Ketahui Syarat KPR Rumah Bandung Bersubsidi Sebelum Membeli Hunian

Anda ingin membeli rumah dengan harga lebih terjangkau di pasaran? Tidak salah lagi, rumah bersubsidi bisa jadi pilihan terbaiknya. Sebelum membeli, pastikan memahami terlebih dahulu tentang apa saja syarat KPR bersubsidi dan KPR rumah Bandung.

Syarat KPR Bersubsidi, Terutama KPR Rumah Bandung

Drone View Perumahan KPR Subsidi

Bagi masyarakat Bandung dan sekitarnya tentu perlu memahami berbagai syarat ketika ingin mengajukan KPR bersubsidi. Hal ini sangat penting agar Anda bisa membeli rumah yang memang sudah menjadi program bantuan dari pemerintah. Untuk itu, simak beberapa syaratnya berikut:

1. Syarat dan Ketentuan Umum

Ketika Anda ingin membeli rumah bersubsidi area Bandung, maka persiapkan terlebih dahulu beberapa persyaratan dan ketentuannya. Pastikan sudah memenuhi hal-hal tersebut agar proses pengajuan pembelian hunian lebih cepat diterima. Di bawah ini diantaranya:

  • Merupakan seorang WNI
  • Pemohon dan pasangan belum pernah memiliki rumah
  • Pemohon dan pasangan belum pernah menerima subsidi dari pemerintah untuk kepemilikan rumah
  • Memiliki usia paling rendah 21 tahun atau sudah menikah
  • Memiliki usia paling tinggi 65 tahun saat kredit rumah lunas nantinya
  • Gaji pokok per bulan tidak lebih dari Rp7 juta untuk calon pembeli rumah sejahtera susun
  • Gaji pokok per bulan tidak lebih dari Rp4 juta untuk calon pembeli rumah tapak
  • Wajib memiliki NPWP atau Surat Pemberitahuan Tahunan serta Pajak Penghasilan
  • Sudah bekerja minimal dalam jangka waktu 1 tahun

2. Syarat Dokumen

Selain perlu memenuhi beberapa syarat di atas, Anda juga harus memenuhi berbagai syarat dokumennya. Beberapa persyaratan ini tentu wajib disiapkan lebih awal agar proses pembelian rumah dapat segera diwujudkan. Berikut selengkapnya:

  • Fotokopi KK
  • Fotokopi KTP
  • Surat domisili jika alamat tinggal tidak sesuai dengan alamat di KTP
  • Fotokopi NPWP atau Surat Pemberitahuan Tahunan
  • Fotokopi surat nikah atau cerai
  • Rekening koran 3 bulan terakhir
  • Surat pernyataan tidak memiliki rumah yang diketahui lurah atau instansi tempat bekerja
  • Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP dan Tanda Daftar Perusahaan atau TDP bagi wiraswasta
  • Slip gaji terakhir ditandatangani di atas materai dan diketahui pimpinan instansi tempat bekerja bagi pegawai
  • Slip gaji terakhir ditandatangani di atas materai dan diketahui lurah setempat untuk masyarakat berpenghasilan tidak tetap
  • Fotokopi surat keterangan pengangkatan pegawai tetap maupun surat keterangan kerja untuk pegawai yang bekerja di instansi
  • Fotokopi izin praktik untuk pekerja mandiri

Beberapa Tips Agar KPR Bersubsidi Anda Disetujui

Ketahui Syarat KPR Rumah Bandung Bersubsidi Sebelum Membeli Hunian

Setelah mengetahui beberapa syarat di atas, Anda juga perlu memahami apa saja tips agar KPR subsidi di Bandung ini dapat disetujui ketika diajukan. Tentunya memiliki rumah dengan harga terjangkau bukan hanya sekedar impian semata. Berikut tips selengkapnya:

1. Penuhi Syarat Penghasilan

Agar permohonan pengajuan rumah bersubsidi Anda dapat disetujui, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memenuhi syarat penghasilan. Pastikan penghasilan per bulan ini tidak lebih dari ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Terlebih, soal penghasilan pokok tersebut sudah ditentukan langsung dalam Keputusan Menteri PUPR sehingga mau tidak mau Anda harus memenuhinya. Apabila ternyata penghasilan jauh di atas angka yang ditetapkan tentu tidak dapat membeli rumah bersubsidi ini.

2. Pastikan Tidak Memiliki Kredit Macet

Selanjutnya, pastikan Anda juga tidak memiliki riwayat kredit macet. Pasalnya, hal tersebut akan terlihat di Sistem Layanan Informasi Keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan. Jika mempunyai kredit macet tentu bisa saja pengajuan pembelian rumah subsidi tidak disetujui.

Akan tetapi, apabila Anda memiliki riwayat kredit yang bagus, maka tentu kemungkinan besarnya pemohon dapat membeli rumah KPR dengan subsidi pemerintah. Oleh sebab itu, lunasi kredit-kredit yang macet tersebut agar hal ini tidak menghalangi pembelian hunian yang diinginkan.

3. Selalu Pilih Developer Terpercaya

Hal lainnya yang tidak boleh terlewat adalah pastikan selalu memilih developer terpercaya. Pasalnya, mereka tidak hanya bertugas untuk memberi rekomendasi hunian terbaik. Akan tetapi juga akan membantu mempersiapkan pemohon atas dokumen yang diperlukan.

Selain itu, Anda juga harus memilih developer yang memang sudah bekerja sama dengan bank penyedia KPR subsidi. Tentu proses pengajuan pembiayaan rumah ini akan lebih cepat dilakukan secara efektif dengan lancar dan mudah pastinya. Oleh karena itu, pastikan developer tersebut benar-benar terpercaya.

4. Pilih Rumah yang Sesuai dengan Penghasilan

Ketika ingin mengajukan pembelian rumah subsidi, maka pastikan hunian yang dipilih sesuai dengan penghasilan per bulan Anda. Oleh sebab itu, hindari memilih hunian jika harganya memang terlalu tinggi sehingga hanya akan memberatkan keuangan.

Selain itu, hal ini juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa pengajuan pembelian rumah tidak disetujui. Terlebih, Bank Indonesia juga akan mengecek terlebih dahulu supaya cicilan rumah tersebut tidak terlalu besar sehingga semakin mudah untuk membelinya.

5. Siapkan Seluruh Dokumen dengan Lengkap

Kemudian Anda juga perlu menyiapkan seluruh dokumennya dengan lengkap. Seperti yang diketahui, ada banyak dokumen harus dipersiapkan bagi pemohon sebelum mengajukan KPR subsidi. Tentu jangan sampai ada yang ketinggalan satu pun. Pasalnya, hal ini juga akan menentukan persetujuan pembelian.

Anda juga harus menyediakan down payment atau DP saat ingin membeli hunian bersubsidi ini. Selain itu, selalu atur keuangan dengan baik agar penghasilan dapat disisihkan untuk membayar cicilan rumah secara rutin dan tepat waktu. Tentu memiliki hunian impian dalam waktu dekat bukan halangan lagi.

Lihat Juga Video Akad Rumah Subsidi Bandung dari Kreasi Prima Land

Sekarang Anda tinggal memenuhi berbagai syarat KPR bersubsidi KPR rumah Bandung di atas sebelum mengajukan pembelian. Program rumah bersubsidi ini bisa menjadi peluang emas apabila ingin mendapatkan hunian yang bagus dan layak dengan penghasilan rendah.