ide bisnis online

Bisnis adalah sebuah aktivitas dimana seorang individu maupun sekelompok individu menjalankan sebuah pekerjaan yang menghasilkan sebuah keuntungan, seperti yang dilansir dari laman Kompasiana. Di era yang serba modern dan serba digital, nampaknya banyak peluang yang dapat kamu temukan dalam berbisnis, salah satunya dengan melakukan bisnis online.

Bisnis online merupakan salah satu ide bisnis yang marak dijalankan oleh seluruh kalangan. Bisnis online kerap dijadikan sebuah bisnis sampingan maupun bisnis utama bagi sejumlah orang. Salah satu metode bisnis ini kabarnya merupakan salah satu bisnis yang mudah untuk dilakukan lantaran ke-fleksibelan waktu dan tempat dalam menjalankannya.

Di zaman serba digital ini, semua orang perlahan-lahan telah beralih ke online. Mulai dari berkirim pesan, menonton film, mencari berita, bahkan berbelanja, semuanya sudah dilakukan serba online. Bisnis online telah menguasai industri dan tidak sedikit orang yang ingin ikut membuka bisnis online sendiri, mungkin termasuk kamu.

Terkait dengan hal tersebut, berikut kita berikan 7 daftar ide bisnis online yang bisa kamu lakukan sebagai kerja sampingan maupun kerja utama kamu. Yuk, cek daftar-nya!

7 Ide Bisnis Online Terbaik Untuk Kamu yang Pemula

7 Ide Bisnis Online Terbaik Untuk Kamu yang Pemula
7 Ide Bisnis Online Terbaik Untuk Kamu yang Pemula
  1. Influencer Marketing
    Menjalankan sebuah bisnis akan mudah jika kamu merupakan seorang influencer yang disenangi khalayak publik, salah satunya adalah melalui sebuah podcast. Podcast merupakan sebuah media di mana kamu bisa mendengarkan audio mengenai banyak hal, tergantung dari penerbit podcast tersebut. Jika kamu memiliki bidang yang kamu senangi dan minati, kamu bisa langsung membuat podcast tanpa harus mengeluarkan modal. Kamu dapat mendapatkan keuntungan melalui iklan, sponsor, dan banyak lainnya.
  2. Menjual Informasi
    Belakangan ini, banyak akun Instagram yang muncul guna memberikan informasi kepada para pengikut akunnya. Seperti yang banyak dilakukan oleh para pebisnis online,mereka menjual informasi mengenai hal-hal yang mereka pahami secara baik. Kamu perlu mengetahui segmentasi pasar kamu sebelum menjalankan ide bisnis online satu ini. Biasanya, akun kamu akan mendapatkan keuntungan melalui promosi iklan sesaat kamu memiliki jumlah pengikut yang banyak.
  3. Tim Marketing
    Tidak punya banyak waktu untuk menjual produk milikmu secara langsung? Kamu bisa mengambil ide bisnis satu ini guna mendapatkan uang dengan bermodalkan internet di rumah. Untuk menjalankan bisnis satu ini, tentu kamu harus memiliki keahlian dalam melakukan copywriting,yang mana berguna dalam menarik minat para calon pembeli untuk membeli produk yang kamu tawarkan. Melansir laman The Balance Small Business, marketing gabungan ini banyak berfokus pada bidang kesehatan, hewan peliharaan, perawatan kecantikan, fitness,dan banyak lainnya.

Baca Juga 9 Ide Kreatif Dari Barang Bekas yang Bermanfaat

4.Translator
Jika kamu memiliki keahlian dalam berbicara dalam banyak bahasa, maka ide bisnis online ini cocok untuk kamu jalankan. Di dunia yang serba digital dan semakin modern, kamu tentu telah disuguhi oleh banyak aplikasi translate yang kamu bisa dapatkan secara cuma-cuma. Tentunya, translate melalui aplikasi gratis jelas tidak akan akurat 100%. Kamu butuh datang kepada seorang yang ahli dalam berbahasa. Biasanya, seorang translator online dihargai dengan bayaran per-jam, tentunya kamu akan menghasilkan banyak uang dengan translate-an yang membutuhkan waktu berjam-jam.

5.Desain Grafis
Jika kamu ahli dalam hal yang berkaitan dengan mendesain, maka ide bisnis satu ini patut kamu coba. Di era yang serba digital, banyak orang maupun perusahaan yang membutuhkan sebuah desain yang cepat dan sempurna tanpa harus mengerjakannya seorang diri, melainkan membayar seorang desain grafis untuk melakukannya. Kamu bisa memulainya dengan menawarkan dengan cuma-cuma atau dengan harga yang rendah guna menaikkan nama kamu. Dengan begitu, kamu bisa memberikan harga yang lebih masuk akal untuk desain yang kamu buat di kemudian harinya sesaat nama kamu sudah banyak dikenal.

  1. Drop Shipping
    Jika kamu sering melakukan belanja online,maka istilah ide bisnis satu ini bukanlah hal yang asing untuk kamu dengar. Ya, dropshipping adalah aktifitas di mana kamu mencari seorang distributor produk yang akan kamu jual dan membuat sebuah kontrak dengan mereka dalam menjual barang yang mereka tawarkan dengan mengambil keuntungan. Kamu tidak perlu melakukan banyak dalam bisnis ini, yang perlu kamu lakukan adalah berfokus pada ponsel mu dalam berkomunikasi terhadap pelanggan mu dengan sang distributor.

7. Konsultasi Online
Ide bisnis satu ini memang terdengar cukup marak tersebar di internet lantaran keterbatasan waktu orang yang membutuhkan sebuah konsultasi. Jika kamu ahli dalam bidang tertentu yang berkaitan dengan konsultasi, maka bisnis online satu ini bisa kamu jalankan dengan mudah. Beberapa konsultasi online yang ditawarkan belakangan ini antara lain, pendidikan, kesehatan, konsultasi bisnis, hingga konsultasi pribadi.

Tips Memulai Bisnis Online Agar Cepat Sukses

Ide Bisnis Online Terbaik Untuk Kamu yang Pemula
Ide Bisnis Online Terbaik Untuk Kamu yang Pemula

1. Tentukan dan fokus pada satu kategori produk/jasa

Sebelum memulai bisnis online, kamu harus menentukan apa produk/jasa yang akan kamu tawarkan. Usahakan produk/jasa kamu hanya fokus pada satu kategori agar bisnis kamu lebih tertata dan penjualan menjadi lebih maksimal karena pembeli tidak akan kebingungan dengan apa yang kamu jual.

Baca Juga 7 Ide Desain Rak Buku Minimalis, Tidak Makan Banyak Tempat

2. Riset kompetitor dan cari keunikan bisnis

Setelah kamu menemukan produk/jasa apa yang akan kamu jual, carilah kompetitor yang menjual produk/jasa serupa, kamu bisa mencari melalui platform online marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, dan lainnya. Lakukan riset terhadap bisnismereka, seperti apa yang paling diminati pembeli. Cari keunikan bisnis online kamu yang membedakannya dengan kompetitor.

3. Cari supplier paling tepat

Jangan ragu untuk mencari supplier hingga ke luar negeri. Kamu bisa mencari supplier dari luar negeri melalui Alibaba. Disana kamu dapat menemukan banyak sekali supplier yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan bisnis online-mu.

4. Toko online

Toko online merupakan hal yang paling utama dalam bisnis online. Kamu bisa berjualan melalui platform online marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, dan lainnya sekaligus melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, dan sebagainya.

Baca Juga 7 Rekomendasi Hiasan Dinding yang Bisa Dijadikan Referensi

5. Informasi kontak dan nomor rekening penjualan

Jangan lupa untuk selalu menuliskan informasi kontak yang jelas agar pembeli tau harus menghubungi melalui mana. Sediakan nomor rekening dari bank yang paling umum dimiliki oleh orang-orang. Jika memungkinkan, berikan lebih banyak pilihan nomor rekening dari bank yang berbeda.

6. Promosi gratis hingga berbayar

Lakukan berbagai promosi dari yang gratis hingga berbayar. Promosi berbayar tentunya akan lebih efektif untuk bisnis online kamu. Media sosial seperti Instagram dan Facebook juga telah menyediakan layanan promosi berbayar yang dapat membuat produk/jasa kamu lebih dikenal.

7. Endorsement

Lakukan endorsement dengan public figure atau influencer yang dikenal oleh masyarakat karena sesuatu hal yang berhubungan dengan produk/jasa kamu. Contohnya, jika kamu menjual produk make-up, lakukanlah endorsement dengan beauty vlogger.

Nah, itu dia ketujuh ide dan tips bisnis online yang bisa kamu jalankan dengan bermodalkan keahlian dan juga akses internet. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?