stone garden

Kabupaten Bandung Barat terkenal dengan Wisata alamnya, yang sangat menarik untuk dikunjugi simak berikut ini daftar wisata di kabupaten Bandung Barat yang sangat menarik untuk dikunjungi 

1.Sungai Cikahuripan, Green Canyon-nya Bandung Barat

Sungai Cikahuripan, Green Canyon-nya Bandung Barat

Image credit: @shereneon

Yang paling menarik di area sungai Cikahuripan adalah keberadaan tebing-tebing terjal yang berada di tepian sungai. Banyak yang menyamakan pemandangan di Cikahuripan ini dengan Grand Canyon di Amerika Serikat.

Sungai Cikahuripan, Green Canyon-nya Bandung Barat

Image credit: @mochamdjamalfarizqi

Aliran sungai Cikahuripan terbentuk dari anak Sungai Citarum Purba. Aliran airnya mengikis bebatuan hingga membentuk ngarai curam yang sangat instagenik. Airnya berwarna hijau kebiruan, dengan aliran yang beragam. Sebagian ada yang tenang layaknya sebuah kolam, sebagian lagi ada yang mengalir deras di antara bebatuan. Kamu juga bisa main air di sini karena airnya memang bersih.

Lokasi: Kampung Panyusupan, Desa Barangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.

Download Brosur Perumahan subsidi Pesona Prima 7 Rajamandala
Download Brosur Perumahan subsidi Pesona Prima 7 Rajamandala

Brosur Pesona Prima 7 Rajamandala

Brosur Pesona Prima 7 Rajamandala Cipatat

2. Taman Lembah Dewata (Ganesha Equestrian)

Taman Lembah Dewata (Ganesha Equestrian)

photo by @why_ajie on instagram

Nama Taman Lembah Dewata sendiri belum diketahui asal usul nya. Namun tak ada salahnya jika diartikan dengan sebuah taman surga yang berada di pelataran perbukitan (lembah). Betapa tidak, tempat ini tentu menjadi surga nya para penikmat alam dan pecinta fotografi. Hijaunya perbukitan yang terhampar di Taman Lembah Dewata ini dipercantik dengan adanya sebuah danau tadah hujan di bagian tengah. Selain itu terdapat sebuah dermaga kecil yang terbuat dari bambu dan letaknya menjorok ke tengah danau.

Baca Juga 5 Tempat Wisata di Rajamandala Kabupaten Bandung Barat Yang Wajib Dikunjungi

Untuk dapat menikmati keindahan alam danau tadah hujan di Taman Lembah Dewata ini, anda hanya perlu berangkat kea rah utara dari pusat kota Lembang, tepatnya ke arah Tangkuban Parahu. Tepatnya sebelum kawasan Cikole, di sebelah kanan anda akan menemukan kawasan Wisata berkuda Ganesha Equestrian.

3. Bukit Gantole

Bukit Gantole

photo by @sinta.l on instagram

Dari Bukit Gantole ini, anda bukan hanya dapat menyaksikan para atlet atau pecinta paralayang berlatih. Anda pun dapat menikmati pemandangan indah yang terhampar. Sejauh mata memandang, anda dapat menyaksikan keindahan hutan pinus milik perhutani, saguling, dan pemandangan Cimahi dan Kota Bandung dari atas sini.

Ada beberapa alternatif jalur yang dapat anda gunakan untuk menuju Bukit Gantole. Bagi anda yang berasal dari Kota Bandung atau Jakarta, patokan yang harus anda ingat adalah CImareme atau arah Batujajar. Selepas jembatan Sasak Bubur Cihampelas, ambil lah jalur kiri kea rah Nyalindung. Dari sana anda hanya perlu mengikuti jalan saja sampai menemukan Bukit Gantole.

4. Hutan Pinus Pal 16

Hutan Pinus Pal 16

photo by @rachmanharyanto on instagram

Ada sebuah tempat beristirahat atau rest area yang berbeda dari rest area biasanya. Terletak di jalan raya Cikole, Lembang, anda yang mengemudi menuju Subang, bisa berhenti sebentar di Pal 16. Pal 16 merupakan sebuah lahan seluas 2 Ha yang ditumbuhi pohon – pohon pinus, atau lebih tepatnya Pal 16 adalah kawasan hutan pinus.

Letaknya yang tidak jauh dari Wana Wisata Gunung Tangkuban Parahu, membuat Pal 16 memiliki udara yang dingin dan sejuk. Pal 16, dulunya hanya sebuah hutan pinus kosong. Namun seringkali digunakan berhenti sejenak oleh para pengendara motor ataupun mobil untuk beristirahat sejenak.

5. Gunung Batu Lembang

Gunung Batu Lembang

photo by @tyuniar93 on instagram

Tidak jauh dari pusat Kota Lembang, terdapat sebuah destinasi wisata alam yang tidak masih jarang disambangi. Gunung Batu namanya. Gunung Batu, merupakan salah satu patahan Lembang dengan lebar sekitar 300 meter dan panjang 22 kilometer. Gunung Batu merupakan tempat yang cocok untuk anda jika ingin berburu matahari terbit ataupun menikmati indahnya senja dari ketinggian. 

Dari puncak Gunung Batu, jika anda melihat ke sebelah utara, anda akan secara langsung melihat Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Burangrang dan Gunung Putri. Jika anda melihat ke sebelah timur, anda akan melihat penampakan dari Gunung Bukittunggul dan agak jauh dari situ anda akan melihat gambaran Gunung Manglayang. Sedangkan jika melihat ke arah selatan, anda akan melihat jajaran Gunung Malabar, Gunung Haruman dan Gunung Patuha dari kejauhan.

Akses menuju Gunung Batu Lembang ini tidak lah sulit. Anda dapat mengunjungi tempat ini dengan menggunakan angkot, ojeg, ataupun kendaraan pribadi. Dari pusat Kota Lembang, ambilah arah menuju jalan Maribaya. Di Jl. Raya Maribaya, lurus terus dan belok kanan sampai Jl. Buka Nagara. Dari sini anda sudah dapat melihat Gunung Batu dari kejauhan. Setelah melewati Jl. Buka Nagara, belok kiri melewati Jl. Buniwangi dan anda sudah berada di jalur pendakian Gunung Batu.

6.Orchid Forest

Orchid Forest

photo by @nizaramrullah on Instagram

Orchid Forest terletak di ketinggian sekitar 1.500 Mdpl. Cuaca dingin dan hawa sejuk yang dihasilkan dari pohon – pohon pinus yang menjulang tinggi mempercantik suasana di sekitar penangkaran bunga anggrek ini. Tidak hanya satu atau dua macam bunga anggrek yang akan anda temukan di Orchid Forest, tapi berbagai macam jenis anggrek ada disini.

Orchid Forest berada di Jalan Tangkuban Parahu Raya, Km 8. Sehingga bagi anda yang ingin menikmati wisata edukasi di Orchid Forest, anda hanya perlu mengarahkan kendaraan anda ke arah Tangkuban Parahu, dan anda akan menemukan gerbang masuk Orchid Forest yang siap menyambut anda.

7.Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu

instagram.com/skysoultan

Gunung yang terkenal dengan kisah Dayang Sumbi dan Sangkuriang ini gak kalah menawan. Terdiri dari berbagai kawah, mulai dari Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti musala, toilet, dan masih banyak lagi yang lainnya.  Lokasi: Kelurahan Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

8. Gunung Putri Lembang

Gunung Putri Lembang

instagram.com/riefbagja

Gunung Putri konon menjadi tempat pelarian Dayang Sumbi yang tak ingin dinikahi anaknya. Terlepas dari legendanya, gunung ini cocok buat pemula, karena hanya setinggi 1.587 meter di atas permukaan laut. Untuk mencapai puncaknya, hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit. 

Lokasi: Jalan Gunung Putri Nomor 184, Kelurahan Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

9. Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang memiliki vibes seolah berada di kawasan rumah Eropa. Gak hanya desainnya yang unik, tetapi dilengkapi pula dengan rumah hobbit hingga kebun binatang kecil. Cocok banget dikunjungi bareng keluarga besar, nih!

LokasiJalan Raya Lembang Nomor 108, Kelurahan Gudangkahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

10. Stone Garden

Stone Garden

instagram.com/rizki_syafari

Bebatuan di kawasan Stone Garden dikabarkan telah ada sejak puluhan juta tahun lamanya. Sebelumnya, tempat ini pernah menjadi dasar laut dengan bebatuan sebagai terumbu karangnya. Kini, tak hanya melihat kecantikan bebatuan, kamu pun bisa menikmati cantiknya matahari terbenam. 

LokasiDesa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

11. Curug Cimahi

Curug Cimahi

instagram.com/__irsal

Sebelum melihat keindahan air terjun setinggi 87 meter di atas permukaan laut ini, kamu harus menuruni 587 anak tangga. Sesampainya di lokasi, suara air terjun dengan udara yang sejuk bikin hati terasa lebih tenteram. Sayangnya, gak disarankan untuk berenang di kolamnya, karena kedalamannya mencapai dua meter. 

LokasiJalan Kolonel Masturi Nomor 325, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Sumber Artikel :

https://www.tripzilla.id/tempat-wisata-bandung-barat/23295

http://explorebandungbarat.com/daftar-destinasi-wisata-hits-di-bandung-barat/

https://www.idntimes.com/travel/destination/prila-arofani/tempat-wisata-di-bandung-barat/10