meja kerja untuk wfh

Mempunyai ruang kerja di rumah adalah sebuah keharusan, terutama dalam kondisi pandemi seperti sekarang, yang mengharuskan orang-orang melakukan hampir semua aktivitas di rumah, termasuk bekerja.

Bekerja di rumah tentunya berbeda dengan bekerja di kantor. Di rumah kita harus terbiasa dengan kegiatan rumah yang mungkin serba rusuh dan tidak tenang. Karena itulah untuk membiasakan bekerja di rumah, ada baiknya untuk membuat area khusus bekerja di rumah.

Dewasa ini memang kebanyakan rumah dijual juga memberikan area lebih dalam hunian yang bisa digunakan untuk membuat ruang kerja di rumah.

Tapi jika ternyata malah bingung untuk menatanya, kami akan berikan panduan untuk membuat ruang kerja yang nyaman.

Apa saja yang perlu dipersiapkan saat menata ruang kerja di rumah? Berikut penjelasannya.

1.Tentukan Spot Meja Kerja

meja kerja wfh

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih spot khusus untuk dijadikan ruang kerja di rumah. Tidak harus besar, bahkan sebuah sudut ruangan dengan satu meja, kursi juga sudah cukup.

Untuk pemilihan spot ini, diusahakan yang berada di depan atau dekat jendela. Karena ini bisa menjadi sumber pencahayaan alami di siang hari dan sumber aliran udara segar.

Pemilihan tempat di depan jendela juga membuat Anda tidak perlu lampu atau pencahayaan ekstra di ruang kerja.

Yang paling penting adalah tempat ini terpisah dari ruang keluarga dan ruang tidur. Anda bisa memilih ruangan di dekat ruang tamu atau di lorong dekat balkoni rumah yang jarang dilewati.

Ini tentunya bertujuan agar kamu bisa disiplin dalam memisahkan waktu untuk bekerja dengan waktu untuk melakukan aktivitas lainnya misalnya beristirahat.

2.Pilih Desain Ruang Kerja yang Cocok

meja kerja untuk wfh

Untuk layout ruang kerja, coba saja cari inspirasi dan cocokkan dengan selera sendiri.

Misalnya jika lebih suka dengan desain ruang kerja minimalis yang berkonsep sama dengan desain rumah minimalis.

Kalau lebih suka dengan penataan ruang kerja yang fungsional, kamu bisa memilih meja kerja yang mempunyai banyak tempat untuk menyimpan barang.

Pilihlah desain dan konsep ruang kerja yang tidak rumit agar tidak perlu repot saat menatanya. Apalagi ruang kerja di rumah diperuntukkan untuk kenyamanan dan anti ribet.

3.Pilih Meja dan Kursi yang Nyaman

Memilih-Meja-dan-Kursi wfh

Setelah menentukan desain dan tata ruang kerja di rumah yang dirasa cocok, sekarang saatnya mencari meja dan kursi.  Ukuran meja bisa disesuaikan dengan seberapa luas ruang yang tersedia.

Terdapat beberapa pilihan jenis meja yang dapat dipilih, jika Anda lebih suka duduk lesehan bisa memilih meja yang rendah.

Tapi jika sering berdiri untuk meregangkan punggung, bisa memilih meja dan kursi yang lebih tinggi.

Saat memilih kursi juga harus mengutamakan kenyamanan saat bekerja. Jangan hanya memilih kursi karena tampilannya ‘estetik’ tapi tidak nyaman diduduki. Terutama jika Anda bekerja berjam-jam di kursi.

Jika mau mengeluarkan bujet lebih, cobalah membeli kursi gamer yang memang didesain untuk menjadi nyaman diduduki selama berjam-jam.

Apapun pilihannya, hal yang paling penting adalah kenyamanan selama beraktivitas di ruang kerja di rumah.

4.Membuat Tempat Penyimpanan yang Cukup

membuat-tempat-penyimpanan

Selain menata meja dan kursi, jangan sampai lupa menata ruang penyimpanan berkas dan peralatan kerja. Besaran ruang penyimpanan ini tentunya tergantung dengan kebutuhan.

Jika Anda membutuhkan tempat penyimpanan yang besar untuk berbagai file pekerjaan, bisa memasang sebuah rak buku kecil di samping meja, atau sebuah kabinet di dekat meja. Jika tidak mau repot, coba saja memilih meja kerja memang yang memiliki banyak laci.

5.Beri Sentuhan Dekorasi

dekorasi-ruang-kerja

Agar menghindari suasana jenuh saat bekerja, maka tak ada salahnya untuk memberi sedikit warna dan hiasan pada ruang kerja.

Misalnya dengan menggantung lukisan atau polaroid yang Anda suka, bisa juga tambahkan pernak-pernik warna-warni agar membuat meja kerja tampak lebih ‘menyegarkan’.

Nah, itulah panduan merancang ruang kerja di rumah. Perlu diingatkan bahwa dalam membuat ruang kerja yang paling penting adalah kenyamanan bekerja sehingga bisa menyelesaikan pekerjaan sebaik mungkin.