membersihkan dan merawat furniture kayu

Furniture kayu di rumah memang terkenal bisa membuat tampilan rumah menjadi lebih natural. Hal ini disebabkan oleh warna kecoklatan yang membuat orang selalu teringat alam ketika didekatnya. Selain itu, alasan kebanyakan orang memilih furnitur dari kayu karena sifatnya yang tahan lama.

Namun, untuk memastikan agar furnitur tahan lama dibutuhkan cara-cara yang tidak mudah. Jangan sampai niatan membersihkan furnitur malah berakhir dengan kerusakan tidak disengaja yang bisa dihindari. Maka dari itu, alangkah baiknya kamu mengetahui kiat-kiat merawatnya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

1. Simpan di Tempat Bersuhu Normal atau Kering

Kayu bisa kering dan menyujsut jika terus tepapar oleh suhu yang panas. Hal ini akan menyebabkan retakan pada lapisan kayu. Untuk itu, jauhkan furnitur kamu dari matahari langsung atau peralatan yang bisa memancarkan panas. Selain itu, jauhkan juga dari udara lembap karena bisa menyebabkan furnitur diserang oleh jamur dan serangga yang tentunya bisa merusak kayu.

2. Selalu Gunakan Alas

Kebanyakan furniture memiliki beban yang berat karena bahannya terbuat dari kayu yang keras. Untuk menekan berat, kamu bisa menggunakan kain kesat pada setiap kaki furnitur agar setiap pergeseran tidak menimbulkan bekas pada lantai. Hal ini sangat disarankan jika rumah kamu menggunakan lantai kayu yang rentan terhadap goresan.

3. Jauhkan dari Cat atau Cairan

Kamu pasti tidak asing dengan noda lingkaran di atas permukaan meja kayu jika kamu sering menyimpan gelas di atasnya. Ternyata, noda ini bisa menjadi permanen dan merusak tekstur kayu jika dibiarkan. Jika hal ini terjadi, kamu bisa mengusapkan campuran minyak goreng dan abu atau pasta gigi dan soda dengan kain lembut.

Jika nodanya kecil, kamu bisa mengusapnya dengan jari. Selain itu, kamu juga bisa mencoba memakai biji kemari.

Bakar biji kemari hingga minyaknya keluar, hancurkan dengan benda tumpul, dan usapkan serpihan kemiri pada noda.

4. Bersihkan Secara Berkala

Furniture kayu harus dibersihkan dengan lap dan kemoceng secara rutin agar terhindar dari debu dan kotoran. Untuk sudut-sudut yang sulit digapai, kamu bisa menggunakan kuas berukuran kecil. Selain itu, kamu bisa menggunakan caira khusus pembersih furnitur dari kayu dengan cara menyemprotkan seperlunya saja. Pastikan juga permukaan dibersihkan hingga kering.

Hindari penggunaan pembersih dengan kandungan solvent seperti metanol, toluene, dan aseton yang bisa merusak top coating pada furnitur.

5. Pindahkan dengan Hati-hati

Terkadang, kita sering memindahkan furnitur karena bosan dengan tampilan ruangan. Ternyata terlalu sering memindahkan furnitur bisa merusak kayu lho, Untuk furnitur yang besar, alangkah baiknya jika kamu tidak memindahkannya seorang diri.

Dengan bantuan banyak orang, furnitur yang dipindahkan akan lebih seimbang dan lantai pun akan terbebas dari goresan.

6. Gunakan Obat Anti Rayap dan Anti Jamur

Furnitur dari kayu memang rentan sekali terserang jamur dan serangga seperti rayap. Jika kamu terserang hal tersebut, cukup bersihkan dengan obat anti jamur atau anti rayap yang ramah lingkungan. Mudah bukan ?

7. Manfaatkan Sisa Teh untuk Membersihkan Furniture Kayu

Selain dicap sebagai salah satu minuman favorit  orang Indonesia, ternyata teh bisa digunakan untuk membersihkan furnitur dari kayu.

Inilah kiat-kiat agar warna furnitur lebih berkilau:

  • Celupkan kain lembut ke dalam teh hitam yang sudah diseduh;
  • Usapkan kain celupan pada furnitur yang hendak dibersihkan; dan
  • Biarkan hingga mengering.

Semoga tips ini bermanfaat ya

https:// www. 99. co/blog/indonesia/tips-merawat-furniture-kayu/