outbound-wana-mandala-cengkrong

 Daerah Rajamandala Kabupaten Bandung Barat memiliki tempat spot wisata yang menarik dan seru banget buat liburan dengan suguhan keindahan alam yang eksotis dan alam yang menarik perhatian Wilayah Rajamandala Terletak di jalur Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

1.Wisata Sanghyang Poek

  Bandung Barat khususnya kawasan sekitar Waduk Saguling, Rajamandala mempunyai banyak potensi wisata terutama tentang danau-danau purba. Keberadaan danau-danau purba tersebut memiliki suasana sangat alami lantaran belum banyak terjamah, salah satunya adalah Sanghyang Poek.

Wisata Sanghyang Poek

Sumber Foto wisatabdg.com

Sanghyang Poek merupakan salah satu gua purbakala yang berada di kawasan Bandung Barat. Terbentuknya gua Sanghyang Poek merupakan proses alam dan bukan buatan tangan manusia.

Khusus Sanghyang Poek, kamu bakal dibius dengan keindahan goa purbakala yang alami banget. Terbentuk tanpa ada campur tangan manusia, Sanghyang Poek menawarkan berbagai jenis stalaktit dan stalakmit yang berkilau.

Baca Juga Ini Dia 13 Tempat Wisata Air Terdekat Dari Rajamandala Kabupaten Bandung Barat

Baca Juga Apa itu Curug ? Ini Dia 5 Tempat Wisata Curug Terdekat di Rajamandala Kabupaten Bandung Barat

Baca Juga Sejarah Jembatan Sasak Rajamandala Kabupaten Bandung Barat – Kabupaten Cianjur

Nggak banyak wisatawan yang berkunjung ke goa ini, karena posisi yang cukup tersembunyi. Tetapi, Sanghyang Poek bakal jadi arena seru buat kamu yang suka bertualang, mengingat goa ini cukup gelap untuk dijelajahi, lho.

Jalur yang dilalui untuk dapat mencapai Sanghyang Poek tidak terlalu jauh dari gapura PLTA Saguling. Berjarak 5 Km saja dari gapura membuat Sanghyang Poek sangat mudah dilalui dengan berjalan kaki sekitar 20 menit atau bisa menggunakan jasa ojek yang ditawarkan oleh masyarakat sekitar dari tempat kita memarkir kendaraan.

Download Brosur Perumahan Subsidi Pesona Prima 7 Rajamandala 0813-1313-4877

Download Brosur Perumahan subsidi Pesona Prima 7 Rajamandala
Download Brosur Perumahan subsidi Pesona Prima 7 Rajamandala

Brosur Pesona Prima 7 Rajamandala

Brosur Pesona Prima 7 Rajamandala Cipatat

2.Wisata Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut menjadi wisata kolam nan eksotis di Bandung Barat. Yang konon adalah tempat mandi para bidadari. Hal ini berhubungan dengan nama yang dimiliki oleh tempat ini, yaitu Sanghyang Heuleut. Yang memiliki arti unik nan suci.

Wisata Sanghyang Heuleut

Sumber Foto blogkulo.com

“Sanghyang” sendiri memiliki arti sesuatu yang dianggap suci. Sementara “Heuleut” memiliki arti jeda, atau batas sesuatu atau waktu. Dalam bahasa Sunda kuno, “Sanghyang” merujuk pada sesuatu yang dianggap suci atau memiliki kekuatan supranatural. Dilansir dari tempatwisatadibandung.info

Baca Juga 11 Wisata Alam Murah dan Bagus di Kabupaten Bandung Barat Yang Wajib Dikunjungi

Alamat Sanghyang Heuleut

Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 43283, Indonesia

Jam Buka Objek Wisata Sanghyang Heuleut

Sahabat traveler’s, objek wisata ini terbuka bagi umum setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB.

Baca Juga Ini Dia Tahapan Untuk Membeli Rumah

Lokasi

lokasinya yang berada di Kabupaten Bandung Barat dan berbatasan dengan Kabupaten Cianjur dan Purwakarta, cukup mudah dijangkau.

Tempat wisata di bandung ini bisa kita tempuh baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat, dengan waktu berkendara sekitar 1.5 jam dari kota Bandung.

Dari arah Bandung, silahkan anda bisa melewati jalan Raya Bandung – Cianjur, dan setelahnya masuk ke dalam gerbang masuk waduk saguling yang ada di sisi kiri jalan.

Baca juga 5 Kolam Renang Sekitar Bandung Barat Yang Terdekat Murah Dan Bagus Untuk Liburan Akhir Pekan

3.Wisata Sanghyang Tikoro

Jika sedang berada di kawasan Kabupaten Bandung Barat, tidak ada salahnya berkunjung sejenak ke kawasan PLTA Saguling. Bukan untuk melihat aliran pipa atau bendungan, melainkan mengintip kendahan alam di baliknya.

Wisata Sanghyang Tikoro

         Sumber Foto Jabar Express

Sanghyang Tikoro, sebuah gua batuan kapur alami yang diselimuti pesona sekaligus rahasia. Gua ini menjadi tempat “ditelan”-nya sebagian aliran Sungai Citarum. Seperti kisah Sangkuriang, Sanghyang Tikoro juga menyimpan legenda dan ceritanya sendiri.

Fasilitas Sanghyang Tikoro

Objek wisata ini bukanlah destinasi wisata yang bisa leluasa dijadikan tempat bermain karena berada dekat dengan area proyek pembangunan milik pemerintah. Tidak tersedia fasilitas umum yang memadai, baik itu toilet, mushola, warung, ataupun lahan parkir. 

Lokasi Sanghyang Tikoro

Sanghyang Tikoro berada di dalam komplek PLTA Saguling. Lokasi tepatnya yaitu Jalan PLTA Saguling, Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatata, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Meski akses jalan menuju lokasi sudah baik, namun tidak ada angkutan umum yang menjangkaunya kecuali ojek. Disarankan menggunakan kendaraan pribadi berupa roda dua, baik itu motor atau sepeda.

4. Wisata Sanghyang Kenit

Sanghyang Kenit Rajamandala di Kabupaten Bandung merupakan destinasi wisata yang tercipta secara tak sengaja. Pesona keindahan tersebut tersingkap setelah dibangunya Pembangunan Listrik Tenaga Air atau PLTA Rajamandala Cisameng. Bebatuan purba yang lama tergenang air kini jadi terlihat. Tak hanya keindahan aliran sungai dengan bebatuan purba saja, disini pengunjung juga melakukan wisata susur goa.

Wisata Sanghyang Kenit

menikmati keindahan bebatuan purba via jabar.idntimes.com

Jika dibandingkan dengan sanghyang tiokoro maupun sanghyang heleut, lokasi Sanghyang Kenit Bandung ini terbilang masih baru. Belum banyak wisatawan yang berkunjung. Padahal potensi wisata yang ada didalamnya luar biasa. Ada banyak hal yang bisa dilakukan mulai dari berburu foto, bermain air hingga wisata yang menantang adrenalin yakni menyusuri goa sanghyang kenit.

Baca Juga 11 Wisata Alam Murah dan Bagus di Kabupaten Bandung Barat Yang Wajib Dikunjungi

5. Outbound Wana Mandala Cengkrong

Wana Mandala Cengkrong atau sering disebut sebagai Cengkrong saja, merupakan sebuah destinasi wisata camping ground, outbond, flying fox, jelajah alam bahkan arung jeram yang berada di areal perkebunan PTPN VIII Rajamandala Desa Rajamandala Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat.

Outbound Wana Mandala Cengkrong

Sumber Foto wana-mandala-cengkrong.business.site

Untuk mencapai Wana Wisata Cengkrong, kita bisa melewati jalan perkebunan PTPN VIII Rajamandala yang sudah digunakan secara umum. Dari Jalan Provinsi arah Bandung – Cianjur, kita belok melalui pertigaan Saguling Desa Rajamandala ditandai dengan keberadaan Toserba Selamat atau tepat Pos 1 PTPN VIII Rajamandala. Dari Pos 1 kita lurus sampai menemukan Pos 2 yang ditandai dengan sebuah portal jalan jika ingin melewati jalan tersebut. 

Outbound Wana Mandala Cengkrong

Sumber Foto wana-mandala-cengkrong.business.site

Dari Pos 2 kita akan mendapati jalan berkelok dan naik turun, selepas jembatan dan tanjakan berkelok yang lumayan panjang kita akan menjumpai sebuah plang atau baligho Wana Wisata Cengkrong di sebelah kiri jalan. Ada sebuah jalan berbatu yang sedikit menanjak, nah itualah jalan masuk menuju Wana Wisata Cengkrong dimana areal Cengkrong sendiri merupakan sebuah hamparan pohon pinus milik perhutani yang di kelolas sebagai tempat untuk camping dan outbond.

Sumber Artikel :

 https://travelspromo.com/htm-wisata/sanghyang-heuleut-bandung-barat/

https://www.pegipegi.com/travel/mengulik-keindahan-wisata-alam-purbakala-di-rajamandala-bandung/

https://tempatwisatadibandung.info/sanghyang-heuleut-cipatat-bandung/

https://travelspromo.com/htm-wisata/sanghyang-tikoro-bandung/

https://travelandword.com/2020/07/29/tiket-masuk-dan-alamat-sanghyang-kenit-rajamandala-bandung/

http://www.awiracr.com/2018/08/outbond-wana-mandala-cengkrong-cipatat.html