Tahun 2020 mungkin menjadi salah satu tahun yang cukup berat bagi banyak orang. Adanya pandemi COVID-19 memberikan dampak signifikan terhadap berbagai sektor, terutama sektor ekonomi dan finansial masyarakat. Menyiasati hal tersebut, sebagian orang mulai mengambil peluang investasi.

Menyiasati hal tersebut, sebagian orang pun kini mulai mengambil peluang untuk berinvestasi. Melalui investasi tersebut, diharapkan kondisi finansial tetap stabil di masa pandemi dengan adanya passive income.

Jadi apa sih investasi yang menarik di awal tahun 2021 ini? Cekidot;

Investasi Reksadana

Investasi pertama yang dapat kamu coba di tahun 2021 adalah investasi reksadana. Reksadana cocok untuk kamu yang ingin melakukan investasi di pasar modal namun tidak memiliki waktu dan pengetahuan mumpuni.

Ya, reksadana sendiri memang muncul sebagai solusi bagi para pemodal kecil yang benar-benar pemula tapi ingin memperoleh keuntungan. Sebagai sebuah wadah, reksadana memang dirancang untuk menghimpun dana dari orang-orang yang memiliki modal.

Lantas, siapakah yang mengelola dana-dana tersebut? Seorang Manajer Investasi (MI). Di tangan seorang MI yang profesional, reksadana akan diinvestasikan dalam portofolio Efek yang menjanjikan.

Dalam perkembangannya, investasi reksadana bahkan bisa dimulai dengan modal Rp 10.000. Sebuah nominal yang sangat terjangkau bagi generasi muda, sehingga tak heran kalau reksadana kini jadi investasi favorit kalangan milenial.

Investasi Saham

Saham diketahui menjadi instrumen investasi yang paling menguntungkan dan memberikan return terbesar dibandingkan investasi lainnya. Meski begitu, peluang untung fantastis yang dijanjikan saham tentu sebanding dengan risiko yang diperoleh, high risk high return.

Untuk itu, kamu harus benar-benar memiliki pengetahuan mendasar soal pasar modal termasuk memilih broker berkualitas, sebelum akhirnya memutuskan berinvestasi saham.

Saham jelas bukan investasi jangka pendek karena nilanya sejalan dengan inflasi, sehingga keuntungannya baru bisa diperoleh maksimal dalam waktu minimal lima tahun.

Ada baiknya untuk menerapkan strategi tersendiri sebelum berinvestasi saham. Salah satunya adalah fokus ke saham blue chip yang memang memiliki risiko paling terukur dan keuntungan sangat stabil.

Lakukan investasi saham dengan sabar, selalu belajar dan memperhatikan pergolakan ekonomi sebelum akhirnya kamu bisa menjadi seorang investor sukses.

Investasi Emas

Kondisi ekonomi dunia yang fluktuatif dengan adanya perang dagang hingga pandemi membuat seseorang lebih memilih peluang investasi dalam bentuk nyata. Dalam hal ini, apa yang diinvestasikan dapat dilihat fisiknya, seperti emas.

Sejak tahun 2019 hingga tahun 2020 ini, emas banyak dipilih karena masih memiliki keunggulan sebagai investasi safe haven. Terlebih lagi pada saat kondisi ekonomi kurang baik. Pergerakan harga emas pun cukup stabil, meskipun terkadang mengalami penurunan walau tidak begitu besar. Jika Anda sebelumnya sudah berinvestasi emas, maka bisa dilanjutkan pada tahun 2021 mendatang. Sementara itu, bagi Anda yang baru memulai investasi ini, sebaiknya mulailah dengan mengoleksi emas dalam jumlah kecil terlebih dahulu.

Investasi Properti

Foto Rumah Di Salah Satu Blok Pesona Prima Cikahuripan 6

Dari dulu hingga sekarang, properti masih dianggap memiliki peluang investasi yang sangat tinggi. Ini dikarenakan properti adalah jenis investasi yang tidak mudah tergerus kondisi zaman, termasuk pada masa pandemi seperti saat ini. Selain itu, nilai investasinya cenderung tumbuh positif.

Hal itu terjadi karena setiap tahun orang pasti akan memerlukan tempat tinggal. Jika Anda memiliki properti yang tidak digunakan di tahun 2021, maka tidak ada salahnya untuk menyewakannya kepada orang lain. Apalagi jika lokasinya strategis. Tak hanya itu saja, investasi properti dapat dicairkan sewaktu-waktu ketika Anda membutuhkan dana darurat dalam jumlah besar.

Investasi Unit Link

Asuransi memang menjadi salah satu upaya manusia untuk melindungi kesehatan dan jiwanya atas hal-hal yang mungkin bisa terjadi di masa depan. Misalkan saja kecelakaan kerja, kecelakaan lalu lintas atau mungkin sakit kronis yang tentu akan menghabiskan tabungan.

Dengan adanya asuransi, kamu bisa menjalankan kehidupan jauh lebih tenang. Namun saat ini asuransi juga menawarkan produk Unit Link yang memungkinkan nasabah melindungi diri sekaligus melakukan investasi.

Kok bisa? Ya, dalam produk asuransi Unit Link, ada komponen investasi di mana sebagian premi itu bakal ditempatkan dalam instrumen-instrumen investasi.

Untuk itu, bagi kamu yang ingin memiliki asuransi tapi juga melakukan investasi tanpa ribet, ada baiknya untuk mulai memikirkan Unit Link.

Jadi ini rekomendasi dari kami untuk  kalian yang masih bingung dalam memilih atau baru ingin memulai berinvestasi di tahun 2021.