KreasiPrimaLand.com—Musim hujan mulai memasuki wilayah Indonesia sejak bulan November kemarin. ada sejumlah persiapan yang bisa kamu lakukan untuk menjaga agar atap tidak rembes dan tidak mengganggu aktivitas yang kamu lakukan di dalam rumah.

Atap bocor memang kadang terdengar mudah untuk diperbaiki, tetapi usaha pencegahan adalah opsi terbaik sebelum musibah terjadi. Apabila kita terus menunggu sehingga kebocoran terjadi untuk melakukan sebuah tindakan, sedikit demi sedikit atap kita akan terkikis oleh air. Atap yang terkikis air lama-lama akan keropos, dan atap yang keropos beresiko rubuh.

Berikut adalah tips untuk mengantisipasi atap rumah kamu supaya tidak terjadi kebocoran:

Melakukan pengecekan atap rumah

Titik-titik yang rentan bocor pada atap rumah terdapat pada saluran air dan pipa yang sudah bocor atau rusak. Mengidentifikasi masalah pada titik-titik di atas juga tidak mudah, terutama saat musim hujan dimana air masih menggenangi atap rumah dan menutup titik bocor.

Pastikan kamu memberi perhatian yang lebih mendetail pada area-area di atas. Apabila sudah terlihat terkikis atau rusak, bahkan kerusakan yang terbilang kecil pun, segeralah lakukan tindakan reparasi sebelum terjadi kebocoran. Kebocoran pada langit-langit rumah tidak selalu bermula dari area tepat di atas titik bocor.

Pastikan atap rumah selalu bersih tidak ada yang menghalangi aliran air

Genangan air pada atap rumah adalah salah satu dari banyaknya penyebab atap rumah bocor. Ini lah mengapa kita harus membersihkan saluran air dan talang agar atap kita bebas dari sumbatan air. Kegiatan pembersihan ini juga harus kita jadikan kebiasaan dalam merawat dan menjaga kebersihan rumah secara menyeluruh.

Terutama bila kamu memiliki pohon rindang yang tumbuh lebih tinggi dari atap rumah. Dedaunan yang berjatuhan dapat menyumbat saluran air dengan cepat pada musim hujan. Waktu yang tepat untuk membersihkan saluran air dan talang rumah adalah setiap dua bulan sekali.

Perhatikan talang air

Untuk meminimalisir rembes dan bocor, pilih ukuran dan bentuk talang air pada pinggir atap yang sesuai dengan debit air. Selain itu, minimalisir sambungan talang atap karena berpotensi meningkatkan rembes dan bocor, serta lakukan pembersihan talang atap secara rutin karena tumpukan sampah bisa menghambat saluran air.

Gunakan pelapis anti bocor

Ada berbagai variasi pelapis anti bocor yang tersedia di pasaran, namun yang paling umum merupakan cat pelapis anti bocor. Ia merupakan pertolongan instan yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi rembes.

Agar menjamin tidak terjadinya rembes, pastikan kamu memilih cat pelapis anti bocor dengan kualitas terbaik serta pilih produk yang sesuai dengan jenis atap rumahmu sehingga bisa diaplikasikan secara optimal.

Rapihkan pohon yang sudah melebihi atap rumah

Sebelum musim hujan tiba, pastikan kamu memangkas ranting pohon yang rawan patah dan terlalu panjang. Jangan sampai ranting pohon terjatuh akibat angin kencang dan mengakibatkan atap rusak sehingga mengalami rembes dan bocor.

Lima tips ini semoga bisa membantu kamu untuk mencegah kebocoran pada saat musim hujan tiba.