Persentase Kenaikan Harga Rumah Per Tahun yang Perlu Diketahui

Rumah adalah kebutuhan yang perlu dipenuhi oleh setiap lapisan masyarakat. Sayangnya, harga rumah terus mengalami kenaikan. Terlebih kebanyakan orang masih belum mengetahui persentase kenaikan harga rumah per tahun. Tentu sangat penting mempertimbangkan hal ini agar bisa membelinya lebih awal.

Persentase Kenaikan Harga Rumah Per Tahun

Drone View Perumahan KPR Subsidi Bandung, Jawa Barat, Indonesia 2024

Saat Anda ingin membeli rumah, maka pastikan merencanakannya sejak awal. Hal ini mengingat persentase harga rumah per tahunnya terus mengalami kenaikan sekitar 10-15 persen. Akan tetapi, hal ini umumnya akan berbeda-beda di setiap wilayah.

Terutama di kota-kota besar dimana pertumbuhan ekonominya terus meningkat sehingga harga rumah pun semakin mahal. Belum lagi dengan peningkatan pertumbuhan jumlah penduduk yang memicu melonjaknya harga rumah per tahun.

Oleh sebab itu, Anda perlu menabung lebih awal untuk bisa segera membeli hunian yang diimpikan. Pasalnya, semakin lama harga rumah tersebut tentu akan mengalami kenaikan. Terlebih jika ingin tinggal di kawasan perkotaan yang dekat dengan berbagai fasilitas umum.

Beberapa Faktor yang Menyebabkan Harga Rumah Naik

Drone View Perumahan KPR Subsidi

Ketahui bahwa ada banyak hal yang bisa menyebabkan harga rumah terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Tentu penting bagi Anda mengetahuinya agar bisa mengantisipasi hal terbaik apa yang perlu diputuskan ketika ingin membeli rumah. Di bawah ini diantaranya:

1. Adanya Inflasi

Inflasi merupakan salah satu pemicu naiknya harga rumah di setiap tahun. Inflasi sendiri adalah kenaikan harga barang maupun jasa yang berlangsung secara terus-menerus di periode tertentu. Hal ini juga terjadi akibat beberapa faktor. Salah satunya seperti defisit anggaran belanja pemerintah.

Selain itu, dapat disebabkan pula karena tingginya permintaan pasar akan jasa dan barang tertentu, biaya produksi yang naik, dan masih banyak lagi. Inflasi sendiri juga memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap perekonomian dalam sebuah negara. Tidak heran jika membuat harga rumah juga ikut naik.

2. Kenaikan Harga Bahan Bangunan

Salah satu penyebab lain yang mengakibatkan harga rumah terus merangkak naik adalah kenaikan harga bahan bangunan di pasaran. Hal ini umumnya terjadi akibat beberapa hal. Tidak hanya inflasi akan tetapi juga bisa terjadi karena kondisi politik dan konflik di dunia.

Adanya beberapa hal tersebut menyebabkan harga minyak sawit mengalami kenaikan. Kemudian berimbas dengan kenaikan harga bahan material tertentu untuk membangun properti. Tidak heran jika harga beli rumah juga mengalami kenaikan.

3. Ketersediaan Lahan yang Menipis

Hidup di kota-kota besar tentu sudah tidak heran jika lahan di sekitarnya terus menipis. Minimnya ketersediaan lahan ini juga menjadi penyebab mengapa harga hunian terus mengalami kenaikan. Terlebih harga tanah per tahun pun terus meningkat secara signifikan.

Tidak jarang beberapa orang memilih untuk membeli rumah di area pinggiran untuk menekan biaya pembelian tersebut. Tentu masih bisa menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan hunian bagi masyarakat kelas menengah di tanah air.

4. Lokasi yang Semakin Strategis

Saat ingin membeli rumah, Anda tentu mempertimbangkan lokasi dan aksesibilitasnya. Hal ini tentu menjadi penyebab mengapa harga rumah per tahun terus naik. Terutama yang berada di lokasi strategis sehingga memberikan kemudahan akses fasilitas umum di sekitarnya.

Tidak heran jika harga jualnya terus melambung tinggi. Khususnya hunian yang ada di perkotaan karena memang dekat dengan fasilitas publik. Seperti rumah sakit, bandara, sekolah, pusat perbelanjaan dan sebagainya. Tentu lokasi rumah yang strategis ini menyebabkan harganya terus melonjak.

5. Permintaan yang Tinggi

Jika Anda belajar tentang hukum ekonomi, maka semakin tinggi permintaan tentu semakin tinggi juga harganya. Tidak heran jika hal ini juga berlaku di dunia properti tanah air. Terlebih pertumbuhan penduduk di Indonesia terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Tentu hal ini juga menjadi penyebab permintaan perumahan juga semakin tinggi. Hal tersebut mendorong harga rumah semakin mengalami kenaikan. Tidak heran jika harga hunian dari tahun ke tahunnya juga mengalami peningkatan yang signifikan.

Tips Menghadapi Kenaikan Harga Beli Rumah

Persentase Kenaikan Harga Rumah Per Tahun yang Perlu Diketahui

Setiap orang tentu memiliki keinginan untuk membeli rumah mereka sendiri. Dengan kenaikan harga rumah per tahun yang terus berjalan tentu Anda perlu menghadapinya. Supaya tidak pusing, di bawah ini merupakan beberapa tipsnya:

1. Tetapkan Targetnya

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menentukan target untuk menabung dalam hal pembelian rumah. Saat ini sendiri pemerintah juga telah menyediakan program rumah subsidi yang bisa menjadi solusi ketika ingin membeli hunian dengan harga terjangkau.

Kemudian ketahui harganya kemudian tetapkan target menabung untuk membeli hunian impian tersebut. Dengan mengetahui targetnya maka bisa menyesuaikannya dengan penghasilannya per bulan. Selain itu, hitung juga potensi kenaikan harga di tahun-tahun berikutnya.

2. Menabung di Rekening Berbeda

Selanjutnya, pastikan Anda menabung di rekening yang berbeda. Hal ini sangat penting agar kegiatan menyisihkan sebagian penghasilan dapat berjalan dengan lancar tanpa khawatir uang diambil akibat kebutuhan yang sebenarnya tidak perlu.

Anda bisa menentukan berapakah dana yang ingin disimpan. Kemudian langsung pisahkan ke rekening khusus untuk tabungan rumah. Tentu rekening ini tidak boleh diambil karena dimaksudkan untuk membeli rumah. Selain itu, pengeluaran pun akan lebih terkontrol dengan mudah.

3. Cari Penghasilan Tambahan

Sebagai solusi untuk mengatasi kenaikan harga rumah di setiap tahunnya, maka Anda bisa mencoba mencari penghasilan tambahan. Tentu hal ini dilakukan tidak lain agar lebih cepat memenuhi target tabungan dalam membeli rumah impian.

Semakin cepat Anda memenuhi target tabungan tentu saja semakin segera pula pembelian rumah tersebut dapat dilakukan. Pastinya tidak perlu menunggu tahun-tahun berikutnya yang lebih lama karena tentu harga rumah semakin membengkak ke depannya.

Lihat Juga Video Akad Rumah Subsidi Bandung dari Kreasi Prima Land

Itu tadi informasi tentang persentase kenaikan harga rumah per tahun dan berbagai faktor penyebabnya. Tentu sangat penting untuk Anda jadikan pertimbangan agar semakin bersemangat lagi untuk membeli rumah lebih awal. Terlebih dapat terwujud dengan perencanaan yang baik.