dikelola langsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau Kementerian PUPR.

Adapun tujuan dilaksanakannya program ini tidak lain yaitu untuk mengurangi angka backlog. Yaitu selisih antara ketersediaan rumah dengan kebutuhan rumah. Tidak heran jika sampai saat ini peminat rumah bersubsidi cukup banyak sehingga jangan sampai tidak mencari tahu soal harganya.

Daftar Harga Rumah Subsidi 2024 Terbaru

Drone View Perumahan KPR Subsidi Bandung, Jawa Barat, Indonesia 2024

Membeli rumah subsidi bisa jadi solusi bagi Anda yang sudah memiliki keluarga kemudian ingin memiliki hunian sendiri. Sesuai dengan namanya, pembeli rumah akan memperoleh subsidi bantuan uang muka. Berikut informasi tentang harga rumah subsidi tersebut:

1. Wilayah Sumatera

Bagi Anda yang tinggal di wilayah Sumatera, maka penting mengetahui harga rumah subsidi di daerah ini. Untuk wilayah Sumatera kecuali Kepulauan Riau, Kepulauan Mentawai, dan Kepulauan Bangka Belitung harga rumah di tahun 2024 ini yaitu Rp166 juta.

Tentu bisa jadi pertimbangan apabila Anda ingin memiliki rumah sendiri di Sumatera. Memiliki hunian sendiri tentu akan meningkatkan kemudahan dan kenyamanan dalam menjalani kehidupan sehari-hari bersama dengan keluarga nantinya.

2. Wilayah Jawa

Rumah subsidi juga dapat Anda beli di wilayah Jawa dan sekitarnya. Tentu harga tersebut sudah ditetapkan sesuai dengan peraturan pemerintah sehingga jauh lebih rendah dibanding harga yang beredar di pasaran. Terlebih tersedia juga berbagai fasilitas dan subsidi lainnya.

Untuk wilayah Jawa kecuali Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi, dan Tangerang maka harga rumah subsidi terbaru di tahun 2024 ini adalah Rp166 juta. Harga tersebut memiliki kesamaan dengan wilayah Sumatera sehingga cocok menjadi pertimbangan ketika ingin membeli hunian baru.

3. Wilayah Kalimantan

Perlu Anda ketahui bahwa rumah subsidi ditujukan khusus bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah. Walaupun penghasilan mereka tidak terlalu tinggi, akan tetapi tetap berkesempatan untuk memiliki rumah sendiri dengan adanya program bantuan rumah bersubsidi dari pemerintah ini.

Apabila Anda ingin membeli rumah subsidi di wilayah Kalimantan, maka harga terbarunya yaitu Rp182 juta. Harga tersebut berlaku kecuali untuk Kabupaten Mahakam Ulu dan Kabupaten Murung Raya. Hunian ini tentu bisa jadi solusi terbaik ketika ingin membeli rumah dengan biaya lebih rendah di pasaran.

4. Wilayah Sulawesi

Masyarakat di wilayah Sulawesi juga memiliki kesempatan untuk membeli rumah bersubsidi dari pemerintah. Untuk harga hunian bersubsidi di tahun 2024 ini sendiri yaitu Rp173 juta. Termasuk untuk wilayah Bangka Belitung, Kep. Riau, dan Kep. Mentawai. Tetapi harga ini tidak berlaku pada Kep. Anambas.

Jika Anda memilih untuk membeli rumah non subsidi, tentu harganya jauh di atas dari angka tersebut. Pasalnya, rumah subsidi sendiri telah mendapatkan bantuan dari pemerintah serta tidak dikenakan juga yang namanya PPN. Tentu akan lebih menguntungkan jika memilihnya.

5. Wilayah Maluku

Anda juga perlu mengetahui harga hunian bersubsidi yang ada di wilayah Maluku yaitu Rp185 juta. Harga tersebut juga berlaku untuk wilayah lain. Seperti Maluku Utara, Nusa Tenggara, Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi, Tangerang, Kep. Anambas, Kab. Mahakam Ulu, hingga Kab. Murung Raya.

Ketika Anda membeli rumah subsidi, maka akan ada ruang tamu, kamar tidur, dapur, hingga kamar mandi. Tentu sudah sangat ideal untuk dihuni setiap keluarga mengingat harganya pun jauh lebih terjangkau dibandingkan rumha yang tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah.

6. Wilayah Papua

Terakhir, harga rumah subsidi ini juga telah diberlakukan oleh pemerintah di wilayah Papua dan sekitarnya. Termasuk Papua Tengah, Papua Barat, Papua Selatan, Papua Pegunungan, hingga Papua Barat Daya. Yakni senilai Rp240 juta di tahun 2024 ini.

Dengan membeli rumah lewat program subsidi dari pemerintah ini, maka Anda akan mendapatkan cicilan yang jauh lebih terjangkau. Tidak hanya itu, soal DP yang diberikan juga lebih murah sehingga tidak perlu khawatir walaupun penghasilan per bulannya tergolong cukup rendah.

Siapa yang Bisa Membeli Rumah Bersubsidi?

Ini Dia Daftar Harga Rumah Subsidi 2024 Terbaru dan Paling Lengkap

Seperti yang sudah Anda ketahui, rumah yang mendapat subsidi dari pemerintah ini ditujukan kepada masyarakat dengan penghasilan rendah. Dengan begitu, bagi mereka yang memiliki penghasilan tinggi per bulannya tentu tidak bisa mendapatkan hunian tersebut jika memang nilai penghasilannya melebihi ketentuan.

Terlebih, untuk membelinya pun harus memenuhi beberapa syarat yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Itulah mengapa tidak semua orang bisa membeli hunian ini. Umumnya, orang yang berhak membeli rumah tersebut memiliki penghasilan maksimal Rp4 juta untuk rumah tapak.

Lihat Juga Video Akad Rumah Subsidi Bandung dari Kreasi Prima Land

Kemudian penghasilan mereka juga tidak melebihi Rp7 juta ketika ingin membeli rumah susun. Selain itu, orang yang dapat membelinya juga harus belum memiliki properti lain. Mereka juga belum menerima subsidi pemerintah dalam hal kepemilikan rumah sebelumnya.

Kini Anda bisa menentukan sendiri hunian yang ingin dibeli setelah mengetahui  daftar harga rumah subsidi 2024. Proses pengajuan pembeliannya pun cukup mudah dengan menerapkan sistem siap huni sehingga sudah tidak perlu lagi menunggu waktu lebih lama.