Desain Dapur paling banyak dicari

Dapur merupakan area yang penting dalam rumah. Tidak hanya mengutamakan desain yang cantik, tapi kamu juga harus memperhatikan fungsi dari dapur itu sendiri. Konsep minimalis menjadi trend yang sangat diminati oleh banyak orang karena tampilannya yang eye catchy dan stylish. Sederhana namun glamour, berikut deskripsi singkat yang dapat menjelaskan konsep desain minimalis yang membuatnya berhasil membuat tampilan rumah yang menawan, bisa juga untuk rumah yang mungil.

Memiliki dapur yang luas maupun sempit bukanlah merupakan suatu masalah bagi sebagian besar orang yang suka memasak. Namun, memiliki dapur yang minimalis merupakan salah satu hal yang diidam-idamkan oleh para chef rumahan ini.

Memasak di sebuah dapur yang minimalis tentu akan membuat para koki rumahan ini makin gemar mengasah keahlian dalam memasaknya. Nyatanya, memiliki dapur yang minimalis bukanlah hal yang tidak mungkin untuk direalisasikan, tanpa melihat ukuran dapur itu sendiri.

Pemilihan furniture dengan desain modern juga sangat pas untuk melengkapi desain dapur minimalismu. Kamu juga dapat membuat beberapa ruang kosong untuk membuat dapur minimalis terasa lebih leluasa. Walaupun kamu hanya memiliki ruang yang terlalu luas untuk dapur di dalam rumah, kamu tidak perlu cemas lagi. Kamu bisa membuat dapur minimalis yang tidak bakalan kalah modern dengan dapur elit lainnya. Asal dengan penataan perabotan yang pas, kamu juga bisa lho mempermanis desain interior yang sesuai dengannya.

Walaupun kamu memiliki dapur yang sederhana dan ukurannya kecil, dengan konsep yang menyenangkan akan membuat dapur kamu lebih tampil cantik. Kalau kamu bisa memadukan warna yang pas, kamu bisa juga masak sambil foto-foto didapur yang instagrammable, cocok banget buat konten baru kamu nanti.

Nah terkait hal tersebut, berikut adalah tips dan juga sudah dirangkum beberapa desain dapur minimalis yang tentunya dapat kamu jadikan sebagai referensi untuk mendekorasi dapur kamu dengan konsep yang lebih modern untuk rumah idamanmu kelak!

Inspirasi desain dapur minimalis

1. Desain dengan nuansa all white

Desain dengan nuansa all white
Desain dengan nuansa all white

Ternyata warna putih mampu memberikan ilusi ruangan yang terlihat lebih luas. Menerapkan tema warna putih bisa membuat dapurmu terlihat minimalis dan simple namun tetap stylish.

2. Desain dengan bentuk U

Desain dengan bentuk U
Desain dengan bentuk U

Trik ini bisa sangat menghemat space, apalagi kalau kamu hanya memiliki area dapur yang mungil. Karena ukurannya tidak terlalu besar, sebaiknya pilih alat-alat yang kamu butuhkan saja ya. Buatlah ruang penyimpanan secara vertikal untuk menaruh berbagai peralatan dapur yang kamu miliki.

3. Desain dengan nuansa rustic

Desain dengan nuansa rustic
Desain dengan nuansa rustic

Sentuhan kayu pada dapur minimalis dengan dominasi warna putih ini terlihat sangat menawan. Sentuhan tersebut menghiasi dekorasi dalam porsi yang pas sehingga memberi tampilan yang natural dan cukup unik.

4. Desain yang memanfaatkan furnitur multifungsi

Desain yang memanfaatkan furnitur multifungsi
Desain yang memanfaatkan furnitur multifungsi

Bila area dapurmu kurang luas, hindari penggunaan furnitur besar karena akan semakin membuat area semakin sempit. Pilih atau buatlah furniture yang bisa dilipat atau satukan sesuai kebutuhan, sehingga tetap bisa leluasa saat melakukan aktivitas di area dapur.

5. Desain dengan nuansa material gelap

Desain dengan nuansa material gelap
Desain dengan nuansa material gelap

Desain ini cocok untuk kamu yang menyukai konsep rumah yang memberikan kesan warming. Dimana campuran dari material kayu dan warna yang gelap membuat nuansa dapur menjadi lebih sejuk dan eksklusif.

6. Desain unik dengan campuran nuansa beige

Desain unik dengan campuran nuansa beige
Desain unik dengan campuran nuansa beige

Bila kamu bosan dengan desain yang mainstream, kamu boleh mencoba gaya desain ini. Dimana furnitur dapur kamu bisa dirombak sekaligus menjadi pintu dari ruangan lain. Selain unik, desain tersebut bisa memberikan kesan yang luas untuk dapur kamu.

7. Desain dengan nuansa abu-abu

Desain dengan nuansa abu-abu
Desain dengan nuansa abu-abu

Abu selalu menjadi pilihan warna yang tepat untuk anda yang ingin memiliki tampilan dekorasi ruangan yang terlihat lebih elegan. Variasi warna abu-abu menjadi warna utama yang menciptakan tampilan minimalis yang begitu cantik.

Tips Memiliki Dapur yang Minimalis 

  • Tata Kelola Dapur

Pada bagian dapur di rumah, tentu kamu akan memiliki sebuah pantry, yakni sebagai tempat penyimpanan stok makanan seperti sereal, kopi, dan lain sebagainya. Kamu bisa menggunakan organizer yang cocok untuk meletakkan bahan-bahan pantry tersebut guna memiliki dapur yang minimalis.

  • Ganti Peralatan

Dapur yang minimalis terkenal dengan dapur yang condong polos dan bersih. Kamu bisa mengganti sebagian alat di dapur seperti kran air, meja counter, dengan warna-warna seperti putih yang memberikan kesan minimalis.

  • Simpan Perabot dengan Baik

Laci penyimpanan merupakan salah satu fitur yang wajib dimiliki oleh dapur pada umumnya. Kegunaan dari laci penyimpanan adalah untuk menyimpan alat dapur seperti panci, penggorengan, dan lain sebagainya agar tak berceceran. Hal ini merupakan salah satu cara untuk menggapai dapur yang minimalis.

  • Bersihkan Kulkas

Dapur minimalis yang ideal mungkin terlihat dari penampilan fisik dapurnya saja. Namun nyatanya, penampilan dalam kulkas pun juga akan mempengaruhi dalam memiliki dapur yang minimalis.

Kamu wajib membersihkan isi kulkas setidaknya sekali dalam seminggu untuk tetap memiliki kulkas yang bersih serta mengetahui bahan makanan apa saja yang perlu kamu beli.

  • Pilih Perabotan yang Perlu dan Tidak

Merapikan perabotan di dapur memang merupakan suatu hal yang paling disegani oleh kebanyakan orang. Namun, merapikan perabotan nyatanya bisa membuat dapur mu berubah menjadi minimalis. Singkirkan perabotan yang sekiranya jarang digunakan, dan letakkan perabot yang digunakan dalam sehari-sehari.

  • Cerahkan Dapur Kamu dan Berani Bermain Warna

Walaupun bakal berukuran 2×3, jangan dibatasi diri kamu dalam pemilihan warna saat mendekorasi dapur minimalis kamu. Permainan warna cat yang tepat seperti ini akan membuat desain dapur kecil kamu jadi lebih playful fan menyenangkan.

  • Gunakan Konsep Terbuka Pada dapur Minimalis

Sebaiknya tiadakan dinding pembatas antara dapur dan area lain. Biarkan saja, kamu bisa mendapatkan konsep open space yang akan memberikan kelulusan kamu. Dengan desain dapur ala chef kamu harus menghilangkan partisipas yang ada pada dapur dan memanfaatkan island sebagai pembatas antara dapur dengan ruang lain.

  • Pencahayaan yang Alami Agar Terlihat tidak Sumpit

Instalasi pencahayaan dalam mendesain rumah sedetail itu lho. Pada siang hari usahakan lakukan aktivitas di dapur menggunakan pancaran sinar matahari. Nah, kalau fungsi dari jendela adalah bagaimana jalur sirkulasi udara dan cahaya dari matahari yang masuk ke area dapur.

Jadi cobain deh memaksimalkan pencahayaan alami dengan menggunakan jendela untuk lebih mudah untuk menangkap matahari ke rumah pada bagian atas dapur. 

  • Coba Pakai Sentuhan Batu Alam

Jika kamu ingin memutuskan untuk menggunakan batu alam, sebaiknya pilih batu terlebih dahulu dengan pola yang sederhana dan tidak berlebihan ya. Meanwhile, untuk mengaplikasikan material batu alam dan memadukkannya dengan kitchen berwarna putih.

Itulah beberapa inspirasi desain dapur minimalis yang tentunya dapat kamu jadikan sebagai referensi utama untuk mendekorasi dapur kamu dan juga tips mudah untuk mendapatkan dapur yang minimalis. Semoga bermanfaat ya!